Redesain Sistem Pencahayaan Lapangan Tembak Indoor di Pengprov Perbakin Provinsi Jatim di Surabaya

Syamsuddin, Rahmi Septianingsih (2018) Redesain Sistem Pencahayaan Lapangan Tembak Indoor di Pengprov Perbakin Provinsi Jatim di Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di lapangan tembak indoor yang berada di Pengprov Perbakin Jatim yang berada di Surabaya, dengan aktivitas utama yang terjadi di lokasi adalah olahraga menembak. Dalam olahraga menembak, beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dijaga kualitasnya adalah pencahayaan dan penghawaan. Menembak adalah kegiatan dimana senjata diarahkan pada suatu sasaran, sehingga kemampuan petembak untuk melihat sasaran tersebut sangat penting. Standar pencahayaan yang digunakan dalam olahraga menembak, baik untuk lapangan terbuka dan lapangan tertutup adalah standar yang dikeluarkan oleh ISSF (Federasi Olahraga Menembak Internasional). Dalam kondisi eksisting, pencahayaan yang digunakan dalam lapangan tembak indoor Pengprov Perbakin ini masih kurang dari standar. Selain itu, pencahayaan dalam ruang juga sepenuhnya menggunakan pencahayaan buatan, sehingga dapat dipertimbangkan untuk menambah suatu bukaan untuk pencahayaan alami. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental, dimana variabel yang ada dimanipulasi dan diteliti akibat-akibatnya. Metode ini menggunakan simulasi digital, dengan menggunakan software Dialux 4.12 untuk simulasi kondisi ruang dengan perubahan-perubahan variabel yang dicoba. Hasil yang diperoleh merupakan desain pencahayaan yang menggunakan kombinasi pencahayaan alami dan buatan dalam ruang, dengan hasil kenyamanan visual optimal yang sesuai standar ISSF.

English Abstract

This research was conducted in an indoor shooting range located in Pengprov Perbakin Jatim, Surabaya. The main activity here was shooting sport. In shooting sport, a few elements that required attention and needed quality control was lighting and air conditioning. Shooting is an activity where a weapon is aimed at a target, thus the ability of the shooter to see said target is paramount. Lighting standard used in shooting sport, both in outdoor and indoor shooting range is the standard released by ISSF (International Shooting Sport Federation). In existing condition, the lighting used in Pengprov Perbakin Jatim indoor shooting range is still lacking and not yet up to standard. There is also the matter of where the indoor lighting used was fully artificial and adding source for daylight can be considered. The method used in this study is experimental, where the variables are manipulated and the results are studied. This method used digital simulation, using mainly Dialux 4.12 software to simulate the room condition with its variable changed in various ways. The results are used to determine the optimal redesign using the combination of natural and artificial lighting in accordance to ISSF lighting standard.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/620/051807195
Uncontrolled Keywords: pencahayaan buatan, pencahayaan alami, olahraga menembak artificial lighting, natural lighting, shooting sport
Subjects: 700 The Arts > 729 Design and decoration of structures and accessories > 729.2 Design in horizontal plane > 729.28 Lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:40
Last Modified: 25 Oct 2021 03:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162750
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (31MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (591kB) | Preview
[thumbnail of Rahmi Septianingsih Syamsuddin.pdf]
Preview
Text
Rahmi Septianingsih Syamsuddin.pdf

Download (15MB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN BAGIAN AWAL.pdf]
Preview
Text
COVER DAN BAGIAN AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (624kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (724kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (892kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (13MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item