Keterkaitan Modal Sosial Dengan Pasrtisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur (Program Add) Desa Pajaran Kecamatan Poncokusumo

Farisa, Baiq Maulida Riska (2018) Keterkaitan Modal Sosial Dengan Pasrtisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur (Program Add) Desa Pajaran Kecamatan Poncokusumo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Infrastruktur merupakan fasilitas yang tersedia untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat setempat (BAPPENAS, 2008). Kota ataupun desa membutuhkan infrastruktur yang menunjang untuk keberlangsungan hidup dan keberlanjutan ekonominya (Haris, 2009), namun pada kenyataannya seringkali dijumpai pembangunan infrastruktur yang lebih fokus di daerah diperkotaan dan mengakibatkan daerah pedesaan yang mengalami ketertinggalan dalam hal infrastruktur. Data Statistik Potensi Desa Indonesia (2014) menyebutkan bahwa Provinsi Jawa Timur masih harus mengejar ketertinggalan untuk infrastruktur desa-desanya. Guna mengatasi ketertinggalan pembangunan infrastruktur, pemerintah menanganinya dengan memberikan bantuan melalui program ADD (Alokasi Dana Desa). ADD merupakan program bantuan pemerintah yang berbasis pada partisipasi masyarakat. Potensi partisipasi yang tinggi dari sebuah desa dapat ditumbuhkan karena pada dasarnya warga atau masyarakat desa memiliki modal sosial yang tinggi untuk melaksanakan bahkan mengawasi jalannya program-program pembangunan didesa (Maulana, 2009). Hal ini membuktikan bahwa untuk mencapai kesuksesan pada suatu program pembangunan dibutuhkan partisipasi serta modal sosial yang baik dari masyarakat (Putnam dalam Hasbullah, 2006). Kesuksesan pembangunan infrastruktur (Program ADD) di Desa Pajaran sangat membutuhkan partisipasi masyarakat. Pasal 5 Peraturan Bupati Malang Nomor 37 Tahun 2017 menyebutkan kapasitas partisipasi masyarakat harus ditingkatkan dalam hal perencanaan, pelaksanaan program serta pengawasan atau evaluasi program pembangunan. Tahap evaluasi merupakan salah satu tahap penting yang menjadi umpan balik yang dapat memberi masukan demi perbaikan pelaksanaan proyek selanjutnya, namun penggunaan ADD khususnya untuk pembangunan infrastruktur di Desa Pajaran belum mengikutsertakan masyarakat dalam tahap evaluasi program. Hal ini selanjutnya berdampak pada tujuan dari kegiatan pembangunan yang seringkali tidak tepat sasaran. Pembangunan infrastruktur di Desa Pajaran sering mengalami keterlambatan penyelesaian, hasil wawancara menunjukkan bahwa hal ini diakibatkan oleh masyarakat kurang aktif dalam beberapa proses pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur. Partisipasi masyarakat dan modal sosial merupakan 2 elemen yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat terutama untuk kegiatan pembangunan infrastruktur. Penelitian di Desa Pajaran dilakukan untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur, faktor-faktor yang mempengaruhi modal sosial serta modal sosial masyarakat dan keterhubungannya dengan partisipasi masyarakat. Penelitian ini memiliki 3 tujuan (1) Menentukan tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastrukur Desa Pajaran. Tingkat partisipasi diukur dengan 4 tahap partisipiasi yaitu tahap pengambilan keputusan, tahap pelaksanaan program, tahap pemanfaatan program dan tahap evaluasi program. Untuk tujuan ini peneliti membuat angket yang disusun dari setiap indikator pada setiap tahap partisipasi. Penilaian tingkat partisipasi menggunakan 3 jenjang skala likert yaitu skor 3 untuk sering atau aktif, skor 2 untuk jarang atau kurang aktif dan skor 1 untuk tidak pernah atau tidak aktif. Langkah selanjutnya setelah seluruh data responden terkumpul maka membuat 3 kelas tingkat partisipasi dengan pembagian kelas tinggi (25,8-33,1), sedang (18,4-25,7), dan rendah (11- 18,3). (2)Menentukan faktor-faktor pembentuk modal sosial. Pada penelitian ini penentuan faktor pembentuk modal sosial menggunakan analisis CFA (Confimatory Factor Analysis). Data modal sosial yang akan dinilai terdiri atas 3 variabel yaitu kepercayaan, jaringan sosial serta norma sosial. Tujuan penggunaan analisis ini ialah untuk menyederhanakan beberapa variabel yang akan diteliti menjadi lebih sedikit dari sebelumnya. Analisis CFA pada penelitian ini menggunakan aplikasi MPLUS 7.0. (3)Mengetahui hubungan antara modal sosial dengan partisipasi masyarakat. Guna mengetahui model hubungan antara modal sosial dengan partisipasi masyarakat input yang digunakan ialah hasil analisa tingkat partisipasi (tujuan 1) dan faktor pembentuk modal sosial (tujuan 2). Model hubungan ini dianalisis dengan analisis SEM (Structural Equation Modelling). Berdasarkan hasil penelitian tingkat partisipasi keseluruhan masyarakat pada program pembangunan infrastruktur masih rendah dengan prosentase sebesar 57,5%. Modal sosial di Desa Pajaran dibentuk oleh 3 faktor yaitu kepercayaan, jaringan sosial, serta norma sosial. Hubungan modal sosial dengan partisipasi terbentuk menjadi 2 yaitu hubungan langsung dan hubungan tidak langsung. Jaringan sosial ialah variabel yang memiliki hubungan langsung dengan partisipasi masyarakat, sedangkan kepercayaan dan norma sosial memiliki hubungan tidak langsung dengan partisipasi. Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa, hubungan antara jaringan sosial dengan partisipasi akan semakin baik jika tingkat kepercayaan masyarakat semakin baik juga. Maka jika tingkat kepercayaan masyarakat semakin baik akan terbentuk jaringan sosial di masyarakat yang juga baik. Jaringan sosial yang semakin meningkat akan mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat dalam hal pembangunan infrastruktur di Desa Pajaran.

English Abstract

Infrastructure is a facility available to improve the welfare of the local community (BAPPENAS, 2008). Cities or villages need infrastructure that supports their survival and economic sustainability (Haris, 2009), but in reality infrastructure development is often found that is more focused on urban areas and results in rural areas lagging behind in terms of infrastructure. The Indonesian Village Potential Statistics data (2014) states that East Java Province still has to catch up with the infrastructure of its villages. To overcome the backwardness of infrastructure development, the government handled it by providing assistance through the ADD (Village Fund Allocation) program. ADD is a government assistance program based on community participation. The potential for high participation from a village can be grown because basically villagers or community members have high social capital to implement and even oversee the running of development programs in the village (Maulana, 2009). This proves that to achieve success in a development program it requires participation and good social capital from the community (Putnam in Hasbullah, 2006). The success of infrastructure development (ADD Program) in Desa Pajaran strongly requires community participation. Article 5 of Malang Regent Regulation Number 37 of 2017 states that community participation capacity must be increased in terms of planning, program implementation and supervision or evaluation of development programs. The evaluation phase is one of the important stages that becomes feedback that can provide input to improve the implementation of the next project, but the use of ADD especially for infrastructure development in Desa Pajaran has not included the community in the program evaluation stage. This then impacts on the objectives of development activities which are often not on target. Infrastructure development in Desa Pajaran often experiences delays in completion, the results of interviews indicate that this is caused by the community being less active in several processes of infrastructure development projects. Community participation and social capital are two elements that cannot be separated from people's lives, especially for infrastructure development activities. Research in Desa Pajaran is conducted to determine the level of community participation in infrastructure development, factors that influence social capital and community social capital and its connection with community participation. This study has 3 objectives (1) Determining the level of community participation in the development of the Village Teaching infrastructure. The level of participation is measured by 4 participatory stages, namely the decision making stage, the program implementation stage, the program utilization stage and the program evaluation stage. For this purpose the researcher made a questionnaire compiled from each indicator at each stage of participation. Assessment of participation level uses 3 levels of the Likert scale, namely score 3 for frequent or active, score 2 for rare or inactive and score 1 for never or inactive. The next step after all the respondents' data was collected then made 3 classes of participation levels with high class divisions (25.8-33.1), moderate (18.4-25.7), and low (11-18.3). (2) Determine the factors forming social capital. In this study the determination of social capital formation factors uses CFA (Confimatory Factor Analysis) analysis. Data on social capital that will be assessed consists of 3 variables, namely trust, social networks and social norms. The purpose of using this analysis is to simplify the few variables to be studied to be less than before. The CFA analysis in this study used the MPLUS 7.0 application. (3) Knowing the relationship between social capital and community participation. In order to know the model of the relationship between social capital and community participation, the input used is the result of the analysis of the level of participation (goal 1) and the factors forming social capital (goal 2). This relationship model was analyzed by SEM (Structural Equation Modeling) analysis. Based on the results of the study, the overall level of community participation in the infrastructure development program is still low with a percentage of 57.5%. Social capital in Desa Pajaran is formed by 3 factors, namely trust, social networks, and social norms. The relationship between social capital and participation is formed into 2, namely direct relations and indirect relationships. Social networks are variables that have a direct relationship with community participation, while social norms and beliefs have an indirect relationship with participation. The results of SEM analysis show that, the relationship between social networks and participation will be better if the level of public trust is getting better too. So if the level of public trust is getting better, social networks in the community will be formed that are also good. The increasing social network will influence the level of community participation in terms of infrastructure development in Desa Pajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/1064/051811721
Uncontrolled Keywords: Modal Sosial, Pasrtisipasi Masyarakat, Pembangunan Infrastruktur, Program Add), Pembangunan Desa
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.8 Local government
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Jun 2019 02:11
Last Modified: 14 Mar 2022 01:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162624
[thumbnail of Baiq Maulida Riska Farisa.pdf]
Preview
Text
Baiq Maulida Riska Farisa.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item