Puspitasari, Oktarina Dwi (2018) Resiko Kecelakaan Berdasarkan Pengetahuan, Penggunaan Jalur, dan Kecepatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kota Malang merupakan kota terpadat kedua di Jawa Timur setelah Kota Surabaya. Pertumbuhan penduduk di Kota Malang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pertumbuhan penduduk tahun 2016 menurut Kota Malang dalam Angka (2017) meningkat sebesar 0,6 % dari tahun sebelumnya. Selain itu, Kota Malang dikenal dengan Kota Pendidikan, karena banyak terdapat Universitas ternama, sehingga banyak menyebabkan pendatang untuk menuntut ilmu di Malang. Kepadatan jumlah penduduk sejalan dengan pertumbuhan kendaraan yang semakin meningkat. Pertumbuhan jumlah kendaraan yang tidak diiringi dengan lebar serta kapasitas jalan dapat menyebabkan kecelakaan. Kecelakaan lintas merupakan tertabraknya suatu benda satu dengan lanya yang dapat menimbulkan kerusakan, kerugian, bahkan korban jiwa. Tingkat kecelakaan sepeda motor di Kota Malang meningkat sebesar 15% pada tahun 2014 hingga awal tahun 2017. Jumlah kecelakaan tahun 2017 tercatat sebanyak 339 kecelakaan sepeda motordari total 351 kecelakaan. Angka tersebut mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya 2015, dimana angka kecelakaan yang ditimbulkan oleh sepeda motor sebesar 294 kecelakaan. Tejadinya peningkatan angka kecelakaan merupakan masalah yang harus diatasi sehingga dalam berkendara tidak menimbulkan korban jiwa yang terus meningkat setiap tahunya Penyebab kecelakaan di Kota Malang menurut data Polda Jawa Timur (2017) yaitu pengetahuan pengendara yang masih buruk tentang tata cara berlalu lintas, penggunaan jalur yang tidak sesuai, serta penggunaan kecepatan yang melewati batas penetapan kecepatan. Tujuan adanya dilakukan penelitian ini yaitu ingin mengetahui apakah memang pengetahuan berkendara, penggunaan jalur, serta kecepatan merupakan faktor yang mempengaruhi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan karakteristik pengendara, serta menggunakan analisis tabulasi silang dengan uji chi-square untuk melihat bagaimana hubungan antara pengetahuan, penggunaan jalur, dan kecepatan dengan kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada Jalan Kolonel Sugiono, Jalan Sudanco Supriadi, Jalan MT. Haryono, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Mayjend Sungkono, Jalan Tlogomas, dan Jalan Ki Ageng Gribig. Berdasarkan analisis tabulasi silang diketahui bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan, penggunaan jalur, dan kecepatan terhadap terjadinya kecelakaan lalu lintas pada setiap jalan yang memiliki karakteristik berbeda dan kondisi jalan yang berbeda.
English Abstract
Malang is the second most populous city in East Java after Surabaya. Population growth in Malang city increasing from year to year. Population growth in 2016 by Kota Malang in Figures (2017) increased by 0.6% from the previous year. In addition, the city of Malang is known as the City of Education, because there are many famous universities, so many cause migrants to study in Malang. Population density is in line with increasing vehicle growth. Growth in the number of vehicles not accompanied by the width and capacity of roads can cause accidents. Cross accident is the crashing of an object with one that can cause damage, loss, or even loss of life. The rate of motorcycle accidents in Malang increased by 15% in 2014 until early 2017. The number of accidents in 2017 was recorded as many as 339 motorcycle crash casualties total 351 accidents. The number has increased from the previous year 2015, where the number of accidents caused by motorcycles by 294 accidents. The cause of accidents in Malang City according to East Java Police (2017) is the knowledge of riders who are still bad about the procedures of traffic, the use of paths that are not appropriate, and the use of speed that exceeds the limit of speed determination.. This study uses descriptive analysis to describe the characteristics of riders, and using cross-tabulation analysis with chi-square test to see how the relationship between knowledge, path usage, and speed with traffic accidents occurring on Jalan Colonel Sugiono, Jalan Sudanco Supriadi, Jalan MT. Haryono, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Mayjend Sungkono, Tlogomas Road, and Jalan Ki Ageng Gribig. Each road has and speed of traffic accidents on each road with different characteristics and different road conditions
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2018/639/051807214 |
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan Bekendara, Penggunaan Jalur, Kecepatan Bekendara. Driving Knowledge, Path Usage, and Speed Of Drive. |
Subjects: | 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.1 Public safety programs > 363.12 Transportation hazards > 363.125 Highway and urban vehicular transportation |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 18 Apr 2019 07:43 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162776 |
Preview |
Text
10. DAFTAR ISI.pdf Download (574kB) | Preview |
Preview |
Text
12. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (480kB) | Preview |
Preview |
Text
11. DAFTAR TABEL.pdf Download (504kB) | Preview |
Preview |
Text
9. KATA PENGANTAR.pdf Download (481kB) | Preview |
Preview |
Text
13. BAB 1-5.pdf Download (8MB) | Preview |
Preview |
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (664kB) | Preview |
Preview |
Text
Oktarina Dwi Puspitasari.pdf Download (6MB) | Preview |
Preview |
Text
1. SAMPUL.pdf Download (410kB) | Preview |
Preview |
Text
2. LEMBAR JUDUL.pdf Download (432kB) | Preview |
Preview |
Text
4. IDENTITAS TIM PENGUJI SKRIPSI.pdf Download (395kB) | Preview |
Preview |
Text
5. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (397kB) | Preview |
Preview |
Text
6. LEMBAR PERUNTUKAN.pdf Download (493kB) | Preview |
Preview |
Text
7. LEMBAR RINGKASAN.pdf Download (480kB) | Preview |
Preview |
Text
8. LEMBAR SUMMARY.pdf Download (396kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |