Perubahan Stabilitas Tanah Akibat Penambahan Kapur, Semen, Dan Fly Ash Pada Tanah Lunak Proyek Tol Gempol-Pasuruan

Darmawan, Wahid (2018) Perubahan Stabilitas Tanah Akibat Penambahan Kapur, Semen, Dan Fly Ash Pada Tanah Lunak Proyek Tol Gempol-Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jalan tol Gempol – Pasuruan merupakan jalan yang menghubungkan daerah Gempol, Sidoarjo dengan Kota Pasuruan. Karena akan digunakannya lahan tersebut sebagai keperluan jalan tol, maka diharapkan tanah dasarnya dapat menahan beban rencana, baik dari beban struktur maupun beban kendaraan yang akan melewati jalan tersebut. Seperti yang telah diketahui bahwa tanah di daerah tersebut besifat kohesif, sehingga apabila terjadi anomali iklim yang dapat menyebabkan adanya variasi kadar air yang diterima oleh tanah, yang menyebabkan kondisi tanah menjadi tidak stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan stabilitas akibat penambahan zat aditif, yaitu kapur, semen dan fly ash terhadap karakteristik tanah berdasarkan sifat fisik dan mekaniknya terutama tegangan runtuh, sudut geser, dan penurunan tanah. Pada penelitian ini dilakukan analisis mekanik tanah yang telah dicampurakan dengan cara pencampuran tanah dangkal (Shallow Soil Mix) kadar zat additif yang bervariasi, untuk kapur yaitu sebesar 3%; 6%; 9%; 12%; dan 15%, untuk semen sebesar 5%, 8%, 10%, 12%, dan 15%, dan untuk fly ash 5%, 10%, 15%, 20%, dan 25%. Adapun pengujian yang akan dibandingkan yaitu uji Kuat Tekan Bebas (Unconfined Compression Test), uji Triaksial (Triaxial Unconsolidated Undrained), dan uji Konsolidasi. Pada uji kuat tekan bebas eningkatan nilai tegangan runtuh (qu) terbesar terjadi pada tanah dengan kadar fly ash sebesar 15% dengan prosentase peningkatan 32%. Lalu untuk kadar kapur 6% dengan peningkatan sebesar 20%. Dan untuk tanah dengan kadar semen 10% dengan prosentase peningkatan 15%. Pada pengujian (Triaxial Unconsolidated Undrained) dihasilkan bahwa semakin besar kadar zat additif pada tanah khususnya pada semen dan kapur, nilai sudut geser dalam (ф) tanah semakin besar. Namun pada fly ash nilai sudut gesernya berada pada titik terendah saat kadarnya optimum. Untuk nilai kohesi (c), grafik nilai kohesi berkebalikan dengan grafik sudut geser dalam. Pada uji konsolidasi penurunan terbesar terjadi pada tanah dengan campuran kadar fly ash, kemudian diikuti kapur, dan penurunan terkecil terjadi pada campuran tanah dengan kadar semen.

English Abstract

Gempol - Pasuruan toll road is a road connecting Gempol, Sidoarjo with Pasuruan City. Since the land will be used as a toll road project, it is expected that the subgrade can withstand the allowable load, either from the load of the structure or the vehicle load that will pass through the road. As it is known that the soil in the area is cohesive, so if there is a climate anomaly that can cause the variation of water content, causing soil conditions to become unstable. This study aims to determine the change of stability due to the addition of additives, lime, cement and fly ash to soil based on physical and mechanical properties, especially soil stress failure, shear angle, and soil consolidation. In this research, soil mechanical analysis which has been mixed by shallow soil mixing content of various additives, for lime that is 3%; 6%; 9%; 12%; and 15%, for cement by 5%, 8%, 10%, 12%, and 15%, and for fly ash 5%, 10%, 15%, 20%, and 25%. The tests to be compared are Unconfined Compression Test, Triaxial Unconsolidated Undrained, and Consolidation Test. In Unconfined Compression Test the highest value of soil stress failure (qu) occurs on the soil with fly ash content of 15% with a percentage increase of 32%. Lime content of 6% with an increase of 20%. And for soil with 10% cement content with percentage increase of 15%. In Triaxial Unconsolidated Undrained Test it was found that the greater the additive content of the soil, especially on the cement and lime, the shear value in the (ф) the larger the shear. However, in fly ash the shear angle value is at its lowest point as the optimum level. In Consolidation Test the largest decrease occurred on soil with mixture of fly ash, followed by lime, and the smallest decrease occurred in soil mixture with cement content.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/675/051807250
Uncontrolled Keywords: tanah lunak, fly ash, kapur, semen, kuat geser, konsolidasi. soft soil, fly ash, lime, cement, shear strength, consolidation.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering > 624.1 Structural engineering and underground construction > 624.15 Foundation engineering and engineering geology > 624.151 Engineering geology > 624.151 3 Rock and soil mechanics > 624.151 36 Soil mechanics > 624.151 363 Soil stabilization
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Apr 2019 06:26
Last Modified: 15 Mar 2022 07:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162553
[thumbnail of Wahid Darmawan.pdf]
Preview
Text
Wahid Darmawan.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item