Putri, Amelya Yustiana (2018) Analisis Penerapan Pembayaran Pajak Restoran Berbasis Elektronik (Studi Kasus Pada Penerapan e-Tax di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pembayaran pajak berbais elektronik atau e-Tax merupakan metode penyetoran, pelaporan dan penghitungan data transaksi yang dilakukan secara online system. Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Kota Malang menyediakan alat e-Tax sangat terbatas karena alat tersebut didapat oleh Bank BRI, hal tersebut mengakibatkan penggunaan e-Tax belum merata. Warung Ijen merupakan Wajib Pajak yang terdaftar berpartisipasi dalam program e-Tax, namun dalam penerapannya Warung Ijen masih dalam status terpasang. Status terasang berarti hanya pemasangan alat e-Tax dan masih melakukan pembayaran manual dengan pergi ke Bank, selain itu Warung Ijen pernah mengalami kesalahan menghitung dalam proses pengoperasian e-Tax. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembayaran pajak restoran berbasis elektronik serta faktor-faktor dukungan dan hambatannya. Penelitian ini menggunakan jenis studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini berasal dari hasil pengamatan dan wawancara. Data sekunder dalam penelitian ini meliputi dokumen, catatan, laporan serta arsip yang berkaitan dengan penelitian. Hasilnya adalah penerapan e-Tax di Kota Malang masih belum berjalan dengan baik karena masih ada hambatan. Salah satu hambatannya adalah belum ada kewajiban bagi Wajib Pajak yang mengharuskan menggunakan sistem komputer. Disisi lain penerapan e-Tax juga memiliki dukungan dari dua pihak yaitu BPPD dan Wajib Pajak Restoran. Dukungan yang utama adalah pemberian alat e-Tax beserta jaringan internet (modem) secara gratis kepada Wajib Pajak.
English Abstract
Electronic pawn tax payment or e-Tax is a method of depositing, reporting and calculating transaction data conducted online system. The Local Tax Service Board (BPPD) of Malang City provides very limited e-Tax tools because the tool is obtained by Bank BRI, it causes the use of e-Tax is not evenly distributed. Warung Ijen is a registered Taxpayer participating in the e-Tax program, but in its application Warung Ijen is still in installed status. Installed status means only the installation of e-Tax equipment and still making manual payments by going to the Bank, in addition Warung Ijen never experienced errors count in the process of e-Tax operation. This study aims to determine the application of electronic tax based restaurant payment as well as the factors of support and obstacles. This research uses case study approach with qualitative research type. The data used are primary data and secondary data. Primary data in this study comes from the results of observations and interviews. Secondary data in this study include documents, records, reports and archives relating to research. The result is the implementation of e-Tax in Malang is still not running well because there are still obstacles. One of the obstacles is that there is no obligation for the Taxpayer to use computer system and sanction. On the other hand the implementation of e-Tax also has the support of two parties namely BPPD and Restaurant Taxpayers. The main support is the provision of e-Tax tools along with internet network (modem) for free to the Taxpayer
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/570/051808159 |
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Pembayaran Pajak Restoran Berbasis Elektronik, e-Tax, Pajak Restoran,-Restaurant Tax, Implementation of Electronic-Based Tax Payment of Restaurants, e-Tax, |
Subjects: | 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 01 Apr 2019 01:55 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 08:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162437 |
Preview |
Text
Amelya Yustiana Putri.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |