Marwoto, Anindita Indah (2018) Model Peluang Kecelakaan Sepeda Motor Berdasarkan Karakteristik Pengendara Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Peningkatan jumlah penggunaan kendaraan bermotor di Kota Malang berkembang semakin pesat dan diimbangi dengan semakin meningkatnya tingkat kecelakaan lalu lintas terutama kecelakaan yang melibatkan sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengendara yang memiliki pengalaman kecelakaan sepeda motor, membuat model peluang kecelakaan, serta melakukan simulasi peluang kecelakaan sepeda motor berdasarkan karakteristik pengendara agar dapat menurunkan tingkat kecelakaan di Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis frekuensi, analisis tabulasi silang, analisis regresi logistik biner, dan perhitungan simulasi permodelan peluang kecelakaan. Penelitian ini menggunakan data hasil kuesioner yang dilakukan pada 346 pengendara sepeda motor pada delapan ruas jalan terpilih di Kota Malang. Berikut hasil dari permodelan kecelakaan sepeda motor di Kota Malang berdasarkan analisis regresi logistik. ( ( ) ( ) ( ) ( ) ( ) ( ) ( )) Hasil permodelan regresi logistik didapatkan bahwa variabel yang signifikan terhadap permodelan peluang kecelakaan berdasarkan karakteristik perilaku pengendara sepeda motor di Kota Malang yaitu tidak berkendara berboncengan (X3 4.1), tidak berkendara berombongan (X3 5.1), tidak mematuhi rambu lalu lintas (X3 6.1), mendahului dari sebelah kiri (X3 7.1), tidak memberi tanda sein saat akan berbelok (X3 8.1), tidak berkendara dengan menggunakan atau bermain handphone/headset (X3 9.1), dan tidak mengendarai saat cuaca buruk (X3 11.1). Hasil akhir perhitungan simulasi peluang kecelakaan menunjukkan bahwa kondisi eksisting peluang kecelakaan pengendara sepeda motor di Kota Malang berdasarkan variabel-variabel yang berpengaruh pada permodelan didapatkan hasil angka kecelakaan sebesar 76,59%. Sedangkan, hasil perhitungan skenario terbaik peluang tingkat kecelakaan pengendara sepeda motor di Kota Malang didapatkan hasil angka kecelakaan sebesar 5,78%. Apabila skenario terbaik dapat diterapkan maka dapat mengurangi tingkat angka kecelakaan sebesar 70,81%.
English Abstract
The increase in the number of motorized vehicle use in the city of Malang is growing rapidly and is offset by the increasing rate of traffic accidents, especially accidents involving motorbikes. This study aims to determine the characteristics of motorists who have experience of motorcycle accidents, make models of accident opportunities, and simulate motorcycle accident opportunities based on the characteristics of motorists in order to reduce the rate of accidents in Malang City. The method used in this study is frequency analysis, cross tabulation analysis, binary logistic regression analysis, and simulation modeling of accident probability models. This study uses data from questionnaires conducted on 346 motorcycle riders on eight selected road segments in Malang City. The following are the results of modeling motorcycle accidents in Malang City based on logistic regression analysis. ( ( ) ( ) ( ) ( ) ( ) ( ) ( )) The results of the analysis showed that a significant variable on the probability of accident modeling based on the behavior characteristics of motorcycle riders in the city of Malang was not driving with passengers (X3 4.1), not driving in groups (X3 5.1), disobeying traffic signs (X3 6.1), do not overtake from the right (X3 7.1), do not give a sign when turning (X3 8.1), do not drive by using or playing handphone / headset (X3 9.1), and not driving during bad weather (X3 11.1). The final results of simulation calculations show that the chances of accidents existing condition opportunities motorcyclist accidents in Malang based on variables that affect the modeling showed the accident rate of 76.59%. Meanwhile, the best scenario calculation results opportunities accident rate of motorcyclists in Malang showed the accident rate of 5.78%. If the best-case scenario can be applied, it can reduce the number of accidents at the level of 70.81%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2018/1029/051811686 |
Uncontrolled Keywords: | Model-Kecelakaan, Karakteristik-Pengendara,Sepeda-Motor Accident-Model, Rider-Characteristics,Motorcycle |
Subjects: | 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.1 Public safety programs > 363.12 Transportation hazards > 363.125 Highway and urban vehicular transportation |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 18 Apr 2019 07:45 |
Last Modified: | 04 Jun 2020 09:34 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162637 |
Actions (login required)
View Item |