Kualitas Pelayanan Pensiunan Pada Peserta Pensiun di PT. Taspen (Persero) Cabang Madiun

Syafrida, Veronica (2018) Kualitas Pelayanan Pensiunan Pada Peserta Pensiun di PT. Taspen (Persero) Cabang Madiun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan merupakan suatu tindakan dan cara melayani orang lain untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dan keinginannya. PT. TASPEN (Persero) Cabang Madiun sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diberi mandat oleh pemerintah dalam mengelola dan menyelenggarakan program pensiun dalam rangka menjamin dan meningkatkan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Peserta pensiun adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah memasuki masa pensiun atau meninggal pada masa aktifnya, dan hak pensiunnya diberikan kepada janda/duda/anaknya sebelum berumur 25 tahun. Tujuan program pensiun untuk memberikan jaminan hari tua kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada saat mencapai usia pensiun dan sebagai penghargaan atas jasa-jasanya selama bekerja pada negara. PT. Taspen (Persero) Cabang Madiun diberikan wewenang untuk menyelenggarakan pembayaran pensiun di wilayah Madiun. Produk-produk pelayanannya sebagian besar merupakan produk asuransi diantaranya Tabungan Hari Tua (THT) dan dana pensiun. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kota Madiun, sedangkan situsnya berada di Kantor PT. Taspen (Persero) Cabang Madiun. Sumber datanya primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumendokumen yang berhubungan dengan tema tersebut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Untuk menciptakan kualitas dan menumbuhkan kepercayaan secara terusmenerus dari peserta pensiun akan suatu pelayanan tidaklah mudah. PT. Taspen (Persero) Cabang Madiun sebagai salah satu lembaga kepercayaan masyarakat untuk pelayanan untuk memberikan kepuasan bagi para pensiunan. Perhatian tidak hanya terbatas pada produk jasa yang dihasilkan saja, tetapi juga pada aspek proses, Sumber Daya Manusia (SDM), serta lingkungannya. Aspek-aspek tersebut sangat penting diperhatikan karena semua itu temasuk sebuah pelayanan untuk menunjang kepuasan. Menjaga kelancaran pendistribusian dana pensiun kepada peserta pensiun serta selalu mengedepankan pelayanan yang optimal. Untuk itu PT. Taspen (Persero) Cabang Madiun selalu berusaha memberikan pelayanan yang berkualitas.

English Abstract

Service is an act and a way of serving others to fulfill their needs and wants. PT. TASPEN (Persero) Branch of Madiun as a State Owned Enterprise (SOE) which is mandated by the government in managing and organizing pension programs in order to guarantee and improve the welfare of Civil Servants (PNS). The retired participant is a civil servant who has retired or died during his / her active period, and his / her pension is granted to the widow / widower / child before the age of 25 years. The purpose of the pension plan is to provide old age pensions to Civil Servants (PNS) upon retirement age and in recognition of his services while working in the country. PT. Taspen (Persero) Branch of Madiun is authorized to hold pension payments in the Madiun region. Its service products are mostly insurance products including Old Age Savings (ENT) and pension funds. Type of descriptive research with qualitative approach located in Madiun City, while the site is in the Office of PT. Taspen (Persero) Branch Madiun. Primary data sources were obtained from interviews from related informants, while secondary data were obtained from documents relating to the theme. Techniques of collecting data through interviews, observation, and documentation. While the research instrument is the researcher himself, and some supporting tools such as interview guides, and other aids. To create quality and continually grow trust from retirement participants, a service is not easy. PT. Taspen (Persero) Branch Madiun as one of public trust institution always try to give and improve service quality to give satisfaction for pensioner. Attention is not limited only to products produced services, but also on aspects of the process, Human Resources (HR), and the environment. These aspects are very important to note because they include a service to support satisfaction. Maintain the smooth distribution of pension funds to pension participants and always prioritize optimal service. For that PT. Taspen (Persero) Branch Madiun always try to provide quality service.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/907/051810856
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Pegawai, Pensiun-Service, Employee, Retirement
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.5 Public administration of social warfare > 353.54 Income maintenance
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 May 2019 03:30
Last Modified: 22 Oct 2021 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162475
[thumbnail of Veronica Syafrida.pdf]
Preview
Text
Veronica Syafrida.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item