Analisis Faktor Internal Dan Faktor Ekstrenal Yang Dipertimbangkan Masyarakat Muslim Pesisir Untuk Menggunakan Jasa Layanan Bank Thithil (Studi Pada Desa Bulu Meduro, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban)

Syaifudin, Ahmad (2018) Analisis Faktor Internal Dan Faktor Ekstrenal Yang Dipertimbangkan Masyarakat Muslim Pesisir Untuk Menggunakan Jasa Layanan Bank Thithil (Studi Pada Desa Bulu Meduro, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang dipertimbangkan masyarakat muslim pesisir untuk menggunakan jasa layanan keuangan bank thithil. penelitian ini dilakasanakan di Desa Bulu Meduro dengan jumlah responden sebanyak 60 orang. Data dikumpulkan dalam bentuk kuesioner dan dianalisa dengan metode analisis faktor eksploratori melalui Statistical Program Sosial Scene (SPSS) 19.0 for windows dan wawancara mendalam. Hasil dari analisis faktor eksploratori menunjukkan bahwa terdapat lima faktor internal dan delapan faktor eksternal yang dipertimbangkan nasabah untuk menggunakan jasa layanan bank thithil. Faktor internal yang tercipta dengan besaran nilai variance explained masing-masing faktor tersebut secara berturut-turut, yaitu: faktor disinformasi syariah dan kebutuhan sekunder sebesar 27,435, kebutuhan primer sebesar 11,321, kebutuhan wirausaha sebesar 9,414, kebutuhan tersier dan disliterasi perbankan sebesar 8,751, dan disinformasi hukum islam sebesar 6,429. Sementara itu, Faktor eksternal yang tercipta dengan besaran nilai variance explained masing-masing faktor tersebut secara berturut-turut, yaitu: faktor kompensasi dan aksesibilitas pinjaman sebesar 33,258, paritas nasabah dan pelayanan sebesar 9,476, fleksibilitas waktu transaksi sebesar 6,318, kemudahan administrasi sebesar 5,779, brand image sebesar 4,399, keunggulan lokasi sebesar 4,290, member advantage sebesar 3,885, dan keterbatasan jangkauan LKS sebesar 3,405. Dari hasil analisis faktor internal dan faktor eksternal selanjutnya dianalisis mendalam menggunakan wawancara kepada beberapa nasabah didapatkan hasil bahwa terdapat dua faktor internal yang menjadi pendorong kuat bagi masyarakat muslim untuk menggunakan jasa layanan bank thithil yakni faktor kebutuhan dan pengetahuan. Sementara yang menjadi penarik kuat bagi masyarakat muslim untuk menggunakan jasa bank thithil yakni faktor pelayanan dan keterbatasan jangkauan lembaga keuangan syariah.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/436/051809176
Uncontrolled Keywords: Jasa Layanan Bank Thithil
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.1 Banks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 16 Apr 2019 07:01
Last Modified: 20 Oct 2021 06:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162886
[thumbnail of Ahmad Syaifudin.pdf]
Preview
Text
Ahmad Syaifudin.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item