Wicaksana, Chandra Yoga (2018) Studi Perencanaan Terowongan Pengelak Bendungan Lubuk Ambacang Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bangunan pengelak dibangun pada awal konstruksi bendungan. Bangunan berfungsi untuk mengalihkan aliran sungai selama periode pelaksanaan konstruksi. Pada saat akhir konstruksi terowongan pengelak ini akan dijadikan sebagai pelimpah darurat. Dari perencanaan bangunan pengelak yang sudah ada di desain berbentuk tapal kuda, maka dicoba menganalisis perencanaan baru dengan alternatif berbentuk lingkaran sehingga dapat dibandingkan antara perencanaan sebelumnya dengan perencanaan yang baru. Pada Studi ini, akan dilakukan perencanaan terowongan pengelak pada bendungan Lubuk Ambacang yang perlu dilakukan yaitu Penentuan Bentuk Terowongan, Diameter terowongan, Penelusuran Banjir 5 tahun dengan debit banjir sebesar 4742 m3/detik, Perhitungan Pembebanan, Penulangan Terowongan dan Treatment. Hasil dari studi perencanaan terowongan pengelak ini yaitu Terowongan berbentuk lingkaran dengan diameter 9 m. Dengan Momen Maksimum Atas : 2.16 KNm, Momen Maksimum Bawah : 3.56 KNm, Momen Maksimum Samping : 3.56 KNm. Serta menggunakan tulangan D25-100 untuk tulangan utama dan tulangan D19-100 untuk tulangan bagi.
English Abstract
Diversion Tunnel built in the early construction of the dam. The building serves to divert the river flow during the period of construction. At the end of construction, this tunnels will serve as an emergency spillway. From existed horseshoe spillway in this study to be analyzed new design with circle shape thus can be compared the new design with the existed design In this study will be designed diversion tunnels on Lubuk Ambacang Dam, First thing to do is designing the shape of diversion channel. Diameter of diversion tunnels with 5 years flow 4742 m3/second, Load calculation, Reinforced Tunnels, and Treatment. From this diversion tunnel study resulted diversion tunnel with circle shape 9 m diameter. Maximum top moment : 2.16 KNm, Maximum bottom moment 3.56 KNm, Maximum side moment : 3.56 KNm. Main reinforced bar D25-100 and D19-100 for secondary reinforced bar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2018/935/051809473 |
Uncontrolled Keywords: | Terowongan Pengelak, Penelusuran Banjir, Pembebanan, Momen Maksimum, Perhitungan Penulangan,Sementasi Diversion Tunnel, Flood Routing,Load, Maximum Moment, Reinforcement,Grouting |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.8 Dams and reservoirs |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Pengairan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 02:23 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 03:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162493 |
Preview |
Text
Chandra Yoga Wicaksana.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |