Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Balanced Scorecard pada PT Express Transindo Utama (Persero) Jakarta (Periode Tahun 2012-2016),

Wahyuningsih, Murni (2018) Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Balanced Scorecard pada PT Express Transindo Utama (Persero) Jakarta (Periode Tahun 2012-2016),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan dalam usaha transportasi darat semakin kompetitif, terutama pada bidang taksi konvensional yang sudah ada sejak lama dengan transportasi online yang baru berkembang pada beberapa tahun kebelakang. Persaingan tersebut mempengaruhi kinerja perusahaan taksi konvensional, salah satunya PT Express Transindo Utama Jakarta. Kinerja perusahaan taksi konvensional semakin menurun dari sisi finansial. Akan tetapi kinerja bukan hanya dinilai dari sisi finansial, sisi non-finansial juga mempengaruhi kinerja perusahaan. Balanced scorecard hadir untuk menilai kinerja perusahaan, baik dari sisi finansial maupun non-finansial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja perusahaan dengan metode balanced scorecard. Balanced scorecard dikembangkan menjadi empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 150 orang responden pelanggan dan 100 orang responden karyawan PT Express Transindo Utama Tbk. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data keuangan dan menyebarkan kuisioner penelitian. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis rasio keuangan dan analisis deskriptif untuk kuisioner penelitian. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: (1) perspektif keuangan menunjukkan hasil yang tidak baik karena terjadi penumpukan piutang yang nantinya bisa menjadi piutang tidak tertagih dan akan merugikan perusahaan; (2) perspektif pelanggan menunjukkan hasil yang baik walaupun pengembangan aplikasi untuk pengguna android masih belum maksimal; (3) perspektif bisnis internal menunjukkan hasil yang baik walaupun perusahaan belum sepenuhnya memberikan apresiasi kepada karyawan yang berprestasi; dan (4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan mnunjukkan hasil yang baik.

English Abstract

Competition in transportation sector is more competitive, especially between conventional taxi that have exsisted for a long time and online transportation as a new comer. The competition affects the performance of conventional taxi companies, one of them is PT Express Transindo Utama Jakarta. The performance of conventional taxi companies is declining from the financial side. However, performance is not only judged from the financial side, nonfinancial side also affects the company's performance. Balanced scorecard is present to assess the performance of the company, both financially and nonfinancially. This research aims to determine the performance of companies with balanced scorecard method. Balanced scorecard is developed into four perspectives: financial perspective, customer perspective, internal business perspective and learning and growth perspective. The method of this research is descriptive with quantitative approach. Sample in this research were 150 respondent of customers and 100 employees of PT Express Transindo Utama Tbk. Sampling technique on this researh using simple random sampling technique. Data collection methods in this research are collecting financial data and distribute research questionnaires. The analysis in this research are financial ratios analysis and descriptive analysis for research questionnaire. The results of this study show that: (1) financial perspective shows bad result because of the accumulation of receivables which later can become uncollectible receivables and will harm the company; (2) customer perspective shows good result although the application development for android users is still not maximized; (3) internal business perspective shows good result even though the company has not fully appreciated the achieving of employees; and (4) learning and growth perspective shows good result.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/600/051808357
Uncontrolled Keywords: Penilaian Kinerja, Balancd Scorecard, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.-Performance Measurement, Balanced Scorecard, financial perspective, customer perspective, internal business perspective and learning and growth perspective.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management > 658.401 2 Planning and policy making
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 01 Apr 2019 07:31
Last Modified: 25 Oct 2021 06:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162525
[thumbnail of Murni Wahyuningsih.pdf]
Preview
Text
Murni Wahyuningsih.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item