Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang Pada Simpang Bersinyal Dengan Countdown Timer Di Kota Malang

Anggoro, Dikka (2018) Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang Pada Simpang Bersinyal Dengan Countdown Timer Di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Simpang bersinyal sebagai titik simpul pertemuan kendaraan dari beberapa ruas jalan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam menciptakan kondisi kinerja suatu ruas jalan. Salah satu metode pengendalian simpang adalah dengan menggunakan lampu lalu lintas bersinyal atau menggunakan alat countdown timer yang bertujuan untuk mengatasi konflik pergerakan antar kendaraan dari tiap – tiap pendekat yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui nilai ekivalensi mobil penumpang (emp) untuk kendaraan bermotor pada simpang bersinyal dengan countdown timer (CDT) dan tanpa countdown timer (CDT) pada daerah studi dan mengevaluasi perbedaan nilai ekivalensi mobil penumpang berdasarkan MKJI 1997 dengan nilai emp hasil perhitungan. Observasi dilakukan dengan menggunakan kamera video selama 2 jam pada 11 lengan pendekat di Kota Malang antara lain simpang Ciliwung, BCA, Dieng, LA. Sucipto dan Rampal. Analisa dilakukan dengan berfokus pada data saat keadaan kondisi jenuh. Dari semua lengan terkumpul data sebanyak 913 siklus yang digunakan untuk analisis selanjutnya dengan membagi waktu sinyal dalam potongan waktu 3 detik. Hasil analisis menunjukan nilai arus jenuh minimum pada kondisi on sebesar 4.767 kend/jam (Jl LA. Sucipto (T)) sedangkan kondisi off 4.159 kend/jam (Jl. Semeru). Sedangkan nilai arus jenuh maksimum pada kondisi on sebesar 12.139 kend/jam (Jl. Galunggung) sedangkan kondisi off 11.629 kend/jam (Jl. Galunggung). Kemudian untuk nilai emp rata – rata untuk jenis kendaraan ringan (MC) pada kondisi on dan off ialah 0,294 dan 0,293. Sedangkan untuk jenis kendaraan berat (HV) pada kondisi on dan off ialah 1,565 dan 1,507. Sedangkan adanya perbedaan secara signifikansi antara nilai emp hasil analisis dengan nilai MKJI 1997 dengan tingkat kepercayaan dalam signifikansi sebesar 95%. Untuk persentase jenis kendaraan motor (MC) apabila nilai persentase 70% maka nilai emp akan meningkat sedangkan untuk jenis kendaraan berat (HV) apabila persentase diatas 1,5 % maka nilai emp akan meningkat dikarenakan jenis HV memiliki dimensi yang besar.

English Abstract

Signalized intersection as the node of the meeting of vehicles of several roads has a very big influence in creating the performance condition of a road. One method of controlling the intersection is to use a signalized traffic light or use a countdown timer tool that aims to overcome the conflict of movement between vehicles of each different approach. The purpose of this research is to know the value of equivalence passenger car (pcu) for motor vehicle at signalized intersection with countdown timer (CDT) and without countdown timer (CDT) in study area and to evaluate the difference of the value of equivalence passenger car based on MKJI 1997 with the pcu’s value from the calculation. The observation was done by using camera video for 2 hours on 11 approaching arms in Malang City, among others, Ciliwung, BCA, Dieng, LA. Sucipto and Rampal. The analysis is done by focusing on the data when the condition is saturated. From all arms collected data as much as 913 cycles used for further analysis by dividing the time of the signal on the time slice in 3 seconds. The analysis result shows the minimum current saturation value at the condition is on is 4.767 vehicle / hour (LA Sucipto (E) Street) while the condition was off is 4.159 vehicle / hour (Semeru Street). While the maximum current saturation value on the condition of 12,139 vehicle / hour (Galunggung Street) while the condition off 11.629 vehicle / hour (Galunggung Street). Then for the average pcu value for the type of motorcycle (MC) at on and off condition is 0,294 and 0,293. As for the types of heavy vehicles (HV) at on and off conditions are 1.565 and 1.507. While there is a significant difference between the value of pcu analysis results with the value of MKJI 1997 with a level of confidence in the significance of 95%. For percentage of motorcylce type (MC) if the percentage value of 70% the pcu value will increase while for heavy vehicle type (HV) if the percentage is above 1.5% then the value of emp will increase because HV type has big dimension.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/388.413 12/ANG/n/2018/041802280
Uncontrolled Keywords: TRAFFIC ENGINEERING, SIGNALIZED INTERSECTIONS, TRAFFIC SIGNS AND SIGNALS - CONTROL SYSTEMS, RAILROAD PASSSENGER CARS
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.4 Local transportation > 388.41 Vehicular and pedestrian traffic > 388.413 Activities and services > 388.413 12 Traffic engineering (Urban)
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Jan 2019 07:25
Last Modified: 21 Oct 2021 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162463
[thumbnail of DIKKA ANGGORO.pdf]
Preview
Text
DIKKA ANGGORO.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item