Kemampuan Ruang Terbuka dalam Menyerap Emisi Kendaraan Bermotor di Kawasan Pendidikan Tinggi Kota Malang.

Tarigan, Ladira Aprilia (2018) Kemampuan Ruang Terbuka dalam Menyerap Emisi Kendaraan Bermotor di Kawasan Pendidikan Tinggi Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aktivitas sektor transportasi cenderung menjadi penyebab pencemaran udara yang terjadi pada wilayah perkotaan. Hasil pembakaran tidak sempurna dari kendaraan bermotor yang berupa gas karbon, dapat menyebabkan gangguan terhadap lingkungan maupun kesehatan manusia. Kawasan Pendidikan Tinggi Kota Malang merupakan kawasan dengan arus lalu lintas kendaraan bermotor yang tinggi sehingga berpotensi menjadi sumber utama pencemaran udara. Pada penelitian ini dilakukan proses untuk mengidentifikasi sebaran emisi CO dari kendaraan bermotor serta mengidentifikasi kemampuan ruang terbuka dalam menyerap emisi di Kawasan Pendidikan Tinggi Kota Malang. Metode pengumpulan data yang dilakukan berupa pencacahan lalu lintas, uji kualitas udara, dan pengukuran kondisi meteorologi di wilayah studi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis perhitungan beban emisi, pemodelan sebaran emisi menggunakan bantuan perangkat lunak METI-LIS v2.03, dan analisis daya serap ruang terbuka terhadap emisi karbon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total beban emisi CO kendaraan bermotor pada Kawasan Pendidikan Tinggi Kota Malang adalah sebesar 1248,05 kg/jam dengan konsentrasi tertinggi berada di ruas jalan Soekarno Hatta sebesar 191,58 kg/jam sedangkan konsentrasi terendah berada di ruas jalan Surabaya sebesar 33,23 kg/jam. Sementara daya serap ruang terbuka berdasarkan pendekatan luas tajuk tanaman sebesar 8442,19 ton/tahun belum mampu menyerap seluruh emisi. Sisa emisi kendaraan bermotor yang belum terserap oleh ruang terbuka adalah sebesar 8702,83 ton/tahun.

English Abstract

Transportation sector activity tends to be the cause of air pollution that occurs in urban areas. Imperfect combustion results from motor vehicles in the form of carbon gas, can cause disruption to the environment and human health. Kawasan Pendidikan Tinggi Kota Malang is an area with a current high motor vehicle traffic, so it could potentially be a major source of air pollution. In this research, a process to identify the distribution of CO emissions from motor vehicles and identify the capabilities of open space in absorbing of CO emissions in the Kawasan Pendidikan Tinggi Kota Malang. Data collection methods were conducted in the form of traffic counting, air quality test, and meteorological condition measurement in the study area. The analysis used in this research is the analysis of emission load calculation, modelling of the dispersion of emissions using software METI-LIS v2.03, and open space absorption analysis to carbon emission. The results showed that total CO emission of motor vehicles in the Kawasan Pendidikan Tinggi Kota Malang was 1248,05 kg/hour, with the highest concentration in the Soekarno Hatta street of 191,58 kg/hour while the lowest concentrations were in Surabaya street of 33,23 kg/hour. While the open space absorption based on vegetation wide approach of 8442,19 tons/year haven't been able to absorb the entire emissions. The remaining emissions of motor vehicles that have not been absorbed by the open space is 8702,83 tons/year.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/622/051807197
Uncontrolled Keywords: Emisi, Transportasi, METI-LIS, Ruang Terbuka. Emissions, Transportation, METI-LIS, Open Space.
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.7 Environmental problems > 363.73 Pollution > 363.731 Social causes
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jun 2019 01:38
Last Modified: 12 Jan 2022 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162752
[thumbnail of Hamzah Syaiful Haqqoni.pdf]
Preview
Text
Hamzah Syaiful Haqqoni.pdf

Download (18MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item