Pratama, Dimas Wahyu (2018) Analisis Efektivitas Pajak Reklame dan Kontribusinya Terhadap Pajak Daerah (Studi Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam pelaksanaan otonomi daerah menuntut daerah tersebut mampu membiayai keperluan daerah itu sendiri. Pajak reklame termasuk sumber pendapatan daerah yang berasal dari sektor pajak. Target dan realisasi pajak reklame di Kabupaten Jombang memiliki trend yang mningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas pajak reklame serta kontribusinya terhadap pajak daerah. Penelian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan berupa laporan target dan realisasi pajak reklame dan pajak daerah tahun 2013 sampai tahun 2017. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi efektivitas dan analisis kontribusi. Hasil penelitian ini adalah tingkat efektivitas pajak reklame di Kabupaten Jombang pada tahun 2013 sampai tahun 2017 sangat efektif. Rata-rata efektivitas pajak reklame sebesar 107,93%. Tingkat kontribusi pajak reklame terhadap pajak daerah pada tahun 2013 sampai tahun 2017 sangat kurang. Rata-rata kontribusi pajak reklame terhadap pajak daerah hanya 2,17%. Upaya yang dilakukan Badan Pendapatan Daerah Kabupaten jombang adalah sosialisai pajak reklame beserta sanksi pajaknya terhadap wajib pajak, peningkatan kualitas kinerja petugas, serta pendataan ulang untuk menggali potensi pajak reklame yang ada.
English Abstract
The implementation of regional autonomy required the regions to be able to finance their needs. Advertisement tax is source of local income derived from the tax sector. Target and realization of advertisement tax in Jombang Regency has an increasing trend. The objective of research is to determine and analyze the effectiveness of advertisement tax and its contribution to local tax. The type of research is descriptive. Data collection technique used interview and documentation. The data are report of target and realization of advertisement tax and local tax from 2013 until 2017. The research analysis method includes analyzing effectiveness and contribution. The result of this research indicates that advertisement tax effectiveness in Jombang from 2013 until 2017 is very effective. In average, the advertisement tax effectiveness is 107.93%. Advertisement tax contribution to local tax from 2013 until 2017 is very low. The average of contribution of advertisement tax to local tax is only 2.17%. Efforts made by Local Revenue Office of Jombang Regency is doing socialization about advertisement tax and its sanctions to the taxpayer, improving the quality performance of the officer, as well as re-inventory data to explore the potential of existing taxes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/784/051809407 |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Kontribusi, Pajak Reklame, Pajak Daerah-Effectiveness, Contribution, Advertisement Tax, Local Tax |
Subjects: | 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 02 Apr 2019 03:20 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 06:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162609 |
Preview |
Text
Dimas Wahyu Pratama.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |