Analisis Tingkat Kebisingan dan Getaran pada Pengemudi dan Penumpang Catamaran Motorboat

Naibaho, Cindy Megarani (2018) Analisis Tingkat Kebisingan dan Getaran pada Pengemudi dan Penumpang Catamaran Motorboat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Catamaran motorboat merupakan hasil riset terapan desain pertama Bapak Sunardi, ST., MT, salah satu dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya dimana hasil riset ini selesai pada tahun 2017. Catamaran motorboat adalah salah satu transportasi air berupa kapal kecil yang dijadikan sebagai solusi untuk masyarakat yang transportasi utamanya di perairan dan memiliki permasalahan seperti transportasi air masih bersifat terbatas, tidak efisien dan mahal biaya operasionalnya. Pembuatan catamaran motorboat ini hanya mempertimbangkan kecepatan dan kemudahan dalam penggunaannya tetapi tidak mempertimbangkan faktor lingkungan fisiknya sehingga masih terdapat permasalahan terkait lingkungan fisik. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi pada pengujian kapal diketahui bahwa faktor lingkungan kerja fisik yang mengganggu adalah kebisingan dan getaran. Penelitian ini menghitung rata-rata kebisingan dan nilai getaran yang didengar oleh pengemudi dan penumpang catamaran motorboat. Kebisingan yang dialami oleh pengemudi catamaran motorboat adalah sebesar 92,18 dB dan pada penumpang catamaran motorboat sebesar 87,38 dB. Kedua nilai ini melebihi batas yang diperbolehkan International Maritime Organization (IMO), yaitu melebihi 75 dB. Nilai getaran diperoleh dengan menghitung nilai VDV (Vibration Dose Value), yaitu sebesar 11,9353 m/s1,75 pada tempat duduk pengemudi dan 10,8792 m/s1,7 pada tempat duduk penumpang. Nilai VDV pada tempat duduk pengemudi dan penumpang catamaran motorboat melebihi batas yang diijinkan yaitu lebih besar dari 9,1 m/s1,75. Selanjutnya dilakukan identifikasi penyebab kebisingan dan getaran dengan menggunakan cause and effect diagram. Berdasarkan identifikasi tersebut diketahui bahwa penyebab kebisingan adalah material yang tidak efektif meredam bunyi dan getaran yang bersumber dari pemilihan mesin yang tidak tepat. Alternatif rekomendasi perbaikan yang diberikan untuk mengurangi kebisingan adalah: menambah alat peredam bunyi pada ruang mesin, yaitu Acourete Mat Resin 2A yang dapat meredam getaran sebesar 20 dB serta mengganti komposisi material utama catamaran motorboat, yaitu mengganti mat dan roving dengan bahan organik serat sansivera trifaciata (daun lidah mertua) dan polystyrene sebagai filler sedangkan serbuk talk, resin dan pigmen warna tetap digunakan sebagai matriks. Alternatif rekomendasi perbaikan yang diberikan untuk mengurangi getaran adalah: mengganti mesin dengan dua unit baterai lithium ion yang akan menghasilkan getaran yang sangat kecil, serta menambah alat peredam getaran yaitu Regupol Vibration 300 dengan tebal 17 mm. Menurut DIN EN 14904, Regupol Vibration 300 dapat meredam getaran sebesar 73%.

English Abstract

Catamaran motorboat is the result of applied research of the first design of Sunardi, ST., MT, one lecturer of Faculty of Fisheries and Marine Science Universitas Brawijaya where the results of this research is completed in 2017. Catamaran motorboat is one of water transportation in the form of small vessels that serve as a solution for people whose primary transportation is in the waters and have problems such as water transportation is limited, inefficient and costly to operate. Making this catamaran motorboat only consider the speed and ease of use but do not consider the physical environmental factors so there are still problems related to the physical environment. Based on the results of interviews and observations on the ship examination is known that the physical work environment that interferes with the noise and vibration. This research calculates the average noise and vibration value heard by the driver and passenger catamaran motorboat. The noise heard by the driver catamaran motorboat is 92.18 dB and the passenger catamaran motorboat of 87.38 dB. Both of these values exceed the limits allowed by International Maritime Organization (IMO), which exceeds 75 dB. Vibration value is obtained by calculating the value of VDV (Vibration Dose Value), that is equal to 11,9353 m/s1,75 on driver's seat and 10,8792 m/s1,75 on passenger seat. The VDV value on the driver's seat and the passenger of the motorbike catamaran exceeds the allowable limit of greater than 9,1 m/s1,75. Further identification of causes of noise and vibration by using cause and effect diagram. Based on the identification is known that the cause of noise is a material that is not effective to muffle sound and vibration that comes from improper engine selection. Alternative recommendations to reduce noise are: add noise damper in machine room, that is Acourete Mat Resin 2A which can dampen in the amount of 20 dB, and change the main material composition of catamaran motorboat, that is replace mat and roving with organic material of sansivera trifaciata and polystyrene as filler whereas powder talk, resin and color pigment are still used as matrix. Alternative recommendations for improvement are: replace the machine by using two units of lithium ion batteries that will produce a very small vibration, and add a vibration damper Regupol Vibration 300 with 17 mm thick. According to DIN EN 14904, Regupol Vibration 300 can absorb vibrations by 73%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/790/051808263
Uncontrolled Keywords: Catamaran motorboat, cause and effect diagram, vibration dose value Catamaran motorboat, cause and effect diagram, vibration dose value
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 623 Military and nautical engineering > 623.8 Nautical engineering and seamanship > 623.82 Nautical craft
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Jan 2019 01:20
Last Modified: 28 Oct 2021 07:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162468
[thumbnail of Cindy Megarani Naibaho.pdf]
Preview
Text
Cindy Megarani Naibaho.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item