Studi Potensi Penumpang pada Rencana Pembangunan Bandar Udara di Tulungagung

Khairunnisa, Rahmasari and Firdausy, Nuur Annisa (2017) Studi Potensi Penumpang pada Rencana Pembangunan Bandar Udara di Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dengan adanya surat Usulan Pembangunan Bandar Udara Umum di Kabupaten Tulungagung yang dikeluarkan oleh Gubernur Jawa Timur kepada Menteri Perhubungan RI, bahwa sebagai upaya percepatan pertumbuhan ekonomi di wilayah Selatan Jawa Timur karena wilayah tersebut memiliki potensi alam yang masih belum seluruhnya termaksimalkan dan untuk membuka akses transportasi udara ke Kabupaten atau Kota yang masuk wilayah eks karesidenan Kediri. Perencanaan pembangunan Bandar udara di Tulungagung juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi udara yang diperkirakan cukup tinggi. Tujuan studi ini (1) mengetahui karakteristik umum responden yang akan menggunakan Bandar Udara di Tulungagung, (2) memprediksi jumlah penumpang Bandar Udara di Tulungagung, (3) menentukan rute perjalanan yang dapat terlayani oleh Bandar Udara di Tulungagung, (4) menentukan kisaran tarif perjalanan sesuai dengan rute yang terlayani oleh Bandar Udara di Tulungagung. Metode analisis yang digunakan adalah Stated Preference untuk memperoleh potensi penumpang pesawat terbang. Data primer diperoleh melalui wawancara dan pembagian kuesioner yang digunakan dalam studi sebanyak 400 responden. Sedangkan data sekunder yang dibutuhkan yaitu jumlah penduduk yang didapatkan dari BPS, jumlah penumpang kereta api ekekutif yang didapatkan dari PT KAI, jumlah penumpang travel yang didapatkan dari biro perjalanan. Berdasarkan hasil analisis dengan software dapat diketahui karakteristik umum responden dan karakteristik perjalanan responden. Dari hasil analisis Stated Preference dengan menggunakan atribut selisih biaya perjalanan (ΔX1) pada kereta api UPT-UKA = 3,913-0,00000836 (ΔX1) dan pada travel UPT-UT = 4,54-0,0000138 (ΔX1). Dari atribut selisih biaya perjalanan (ΔX1) potensi penumpang yang berpindah dari angkutan kereta api ke pesawat terbang sebanyak 82 orang setiap hari bila selisih biaya perjalanan harga Rp 225.000,00, sedangkan potensi penumpang yang berpindah dari angkutan travel ke pesawat terbang sebanyak 24 orang bila selisih biaya perjalanan Rp 225.000,00. Berdasarkan hasil analisis rute yang nantinya dapat terlayani oleh Bandar Udara Tulungagung adalah Tulungagung-Jakarta dan kisaran tarif perjalanan sesuai rute tersebut berkisar antara Rp. 710.000,- sampai dengan Rp. 1.170.000,-.

English Abstract

With the letter of Proposal of Airport Development in Tulungagung Regency issued by East Java Governor to Minister of Transportation, that as an effort to accelerate economic growth in South East Java region because the area has natural potency which still not fully maximized and to open access of air transportation To the Regency or City that entered the territory of former residency of Kediri. The airport development plan in Tulungagung is also to meet the public demand for air transportation which is estimated to be quite high. The purpose of this study (1) to know the general characteristics of respondents who will use the airport in Tulungagung, (2) to predict the number of airport passengers in Tulungagung, (3) to determine the route of travel that can be served by the airport in Tulungagung; (4) Travel according to the route served by the airport in Tulungagung. The analytical method used is Stated Preference to obtain potential airline passengers. Primary data were obtained through interviews and questionnaire distributions used in the study of 400 respondents. While secondary data needed is the number of residents obtained from BPS, the number of passenger train executives obtained from PT KAI, the number of travel passengers obtained from the travel agency. From the analysis with software can know the general characteristics of respondents and the characteristics of travel responder. From the analysis result of Stated Preference by using attribute of travel cost increment (ΔX1) on train UPT-UKA = 3,913-0,00000836 (ΔX1) and on travel UPT-UT = 4,54-0,0000138 (ΔX1). From the difference in travel costs of attributes (ΔX1) the potential of passengers moving from railway to airplane is 82 people per day when the difference in travel costs is Rp 225.000,00, while potential of passengers moving from travel to airplane is 24 people if difference in travel costs is Rp 225.000,00. Based on the results of the route analysis that can be served by Tulungagung Airport is Tulungagung-Jakarta and the range of travel fares according to the route ranges from Rp. 710.000, - up to Rp. 1.170.000, -.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/689/051707289
Uncontrolled Keywords: Stated Preference (SP), Moda Kereta Api dan Travel, Tulungagung, Potensi Penumpang Pesawat Terbang
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.1 Aerospace engineering > 629.13 Aeronautics > 629.136 Airports / Airports--Planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2017 06:16
Last Modified: 19 Nov 2024 03:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1625
[thumbnail of skripsi.pdf] Text
skripsi.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item