Implementasi Program Bank Sampah Malang dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat (Studi Pada Penerapan Bank Sampah Malang di Kelurahan Sukun)

Kurniawati, Fitria (2018) Implementasi Program Bank Sampah Malang dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat (Studi Pada Penerapan Bank Sampah Malang di Kelurahan Sukun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lingkungan dipandang sebagai tempat beradanya manusia dalam melakukan segala aktivitas kesehariannya. Untuk dapat mendukung seluruh kegiatan yang dilakukan manusia maka lingkungan harus dijaga dan dirawat kebersihannya sehingga lingkungan dapat memberikan rasa nyaman bagi manusia yang hidup didalamnya. Menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2010 sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat yang terdiri atas sampah rumah tangga maupun sampah sejenis sampah rumah tangga. Pengelolaan sampah kini menjadi pekerjaan rumah dari pemerintah terlebih setelah disahkannya Undang-Undang No 18 tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah, dan diteruskan oleh pemerintah daerah dengan disahkannya Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 10 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Sampah. Sebagai tindak lanjut dari peraturan tersebut maka dibentuklah Bank Sampah Malang (BSM). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) implementasi program bank sampah malang dalam upaya pemberdayaan masyarakat; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi program bank sampah malang. Sumber data yang digunakan peneliti berdasarkan dari data informan, dokumen dan periwtiwa yang terjadi di lapangan. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pada BSM terdapat dua program yang berjalan yaitu program tabungan sampah dan program pembelajaran mengenai pengolahan sampah. dari program tabungan sampah diketahui bahwa program tersebut berjalan dengan baik dan terdapat peningkatan jumlah. Sedangkan dalam program pembelajaran mengenai pemilahan sampah diketahui bahwa banyak pihak dari luar daerah Kota Malang yang tertarik dengan sistem kerja yang diterapkan di BSM untuk dapat ditiru di daerahnya sehingga diharapkan mampu dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Rekomendasi yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah memperbanyak pemberian informasi mengenai keuntungan menjadi nasabah Bank Sampah, memperbanyak pelatihan kerajinan olahan sampah sehingga hasil kerajinan yang didapatkan lebih beragam, memperbaiki kembali website Bank Sampah sehingga masyarakat luas mengetahui keaktifan koperasi BSM sehingga menimbulkan minat dan keinginan untuk menjadi anggota (nasabah) BSM.

English Abstract

The environment is seen as a distant reservoir of human in doing all their daily activities. To be able to support all human activities, the environment must be maintained and cared for so that they can clean the environment can provide a sense of comfort to the people living in it. According to the Minister Regulation No. 33 of 2010 trash is the rest of the garbage daily activities of human and / or natural processes in the solid form consisting of household waste and householdlike waste. Waste management has become a chore of the government especially after the passing of Law No. 18 of 2008 on waste management, and forwarded by the local government with the passage of Malang City Regional Regulation No. 10 of 2010 on Waste Management. As a follow up of these rules will be established Malang Waste Bank (BSM). This research uses descriptive qualitative research method and limited by two research focus that is (1) program implementation of malang waste bank in effort of society empowerment; (2) factors that influence the implementation of Malang Waste Bank Programs. Source of data used by researchers based on data from informants, documents and events that occur in the field. The result of this research is known that in BSM there are two running programs that are waste saving program and learning program about waste processing. of the waste saving program is known that the program is running well and there is an increasing number of members. While in the learning program about waste segregation known that many parties from outside the area of Malang City who are interested in the work system applied in BSM to be imitated in the area so it is expected to be able to improve the welfare of the community in the region. Recommendations that can be given from the results of this study is to increase the provision of information about the advantages of being a customer of Waste Bank, increasing the training of handicrafts processed garbage so that the handicrafts obtained more diverse, repairing back BSM website so that the public know the activity of BSM cooperative, causing interest and desire to become a member (customer) BSM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/484/051807121
Uncontrolled Keywords: implementasi kebijakan, sampah, pemberdayaan masyarakat, Bank Sampah Malang (BSM)- policy implementation, waste, community empowerment, Malang Waste Bank (BSM)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 628 Sanitary engineering > 628.4 Waste technology, public toilets, street cleaning
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Apr 2019 08:46
Last Modified: 25 Oct 2021 06:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162700
[thumbnail of Fitria Kurniawati.pdf]
Preview
Text
Fitria Kurniawati.pdf

Download (51MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item