Fatmasari, Amelia Rena (2018) Analisis Postur Kerja Pada Pengemudi Catamaran Motorboat Dengan Pendekatan Biomekanika. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Catamaran Motorboat merupakan pengembangan desain lambung kapal katamaran (lambung ganda) ukuran kecil dengan mesin penggerak sepeda motor. Pembuatan Catamaran Motorboat ini bertujuan untuk memudahkan kegiatan sehari-hari warga Indonesia di perairan yang masih kesulitan dalam transportasinya, baik dalam kegiatan perikanan, kegiatan transportasi menuju sekolah, wisata bahari, ataupun tempat lainnya yang membutuhkan fasilitas transportasi antardaratan baik sungai, antarpulau kecil, rawa dan danau. Berdasarkan hasil wawancara dengan pembuat, prototype Catamaran Motorboat belum menggunakan pendekatan ergonomi dalam pembuatannya. Dimana peran ergonomi adalah penyesuaian pekerjaan dengan kondisi tubuh dan keterbatasan manusia atau istilah umumnya adalah “fitting the task to the man”. Penyesuaian yang dapat dilakukan adalah penyesuaian ukuran tempat kerja dengan dimensi tubuh manusia (antropometri). Apabila dimensi stasiun kerja tidak sesuai dengan dimensi antropometri, pengemudi dapat berpotensi mengalami MSDs. Hal ini berkaitan dengan dengan salah satu faktor penyebab MSDs yaitu sikap kerja tidak alamiah dan penyebab kombinasi (antropometri). Berdasarkan hasil pengukuran dimensi komponen-komponen pada Catamaran Motorboat yang mempengaruhi postur kerja pengemudi, didapatkan bahwa dimensi komponen-komponen Catamaran Motorboat memiliki perbedaan dengan nilai data antropometri penelitian awal. Hal ini berarti bahwa Catamaran Motorboat perlu dilakukan peninjauan lebih jauh terkait dimensi antromopetrinya. Selain itu, hasil wawancara dengan pengemudi juga didapatkan bahwa pada saat uji coba, Catamaran Motorboat belum nyaman dalam penggunaannya. Hal ini juga mengindikasikan kemungkinan terjadinya MSDs pada pengemudi. Selain itu, kegiatan mengemudi Catamaran Motorboat dilakukan dengan mengendalikan setir ke kiri dan kanan seperti mengemudi sepeda motor sesuai dengan arah yang ingin dituju. Dalam aktivitas tersebut tentunya melibatkan pergerakan rangka tubuh yang memungkinkan terjadinya faktor penyebab MSDs lainnya yaitu peregangan yang berlebihan (overexertion) dan sikap kerja tidak alamiah. Untuk menyelesaikan permasalahan di atas, dilakukan identifikasi komponen-komponen yang mempengaruhi postur kerja pengemudi saat mengemudi Catamaran Motorboat. Setelah itu, dilakukan penyesuaian dimensi komponen-komponen tersebut dengan dimensi antropometri. Dimensi antropometri yang digunakan adalah Antropometri Indonesia. Sehingga didapatkan rekomendasi perbaikan rancangan Catamaran Motorboat. Dari rekomendasi perbaikan rancangan Catamaran Motorboat, maka dapat dilakukan suatu perhitungan untuk mengetahui nilai gaya yang diterima oleh tubuh berdasarkan biomekanika. Dari hasil perhitungan gaya berdasarkan biomekanika didapatkan bahwa dari ketiga kelompok segmen tubuh, nilai gaya yang diterima berada jauh di bawah nilai beban otot maksimal yang diperbolehkan. Hal ini berarti aktivitas mengemudi Catamaran Motorboat tidak berpotensi menyebabkan terjadinya MSDs pada pengemudi secara signifikan. Selain itu, pada perhitungan nilai momen inersia berdasarkan biomekanika, segmen tubuh head, neck, and trunk memiliki selisih nilai yang cukup besar apabila dibandingkan dengan segmen tubuh yang lain. Dimana hal ini mempengaruhi kestabilan pengemudi saat mengemudi Catamaran Motorboat.
English Abstract
Catamaran Motorboat is a development of catamaran hull design (two hull) in small size with a motorcycle engine. The making of Catamaran Motorboat aims to facilitate the daily activities of Indonesian citizens in the water that are still difficult in transportation, as in fisheries activities, transportation activities to schools, marine tourism, or other places that require transport facilities between the river, small islands, swamps and lake. Based on the results of interview with the maker, the prototype of Catamaran Motorboat was not made with the ergonomics approach. Which ergonomics have a role in adjusting the work to the human condition and human limitations or the in general term is “fitting the task to the man”. The adjustment that can be conducted is adjusting the workstation dimensions with the human dimensions (anthropometric dimensions). If the workstation dimensions is not appropriate with anthropometric dimensions, the driver of Catamaran Motorboat can be potentially occurs MSDs. This is related to one of MSDs cause factors that is unnatural work posture and combination cause (anthropometric). Based on the measurement of Catamaran Motorboat’s components that give an impacts to the driver’s work posture, the dimension of Catamaran Motorboat’s components have differences with anthropometric data. This means that Catamaran Motorboat has to conducted a detailed contemplation. The results of interview with the driver, the driver of Catamaran Motorboat is also not comfortable when using it in ship examination. This is also indicated the probability of MSDs occurrence for the driver. Beside that, driving activities in Catamaran Motorboat are done by controlling the steering wheel to the left and right as driving a motorcycle in accordance to the intended direction. This activity involved the movement of the skeletal body that allows the occurrence of the factors of MSDs, like overexertion and unnatural work posture. To solve the problems above, the identification of the components that give an impact to the work posture is needed. After that, the adjustment of the components’ dimensions to the anthropometric dimension is conducted. Anthropometric dimension that used in this research is Antropometri Indonesia. So, the improvement recommendation of Catamaran Motorboat is obtained. From the recommendation, a calculation is performed to find the value of force received by the body in each segments based on biomechanics. The result of biomechanics calculation obtained that from the three groups of body segments, the value of force that received by those body segments is far below the maximal load that allowed for the muscles. This means the activities of driving Catamaran Motorboat is not potentially cause the occurrence of MSDs for the driver. For the value of moment inertia, the head, neck, and trunk body segment has a major value of difference when compared to other body segments which influences the stability of the driver while driving Catamaran Motorboat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2018/791/051808264 |
Uncontrolled Keywords: | biomekanika, dimensi antropometri, MSDs anthropometric dimension, biomechanics, MSDs |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 01:26 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 07:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162470 |
Preview |
Text
Amelia Rena Fatmasari.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |