Pengaruh Air Fuel Ratio Terhadap Kinerja Motor Bakar 6 Langkah Menggunakan Bahan Bakar Ethanol 99%

Baqi, Muhammad Hadyan (2018) Pengaruh Air Fuel Ratio Terhadap Kinerja Motor Bakar 6 Langkah Menggunakan Bahan Bakar Ethanol 99%. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan akan energi pada kendaraan bermotor semakin meningkat seiring semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Sistem pembakaran injection diharapkan semakin irit konsumsi bahan bakar. Motor bakar 6 langkah dengan penambahan dua langkah baru pada motor 4 langkah, Dua langkah yang dimaksud adalah dengan ditambahkan langkah kompresi dan langkah ekspansi pada siklus, yakni mesin memiliki 2 tahap langkah kompresi dan 2 langkah ekspansi pada satu siklus dengan tujuan utama menambah durasi langkah ekspansi dan durasi pembakaran guna menurunkan emisi polutan gas hasil pembakaran dan dibutuhkan sumber energi yang dapat membarui, dan dapat terjamin ketersediannya dimasa depan. Ethanol 99% merupakan sumber energi alternatif pada motor bakar. Pada penelitian ini metode yang dipakai adalah eksperimental nyata pada motor bakar 6 langkah. Variabel yang digunakan yaitu variabel bebas dan terikat. Variabel bebas terdiri dari variasi air fuel ratio sebesar 7, 8, 9, 10, dan 11 dengan putaran 3600 rpm hingga 5400 rpm interval 300 rpm. Variabel terikat terdiri dari nilai torsi, daya efektif, SFCe, dan efisiensi termal efektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perubahan air fuel ratio pada mesin otto 6 langkah berbahan bakar ethanol dapat mempengaruhi kinerja mesin. Kinerja terbaik berupa torsi dan daya efektif pada variasi AFR 7 sedangkan kinerja terbaik berupa SFCe dan efisiensi termal efektif didapatkan pada variasi AFR 10. Dengan menggunakan motor 6 langkah, terjadi kenaikan nilai torsi, daya efektif, dan efisiensi termal yang dihasilkan dibandingkan dengan motor bakar 4 langkah, kemudian efisiensi termal efektif tertinggi terdapat pada AFR 10 sebesar 43.526% pada putaran 4200 rpm.

English Abstract

The need for energy in motor vehicles is increasing as science and technology development. The injection combustion system is expected to be more efficient in fuel consumption. 6-step fuel motor with the addition of two new steps on a 4-step motor, the two steps in question are to add compression steps and expansion steps in the cycle, ie the engine has 2 stages of compression step and 2 steps of expansion in one cycle with the main objective of increasing the duration of the expansion step and duration of combustion to reduce emissions of combustion gaseous gases and require renewable energy sources, and their availability in the future can be guaranteed. 99% Ethanol is an alternative energy source in combustion motors. In this study, the method used was real experimental on a 6 step fuel motor. The variables used are independent and bound variables. The independent variable consists of air-fuel ratio variations of 7, 8, 9, 10, and 11 with 3600 rpm to 5400 rpm interval 300 rpm. The dependent variable consists of torque, effective power, SFCe, and effective thermal efficiency. The results showed that changes in the air-fuel ratio on the Otto engine 6 steps fueled by ethanol could affect engine performance. The best performance in the form of torque and effective power on the AFR 7 variation while the best performance in the form of SFCe and effective thermal efficiency is obtained on AFR 10 variations. By using a 6-step motor, there is an increase in torque value, effective power, and the thermal efficiency produced compared to the 4 motor fuel step, then the highest effective thermal efficiency is found in AFR 10 at 43.526% at 4200 rpm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/1059/051811716
Uncontrolled Keywords: Air fuel ratio, ethanol 99%, kinerja, motor bakar 6 langkah Air fuel ratio, ethanol 99%, performance, six-stroke engine
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 662 Explosives of explosives, fuels, related products > 662.6 Fuels > 662.66 Synthetic fuels > 662.669 Other liquid fuels > 662.669 2 Alcohol as fuel
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 May 2019 02:20
Last Modified: 14 Mar 2022 01:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162619
[thumbnail of Muhammad Hadyan Baqi.pdf]
Preview
Text
Muhammad Hadyan Baqi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item