Penerapan e-Government Dalam Pelayanan Publik Melalui Sistem Pajak Online (e-tax) (Studi Pada Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang)

Untari, Fitria (2018) Penerapan e-Government Dalam Pelayanan Publik Melalui Sistem Pajak Online (e-tax) (Studi Pada Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerapan Sistem Pajak Online (e-tax) ini didasarkan dengan kewenangan Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang sebagai bentuk penerapan kebijakan pemerintah. Pemerintah Kota Malang sedang intensif meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari sektor pajak yaitu salah satunya dengan Sistem Pajak Online (etax). Sistem ini diberlakukan untuk mengoptimalkan penerimaan pajak, meningkatkan efisiensi administrasi pajak baik dari manajemen pencatatan pajak, serta memberikan inovasi cara pembayaran pajak kepada masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh 2 fokus penelitian yaitu (1) Penerapan e-Government Dalam Pelayanan Publik Melalui Sistem Pajak Online (e-tax) (Studi Pada Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang); (2) Faktor Penghambat Penerapan eGovernment Dalam Pelayanan Publik Melalui Sistem Pajak Online (e-tax) (Studi Pada Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi di lapangan. Sedangkan analisa data yang digunakan adalah Analisa data model Creswell. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Penerapan e-Government Dalam Pelayanan Publik Melalui Sistem Pajak Online (e-tax) (Studi Pada Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang) telah melaksanakan penerapan eGovernment dalam pelayanan publik dengan baik pada sistem pajak online (etax). Komunikasi yang dilakukan Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang Kepada Bank BRI dan Wajib Pajak sudah berjalan dengan baik terlihat dari masing-masing pihak memahami peran dan tugasnya. Mekanisme pelayanan sistem pajak online (e-tax) telah sesuai dengan Peraturan Walikota Malang Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Perwal No 20 Tahun 2013 Tentang Tata Cara Pembayaran, Penyetoran, Tempat Pembayaran, Angsuran, dan Penundaan Pembayaran Pajak Daerah. Penerapan sistem pajak online (e-tax) ini dirasa belum sepenuhnya efisien karena tidak semua wajib pajak dapat menggunakan sistem tersebut, antara lain yang menjadi faktor penghambat adalah infrastruktur dimana tidak semua wajib pajak menggunakan alat atau sarana yang kompetibel untuk sistem e-tax serta sering terjadi permasalahan pada perangkat e-tax. Budaya masyarakat yang tidak terbiasa dengan hadirnya teknologi dan ketidakmauan untuk mempelajari hal baru. Maka perlu dilakukan sosialisasi lebih lanjut kepada masyarakat agar mau beralih menggunakan sistem e-tax serta perlunya perawatan alat secara berkala untuk mempermudah wajib pajak menggunakan sistem tersebut.

English Abstract

Implementation of the Online Tax System (e-tax) is based on authority of Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang as a form of implementation of Government policy. Malang city government is intensively increasing the local revenue from the tax sector one of which is with the online tax system. The online tax system is applied to optimize tax revenues, improving the efficiency of tax administration both from the tax record management, as well as provide tax payment innovation to the community. This research is descriptive research with qualitative approach and limited to two research focus those are (1) Implementation of e-Government in the Public Service Through the Online Tax System (e-tax) (Study on Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang); (2) Inhibiting Factor of the Implementation of eGovernment in the Public Service Through the Online Tax System (e-tax) (Study on Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang). The data used is obtained by observation, interviews, and documentation on the field. While the data analysis model being used is the Creswell model data analysis. The results of this study indicate that Implementation of e-Government in the Public Service Through the Online Tax System (e-tax) (Study on Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang) has perform the implementation of eGovernment in the public service properly on the online tax system (e-tax). Communications made by the Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang to Bank BRI and Taxpayers are running well seen from each side understand the role and duties. The mechanism of service of the online tax system (e-tax) has been in accordance with Peraturan Walikota Malang Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Perwal No 20 Tahun 2013 Tentang Prosedur Pembayaran, Setoran, Tempat Pembayaran, Angsuran, dan Penundaan Pembayaran Pajak Daerah. Implementation of the online tax system (e-tax) is perceived not fully efficient because not all taxpayers can use the system, which become the inhibiting factor is the infrastructure where not all taxpayers using a compatible tools for e-tax system and often there was a problem with the e-Tax device. The community culture is unfamiliar with the presence of technology and the unwillingness to learn new things. It is necessary to further socialize to the community to want to switch to using e-tax system and the need for regular maintenance tools to facilitate taxpayers using the system.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/597/051808354
Uncontrolled Keywords: e-Government, Pendapatan Asli Daerah, Sistem Pajak Online (e-tax)- e-Government, Local Revenue, Online Tax System (e-tax)
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.64 Size of enterprises > 338.642 Small business
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 29 Mar 2019 02:05
Last Modified: 25 Oct 2021 06:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162374
[thumbnail of Fitria Untari.pdf]
Preview
Text
Fitria Untari.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item