Perancangan Sistem Informasi Administrasi pada Jasa Perhotelan menggunakan Microsoft Access 2013 dan VBA

Larasati, Ninditya Ayu (2018) Perancangan Sistem Informasi Administrasi pada Jasa Perhotelan menggunakan Microsoft Access 2013 dan VBA. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan masyarakat terhadap wisata dan cepatnya akses informasi tentang wisata, memicu berkembangnya industri pariwisata yang secara tidak langsung berdampak pada tingginya penggunaan jasa akomodasi, salah satunya Hotel Palem Sari, Kota Batu. Sebagai industri jasa, pelayanan pelanggan penting diperhatikan karena merupakan faktor penting dalam menguasai pasar. Dalam proses tersebut, hotel memerlukan koordinasi dan penyampaian informasi yang cepat dan akurat antar departemen. Namun pada front office Hotel Palem Sari sebagai pusat koordinasi dan administrator, terdapat permasalahan yaitu waktu pemesanan fasilitas dan pelaporan melebihi waktu standar yang ditetapkan, rekap data yang kurang informatif dan kurang relevan dengan kenyataan, serta permasalahan administrasi lainnya. Permasalahan tersebut disebabkan karena proses administrasi dilakukan dengan pembukuan sederhana yang membutuhkan banyak waktu dan berpotensi mengalami kerusakan, kehilangan, kesalahan, atau penyalahgunaan informasi. Proses administrasi yang kurang efektif dan efisien tersebut mempengaruhi proses koordinasi antar departemen yang dapat menurunkan kualitas pelayanan reliabilitas, daya tanggap, jaminan dan bukti fisik. Oleh sebab itu, alternatif peningkatan pelayanan yang dilakukan adalah merancang sistem informasi administrasi di front office hotel. Sistem informasi diharapkan dapat membantu menciptakan proses administrasi efektif dan efisien yang berguna dalam koordinasi sehingga mampu meningkatkan sistem pelayanan pada Hotel Palem Sari. Perancangan sistem informasi administrasi dimulai dengan menganalisis kelemahan sistem lama menggunakan PIECES. Dilanjutkan dengan tahap analisis penentuan tujuan sistem baru menggunakan SRC. Selanjutnya mendesain proses menggunakan DFD dan mendesain basis data menggunakan ERD yang diimplementasikan menggunakan microsoft access 2013. Setelah itu mendesain interface yang diimplementasikan menggunakan visual basic applications. Lalu dilakukanlah pengujian sistem yaitu uji verifikasi dan validasi. Dengan pengujian tersebut diperoleh bahwa sistem baru yang dirancang sudah berjalan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Proses perancangan model konseptual menghasilkan 6 proses utama, 10 entitas, dan 6 menu. Sedangkan proses perancangan purwarupa menghasilkan 10 table utama pada microsoft access 2013 dan 10 userform utama pada VBA. Purwarupa sistem informasi administrasi mampu mempercepat aktivitas administrasi yaitu pemesanan fasilitas yang awalnya 6,43 menit menjadi 4,22 menit atau mengalami percepatan sebesar 34% untuk satu kali pemesanan yang terdiri dari pencarian ketersediaan kamar, proses pencatatan identitas tamu dan pilihan layanan akomodasi. Selain itu juga mempercepat rekap data pelayanan dan mencegah keterlambatan pelaporan yang sebelumnya membutuhkan waktu 2-3 hari menjadi hanya 2 menit. Serta mampu menjadwalkan tugas pegawai yang berguna dalam pengkoordinasian tugas departemen. Sehingga purwarupa sistem informasi administrasi mampu meningkatkan sistem pelayanan yang berdampak pada peningkatan kepuasaan pelanggan dan perolehan keuntungan yang maksimal.

English Abstract

Human need on vacation and rapid access of tourism information are the factors that trigger the development of tourism industries and influences the high demand of accomodation service, for example in Hotel Palem Sari, Batu City. Hotel as a hospitality service industry needs more attention in handling the customers due to the key for gaining the market. In that hospitality process, hotel need a right coordination and fast information shares method across each departements. Unfortunately, there were some problems in front office departement of Hotel Palem Sari as the center of coordination and administrator. Those were the reservation and report time that last longer than the standard time, the non informative and non accurate data recapitulation, and the other administration issues. Those problems occured because the recent administration system with simple booking process need more time and potentially got damaged, lost, error, or misapropriated. Those lack effective yet efficient administration process could affect the coordination process accross departements and decrease the hospitality quality in reliability, responsiveness, assurance, and tangibles. Based on those problems, the alternative to improve the service quality is by designing an administration information system in front office departement. This administration information system may help to create an efficience and effective administration that will useful for coordination, then increase the service system quality. The first designing process of the administration information system is analyze the weakness of current system using PIECES. Then, analyze the purpose of the new system using SRC. Next is process designing using DFD and database system designing using ERD, then implementing it using microsoft access 2013. Then, designing interface and implementing it using visual basic applications. And the last process is testing the new system through verification and validation test. And with those test, it happened that the new system is appropiate with the purpose of the design. The conceptual model designing process has produce 6 main processes, 10 entities, and 6 menus. While the prototype designing process has produce 10 main tables in microsoft access 2013 and 10 main userforms in VBA. The prototype of administration information system can thrift the reservation time up to 34% from 6,43 minutes to 4,22 minutes. It happened for one reservation process i.e. check the available room and input guest’s data with guest room inquiries. This system also thrift the data recapitulation process and prevent the delay for reporting, from 2-3 days become 2 minutes time needed. And also do the job scheduling that help the departement’s coordination. So that the prototype of the new system can increase the service system’s quality that happened to increase the satisfaction’s guest level and maximize the profit earned.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/1067/051811724
Uncontrolled Keywords: DFD, ERD, Front Office, Layanan, Sistem Informasi DFD, ERD, Front Office, Service, Information System
Subjects: 900 History, geography and auxiliary disciplines > 910 Geography and travel > 910.4 Account of travel and facilities for travelers > 910.46 facilities for travelers > 910.460 285 Computer applications
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 May 2019 01:31
Last Modified: 14 Mar 2022 01:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162627
[thumbnail of Ninditya Ayu Larasati.pdf]
Preview
Text
Ninditya Ayu Larasati.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item