Strategi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Era Digital melalui Perpustakaan Sekolah (Studi pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang)

-, Yuliarni (2018) Strategi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Era Digital melalui Perpustakaan Sekolah (Studi pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar melihat perkembangan teknologi di era digital yang memberikan perubahan pada perilaku membaca masyarakat. Perubahan ini juga dialami para siswa yang lebih menyukai aktivitas membaca menggunakan internet dibandingkan dengan menggunakan buku tercetak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang dimiliki sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa di era digital ini. Teori yang digunakan untuk mengelompokkan strategi MAN 1 Malang adalah pendapat dari Miles dan Snow (Wijayanto, 2012) yang menyebutkan ada empat jenis strategi model adaptif diantaranya strategi prospektor, strategi bertahan, strategi reaktor, dan strategi penganalisis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tipe informan yang diambil dalam penelitian ini adalah tipe rantai (snow ball) yaitu komponen sekolah yang terdiri dari 4 orang siswa, kepala sekolah, kepala perpustakaan, koordinator bidang riset dan guru bahasa indonesia. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang dikemukakan oleh Creswell (2016). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dimiliki oleh MAN 1 Malang dalam meningkatkan minat baca siswa di era digital diantaranya adalah yang pertama strategi prospektor yaitu penyediaan wifi di lingkungan sekolah. Namun siswa hanya boleh menggunakannya setelah mendapat izin dari guru. Strategi prospektor lainnya adalah penerapan program unggulan riset yang hanya merangkul siswa yang berminat saja karena program ini tidak wajib diikuti seluruh siswa. Kedua strategi bertahan yaitu penataan ruangan perpustakaan yang nyaman, penempatan lokasi perpustakaan yang dapat dijangkau siswa namun berada di area yang ramai sehingga dapat mengganggu konsentrasi membaca, dan penerapan peraturan penggunaan gadget. Ketiga strategi reaktor yaitu pemberian hadiah dan hukuman untuk motivasi siswa membaca namun belum dilakukan semua guru. Keempat strategi penganalisis yaitu penyediaan koleksi perpustakaan yang terkendala oleh dana sehingga perpustakaan hanya fokus melengkapi koleksi buku pelajaran siswa.

English Abstract

This research was conducted on the basis of finding the development of technology digital era that provide changes in the reading behavior of people. This change also experienced by students who prefer reading activity using the internet compared to using a printed book. The purpose of this research is to discover, describe and analyze strategies the school-owned in increasing student’s reading interests in the digital era. As for the theory that is used to classify strategies that owned by MAN 1 Malang is the opinion of the Miles and Snow (Wijayanto, 2012) that says there are four types of adaptive model strategies including prospector strategy, defender strategy, reactor strategy and analyzer strategy. This research used a qualitative approach with descriptive research. Informant type taken in this research is the type of chain (snow ball), namely the components of school consists of 4 students, principal, head of the library, research coordinator and Indonesian language teachers. Analytical techniques used in this research analysis is qualitative data analysis expressed by Creswell (2016). The results showed that the strategy owned by MAN 1 Malang in increasing student reading interest in the digital era are the first, prospector strategy namely provision of wi-fi in the school environment. But students may only use it after obtaining the permission of the teacher. The other prospector strategy is the implementation of flagship programs of research that only interested students embrace it because the program is not mandatory for the entire student. The second strategy survive i.e. structuring a room a cozy library, a library of location placement can reach students however are in crowded areas so it can concentrate on reading, and the application of the regulation of the use of gadgets. The third reactor strategies i.e. awarding prizes and penalties for student motivation to read but haven't done all the teachers. The fourth strategy Analyzer, namely the provision of library collections that are constrained by the funding so that the library only focus complements the collection of textbooks students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/231/051803976
Uncontrolled Keywords: Strategi Sekolah, Minat Baca Siswa, Era Digital dan MAN 1 Malang-The Strategy of the School, The Student Reading Interest, Digital Era and MAN 1 Malang
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 021 Realtionships of libraries, archives, information centers > 021.3 Relationship with other educational institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Apr 2019 01:33
Last Modified: 25 Oct 2021 03:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162954
[thumbnail of Yuliarni.pdf]
Preview
Text
Yuliarni.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item