Rahman, Fadillah Nur (2018) Analisis Tegangan pada Model Perbaikan Chassis Dump Truck Kapasitas 78,5 Ton Akibat Retakan dengan FEM. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu sumber daya alam yang sangat melimpah di Indonesia adalah barang tambang mineral contohnya adalah batu bara. Produksi batu bara Indonesia menduduki peringkat ke- 4 dengan total 489 juta ton (Data statistik batubara World Coal Association) sehingga dibutuhkan alat pengangkut berupa dump truck. PT Pama Persada Nusantara adalah perusahaan yang memiliki populasi dump truck sebesar 1419 unit yang tersebar di Indonesia. Setiap tahunnya mobil mengalami kasus retakan pada Chassis dump truck jenis komatsu HD 785-7, sehingga perusahaan memiliki upaya perbaikan terhadap Chassis dengan cara bagian yang mengalami retakan diperbaiki dan dipasangkan plat pada bagian retakan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh tegangan maksimal dan Stress intensity factor yang dialami oleh Chassis dump truck dengan variasi model sebelum dan setelah perbaikan. Pemodelan retak mengambil sampel retak pada Chassis kemudian di desain menjadi model yang sederhana yaitu Compact Tension Specimen. Untuk model perbaikan didesain dengan menambah plat dengan ketebalan 3 mm. Model pembebanan yang diberikan pada spesimen mengacu pada beban yang dialami oleh Chassis dump truck. Beberapa inputan data geometri dan pembebanan diambil dari analisa struktur balok/beam pada Chassis dump truck komatsu HD 785-7. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu (Simulasi). Hasil penelitian menunjukkan perbandingan nilai tegangan maksimal dan Stress intensity factor (KI) pada model sebelum dan setelah perbaikan mengalami kecenderungan menurun. Tegangan tertinggi hasil simulasi terjadi pada model sebelum perbaikan dengan nilai sebesar 19.37 MPa sedangkan model setelah perbaikan dengan diberi plat tambahan sebesar 2 MPa. Pada nilai Stress intensity factor (KI) pada model sebelum perbaikan sebesar 119.67 MPa√mm dan setelah perbaikan sebesar 10.18 MPa√mm di ujung muka retak. Berdasarkan deskripsi tersebut, model retak terhadap model setelah perbaikan adalah upaya untuk menghambat perambatan retak.
English Abstract
One of the abundant natural resources in Indonesia is mineral mining, for example coal. Coal production in Indonesia was ranked the 4th with a total of 489 million tons, so it takes the form of dump truck transporter. PT Pama Persada Nusantara is a company that has a population of 1419 units of dump trucks that spread in Indonesia. Every year the car had a crack in the case of the dump truck chassis komatsu HD 785-7 types, so the company has the improvement of the chassis where the parts that have cracks repaired with paired plate in cracks. This study aims to investigate the effect of maximal stresses and stress intensity factors experienced by Chassis dump trucks with variations in models before and after repairs. Crack modeling took a crack sample on the Chassis and then designed it into a simple model, namely Compact Tension Specimen. For repair models designed by adding a plate with a thickness of 3 mm. The loading model given to the specimen refers to the load experienced by the Chassis dump truck. Several input geometry data and loading were taken from structural beam analysis on the Komatsu HD 785-7 Chassis dump truck. This research method uses quasi-experimental methods (Simulation). The results showed a comparison of the maximum stress values and Stress intensity factor (KI) on the model before and after repairs experienced a downward trend. The highest Stress simulation results occur in the model before repair with a value of 19.37 MPa while the model after repairs is given an additional plate of 2 MPa. The value of the Stress intensity factor (KI) in the model before repairs is 119.67 MPa√mm and after repairs at 10.18 MPa√mm at the end of the crack face. Based on these descriptions, the crack model of the model after repair is an attempt to inhibit crack propagation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2018/1068/051811725 |
Uncontrolled Keywords: | Stress intensity factor, Tegangan, Retak, Perbaikan, Chassis, Compact Tension Specimen. Stress intensity factor, Stress, Cracks, Repair, Chassis, Compact Tension Specimen. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.2 Motor land vehicles, cycles > 629.24 Chassis |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 24 May 2019 02:50 |
Last Modified: | 28 Apr 2022 03:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162628 |
Preview |
Text
Fadillah Nur Rahman.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |