Studi Eksperimental Perilaku Abutment tanpa Wing Wall dan dengan Wing Wall terhadap Defleksi Horizontal dan Momen Lentur pada Jembatan dalam Menahan Beban Tumbukan (Collision) akibat Gempa

Nusantara, Faiq Putra (2018) Studi Eksperimental Perilaku Abutment tanpa Wing Wall dan dengan Wing Wall terhadap Defleksi Horizontal dan Momen Lentur pada Jembatan dalam Menahan Beban Tumbukan (Collision) akibat Gempa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Abutment merupakan salah satu struktur utama dari suatu jembatan. Abutment menjadi salah satu struktur dalam jembatan yang menopang seluruh beban lantai, serta beban lain yang diatasnya. Oleh karena itu, dalam suatu jembatan pembuatan abutment menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan karena jika abutment dari suatu jembatan lemah maka semua sistem struktur yang ada di atasnya pun berisiko untuk mengalami kegagalan. Seiring perkembangan konstruksi kebutuhan akan pembangunan jembatan baru pun semakin meningkat. Namun, kegagalan yang sering kali terjadi pada abutment adalah ketika terjadinya gempa, struktur diatasnya akan secara otomatis bergoyang menumbuk pada bagian parapet wall suatu abutment dan menyebabkan keruntuhan. Pada penelitian ini dibuat 2 jenis benda uji abutment yaitu abutment tanpa wing wall dan abutment dengan wing wall, dimana masing-masing dibuat 3 benda uji. Benda uji abutment tanpa wing wall dibuat dengan ukuran parapet wall 600 x 100 x 500 mm, sedangkan untuk abutment dengan wing wall mempunyai ukuran sama dengan abutment tanpa wing wall akan tetapi ditambahkan wing dengan ukuran 100 x 200 x 500 mm pada masing-masing ujung parapet wall. Abutment tanpa wing wall dan abutment dengan wing wall dibuat dengan tulangan utama baja Ø8 mm dan sengkang Ø6 mm. Pengujian abutment dilakukan dengan menggunakan alat load cell dan LVDT untuk memperoleh nilai defleksi. Hasil penelitian ini diperoleh nilai defleksi maksimum pada benda uji abutment tanpa wing wall 2 sebesar 42,14 mm dengan beban maksimum sebesar 2350 kg dan abutment tanpa wing wall 3 sebesar 41,53 mm dengan beban maksimum sebesar 2350 kg. Sedangkan nilai defleksi pada benda uji abutment dengan wing wall 2 sebesar 27,705 mm dengan beban maksimum sebesar 2950 kg dan abutment dengan wing wall 3 sebesar 23,87 mm dengan beban maksimum sebesar 3100 kg. Namun pada benda uji abutment dengan wing wall sendiri pada pengujian ini tidak mencapai beban atau gaya tekan maksimum dikarenakan alat pengujian yang tidak memenuhi.

English Abstract

Abutment is one of the main structures of a bridge. Abutment supports all floor loads, as well as other loads above. Therefore, in a bridge making abutment is one thing that needs to be considered because if the abutment of a bridge is weak then all the structural systems on it are also at risk of failure. As the development of construction needs for the construction of new bridges are increasing. However, failures that often occur in abutments are when an earthquake occurs, the structure above will automatically rock the pound on the parapet wall of an abutment and cause a collapse. In this study, 2 types of abutment specimens were made, namely abutments without wing wall and abutments with wing wall, where each of the three specimens was made. The abutment test without a wing wall is made of a 600 x 100 x 500 mm parapet wall, while the abutment with a wing wall is the same size as an abutment without a wing wall, but a wing with a size of 100 x 200 x 500 mm is added to each parapet end. wall. Abutments without wing wall and abutment with wing wall are made with the main reinforcement of steel Ø8 mm and cross section Ø6 mm. Abutment testing is done by using a load cell tool and LVDT to obtain a deflection value. The results of this study obtained the maximum deflection value of the wing wall 2 abutment test of 42.14 mm with a maximum load of 2350 kg and an abutment without wing wall 3 of 41.53 mm with a maximum load of 2350 kg. While the deflection value of the wing wall 2 abutment test was 27.705 mm with a maximum load of 2950 kg and abutment with wing wall 3 of 23.87 mm with a maximum load of 3100 kg. However, on the abutment test with the wing wall itself, this test did not reach the maximum load or compressive force because the testing equipment did not meet

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/1191/051900141
Uncontrolled Keywords: Defleksi, Momen Lentur, Abutment, Beban Gempa. Deflection, Bending Moment, Abutment, Earthquake Load.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering > 624.1 Structural engineering and underground construction > 624.16 Supporting structures other than foundations
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Jun 2019 04:34
Last Modified: 21 Mar 2022 07:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162825
[thumbnail of Faiq Putra Nusantara.pdf]
Preview
Text
Faiq Putra Nusantara.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item