Kajian Kinerja Operasional dan Tarif Kereta Api Dhoho Surabaya-Blitar

Yuda, Charles Meirio and Aprizal, Muhamad Luthfi (2018) Kajian Kinerja Operasional dan Tarif Kereta Api Dhoho Surabaya-Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Besarnya kebutuhan dan kegiatan perekonomian masyarakat dari Kota Surabaya menuju Kota Blitar membutuhkan moda transportasi yang murah, aman dan nyaman. PT. Kereta Api Indonesia meyediakan rangkaian kereta api Dhoho yang melayani rute Surabaya-Blitar dibawah pengawasan DAOP XIII Surabaya. Tujuan dari kajian ini adalah untuk (1)Mengetahui kesesuaian kinerja operasional kereta api Dhoho secara aktual dan terjadwal. (2) Mengetahui tingkat kesesuaian pelayanan kereta api Dhoho dengan kepuasan penumpang. (3) Mengetahui tingkat kesesuain tarif kereta api Dhoho yang berlaku dengan tingkat kemampuan membayar penumpang. Oleh kerena itu diperlukan kajian terhadap kereta Api Dhoho dalam penyelenggarannya demi memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna setianya. Pada kajian kinerja operasional yang meninjau analisis waktu (waktu tempuh antar stasiun, waktu henti antar stasiun, waktu tempuh total perjalanan, waktu tunda kedatangan dan keberangkatan) mengunakan metode statistik dengan uji 1 tail T-test dari stasiun Surabaya-Blitar menggunakan perhitungan rumus matematis. Data untuk kinerja operasional (waktu) didapatkan dari pengamatan secara langsung di lapangan maupun dari instansi terkait penelitian ini. Untuk analisis kinerja pelayanan dan analisis kesesuaian tarif dari kereta api Dhoho dilakukan terhadap 400 responden dewasa yang semuanya merupakan penumpang kereta api Dhoho. Data diperoleh dengan teknik survei dan wawancara secara langsung terhadap responden. Metode yang digunakan untuk kinerja pelayanan adalah Importance Performance Analysis sedangkan kajian tingkat kesesuaian tarif menggunakan metode Abillity To Pay (ATP) untuk tingkat kemampuan membayar dari responden dan Willingness To Pay (WTP) untuk tingkat kemauan membayar responden. Penelitian yang dilakukan dari bulan Mei – Juni 2018 didapatkan hasil yang menjawab tujuan dari adanya penelitian ini. (1)Hasil analisis kinerja operasional yang meninjau waktu tempuh antar stasiun, waktu henti antar stasiun dan waktu tempuh total perjalanan menggunakan uji hipotesis 1 tail T-test dengan hipotesis awal (Ho) yang menyatakan “Waktu aktual perjalanan kereta api Dhoho lebih kecil atau sama dengan waktu perjalanan terjadwal”dan didapatkan hasil Ho diterima karena nilai thitung < ttabel. Untuk analisis waktu tunda kedatangan dan keberangkatan hanya menjelaskan selisih waktu tunda kedatangan dan keberangkatan dari masing-masing stasiun dengan analisis deskriptif. (2) Dari hasil analisis kinerja pelayanan dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) didapatkan nilai tingkat kesesuaian antara tingkat kinerja dengan tingkat kepentingan sebesar 91,7% dan didapatkan 4 atribut yang masuk dalam kuadran I yang menjadi prioritas utama untuk mendapatkan perbaikan dan peningkatan. Keempat atribut yang masuk kuadran I yaitu ketersediaan CCTV di setiap gerbong, perbaikan pada AC/ventilasi/kipas angin, informasi terkait stasiun yang akan disinggahi/dilewati secara beruntun, dan informasi gangguan perjalanan Kereta Api. (3)Hasil analisis kesesuaian tarif dengan menggunakan metode Ability to Pay (ATP) dan Willingness to Pay (WTP) didapatkan rata-rata ATP sebesar Rp.7.000,00 dan rata-rata WTP didapatkan Rp.12.340.00 sedangkan tarif yang berlaku adalah Rp.15.000,00. Dari evaluasi tarif didapatkan persamaan regresi berdasarkan penghasilan keluarga dan rata-rata ATP yaitu Y=0.0197X + 41676 dengan nilai R2 = 0,707. Jika variabel X dimasukkan dengan nilai rata-rata penghasilan keluarga sebesar Rp.5.110733,00, maka didapat nilai ATP sebesar Rp.12.770,00. Selanjutnya dilakukan analisis tarif ideal berdasarkan ATP dan WTP pada kelas ekonomi dan didapatkan hasil sebesar Rp.13.380.

English Abstract

The magnitude of the needs and activities of the economy community of Surabaya to Blitar requires a mode of transportation that is cheap, safe and comfortable. PT. Kereta Api Indonesia offers a series of trains serving the route Dhoho Surabaya-Blitar and Surabaya DAOP XIII under the supervision. The purpose of this study is to (1) find out the suitability of the operational performance of the Dhoho railway in actual and scheduled (2) Knowing the level of compliance of the Ministry of railway passenger satisfaction with Dhoho (3) Knowing the level of railway fares mismatch Dhoho that applies to the level of ability of the paying passengers. It required study of train Dhoho in organizing in order to give the best service to its loyal users. On the study of operational performance review time analysis (travel time between stations, downtime between the station, the travel time total travel, arrival and departure time delay) using statistical methods with test 1 tail T-test and be descriptive analysis. Study of operational performance related haulage traffic every rail station, Surabaya-Blitar used a mathematical formula calculations. For performance analysis services and analysis of the suitability of the train fare from Dhoho made against 400 adult respondents who all train passengers in Dhoho train. Data obtained with the technique of the survey and interviews directly against the respondent. The methods used for the performance of services is the Importance Performance Analysis while the compliance rate tariff study method using Abillity To Pay (ATP) to the level of the ability to pay of the respondents and the Willingness To Pay (WTP) for the level of willingness to pay the respondent. Research conducted from May to June 2018 obtained results that answered the purpose of this study. (1) Results of operational performance analysis that reviews travel time between stations, downtime between stations and total travel time using the 1 tail hypothesis test T-test with the initial hypothesis (Ho) which states "The actual time of Dhoho train trip is smaller or equal with scheduled travel time "and Ho results are accepted because the value of t count <t table. For the analysis of the time delay of arrival and departure only explains the difference in the time delay of arrival and departure from each station with descriptive analysis. (2) From the results of the analysis of service performance with the Importance Performance Analysis (IPA) method, it is obtained the value of the level of suitability between the level of performance and the level of importance of 91.7% and obtained 4 attributes that are included in quadrant I which are the top priority to get improvement and improvement. The four attributes that enter quadrant I are the availability of CCTV in each carriage, repair of air conditioning / ventilation / fan, information related to the station that will be visited / passed in succession, and information on disruption to the train journey. (3) The results of the tariff suitability analysis using the Ability to Pay (ATP) and Willingness to Pay (WTP) methods are obtained by an average ATP of Rp. 7,000.00 and the average WTP is Rp. 12,340.00 while the prevailing rates are IDR 15,000. From the evaluation of the obtained regression equation based on family income and the average ATP is Y = 0.0197X + 41676 with a value of R2 = 0.707. If the variable X is entered with the average value of family income of Rp. 5,110,733.00, then the ATP value is Rp. 12,770.00. Furthermore, an ideal tariff analysis based on ATP and WTP is carried out in the economy class and the result is Rp. 13,380.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/1050/051811707
Uncontrolled Keywords: kinerja operasional, kinerja pelayanan, tarif, IPA, ATP, WTP, kereta api Dhoho operational performance, the performance of services, tariffs, IPA, ATP, WTP, train Dhoho
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.04 Special topics of transportation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Feb 2019 03:18
Last Modified: 14 Mar 2022 01:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162585
[thumbnail of Charles Meirio Yuda dan Muhamad Luthfi Aprizal.pdf]
Preview
Text
Charles Meirio Yuda dan Muhamad Luthfi Aprizal.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item