Manajemen Lalu Lintas untuk Meningkatkan Kinerja Simpang dan Kinerja Jalan di Jalan Gajayana dan Jalan Sumbersari Kota Malang

‘Azizah, Laila (2018) Manajemen Lalu Lintas untuk Meningkatkan Kinerja Simpang dan Kinerja Jalan di Jalan Gajayana dan Jalan Sumbersari Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jalan Gajayana dan Jalan Sumbersari merupakan salah satu jalan yang menghubungkan pergerakan dari arah Kota Batu ke Pusat Kota Malang dan ke Kota Malang bagian selatan. Pergerakan yang tinggi pada jalan tersebut akan berpengaruh terhadap tingginya volume lalu lintas yang dapat menyebabkan kemacetan. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun manajemen lalu lintas yang sesuai untuk meningkatkan kinerja simpang dan kinerja jalan di Jalan Gajayana dan Jalan Sumbersari Kota Malang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis analisis kinerja simpang bersinyal, analisis kinerja simpang tak bersinyal, analisis kinerja jalan, dan analisis manajemen lalu lintas. Hasil dari penelitian ini adalah kinerja simpang, simpang bersinyal MT. Haryono berada pada tingkat pelayanan/LOS F dengan nilai tundaan/D=169,18 (det/smp), simpang bersinyal Veteran berada pada LOS F dengan D=164,82 (det/smp), dan simpang tak bersinyal Gajayana berada pada LOS F dengan peluang antrian/QP=40-79%. Sedangkan kinerja Jalan Gajayana berada pada LOS F (derajat kejenuhan/DS=1,14) dan Jalan Sumbersari berada pada LOS F (DS=1,04). Alternatif terpilih pada simpang bersinyal MT. Haryono, simpang bersinyal Veteran dan simpang tak bersinyal Gajayana yaitu pemisahan tipe pergerakan/pemindahan rute arus lalu lintas yang dikombinasikan dengan perbaikan simpang, manajemen ruas jalan, dan optimalisasi lampu lalu lintas, sehingga setelah penerapan alternatif terpilih, LOS simpang meningkat menjadi LOS C dan LOS jalan juga meningkat menjadi LOS C.

English Abstract

Gajayana Street and Sumbersari Street are one of the road that connects the movement from Batu City to the center Malang City and to the southern Malang City. The high movement on the road will affect to the high volume of traffic that can cause congestion. The purpose of this research is to arrange the appropriate traffic management which is to improve intersection performance and road performance in Gajayana Street and Sumbersari Street of Malang City. The analysis used in this research is the analysis of signalized intersection performance, unsignalized intersection performance analysis, road performance analysis, and traffic management analysis. The result of this research is performance of siganlized intersection MT. Haryono is in level of service / LOS F with a delay value of / D = 169.18 (sec/pcu), the Veteran siganlized intersection is in LOS F with D = 164.82 (sec/pcu), and Gajayana unsignalized intersection is in LOS F with opportunities queue / QP = 40-79%. While the performance of Gajayana Street is in LOS F (degree of saturation / DS = 1.14) and Sumbersari Street is in LOS F (DS = 1.04). the selected alternative at MT Haryono signalized intersection, Veteran signalized intersection, and the Gajayana unsignalized intersection that is the separation of the traffic movement type combined with intersection improvement, road management, and optimization of traffic light, so that after application on alternatively shosen, LOS intersection increase to LOS C and LOS road increase to LOS C.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/684/051807436
Uncontrolled Keywords: Simpang-Bersinyal, Simpang-Tak-Bersinyal, Jalan-Gajayana, Jalan- Sumbersari, Manajemen-Lalu-Lintas. Signalized-Intersection, Unsignalized-Intersection, Gajayana-Street, Sumbersari-Street, Traffic-Management.
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.04 Special topics of transportation > 388.041 Activities and services
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Jan 2019 03:54
Last Modified: 25 Oct 2021 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162370
[thumbnail of Laila ‘Azizah.pdf]
Preview
Text
Laila ‘Azizah.pdf

Download (31MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item