Restu, Jeni Via (2018) Implementasi Sistem Pajak Online dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kota Malang (Studi Pada Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sistem pajak online merupakan sebuah kebijakan yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan pengawasan atas kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan dan membayarkan kewajiban pajak daerahnya. Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang merupakan lembaga pemerintahan yang bertugas untuk melaksanakan tugas yang berkenaan dengan kebijakan perpajakan. Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang merupakan pelaksana dalam implementasi sistem pajak online di Kota Malang. Pemerintah Kota Malang dalam mengimplementasikan kebijakan ini berkerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia sehingga selain Badan Pelayanan Pajak Daerah kebijakan ini melibatkan peran dari Bank Rakyat Indonesia sebagai pelaksana. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeksripsikan dan menganalisis mengenai implementasi sistem pajak online dalam meningkatkan pendapatan asli daerah di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dibatasi oleh dua fokus yaitu: (1) implementasi sistem pajak online dalam meningkatkan pendapatan asli daerah di Kota Malang; (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi sistem pajak online dalam meningkatkan pendapatan asli daerah di Kota Malang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif Miles and Huberman dengan tahapan-tahapan meliputi kondensasi data, penyajian data, serta menggambarkan dan memverifikasi kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Sistem Pajak Online dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kota Malang dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: (1) tahap interpretasi; (2) tahap pengorganisasian; (3) tahap aplikasi. Faktor pendukung dalam implementasi kebijakan ini adalah sumberdaya manusia yang berkualitas, sarana dan prasarana yang memadai, dan kemudahan akses. Sedangkan faktor penghambat dalam implementasi kebijakan ini adalah kurangnya pemahaman wajib pajak tentang sistem pajak online dan sarana dan prasarana wajib pajak yang tidak mendukung. Rekomendasi yang diberikan dari hasil penelitian ini adalah pendampingan untuk pemasangan vendor di tempat usaha wajib pajak dan perluasan kerja sama agar dalam pembayaran pajak daerah dengan autodebet tidak terbatas hanya pada nasabah dari Bank Rakyat Indonesia, pembuatan standar operasional prosedur serta perlunya sosialisasi berkala tentang sistem pajak online kepada masyarakat luas maupun wajib pajak khususnya dari empat sektor pajak yang menjadi sasaran kebijakan ini.
English Abstract
Online tax system is a policy that made with the aim of improving the control of taxpayer compliance in reporting and paying their district tax obligations. Regional Tax Service Agency of Malang City is a government agency that has a duty to carry out every task related to taxation policy. Regional Tax Service Agency is an implementer in the implementation of online tax system in Malang City. The Government of Malang City in implementing this policy make a cooperation with Bank Rakyat Indonesia thus besides Regional Tax Service Agency, this policy involves the role of Bank Rakyat Indonesia. The purpose of this research is to describe and analyze about the implementation of online tax system in increasing original district revenue in Malang City. The research using the descriptive type of research with qualitative approach. The research is limited by two focuses: 1) the implementation of online tax system in increasing original district revenue in Malang City, 2) the supporting factors and inhibiting factors in the implementation of online tax system in increasing original district revenue in Malang City. The method of data analysis that being used is interactive data analysis by Miles and Huberman with some stages as data condensation, data display, and conclusion: drawing and verifying. The results of this research indicate that the implementation of online tax system in increasing original district revenue in Malang City is done by three stages: 1) the stage of interpretation; 2) the stage of organizing, 3) the stage of aplication. The supporting factors in the implementation of this policy are qualified human resourches, adequate facilities and infrastructure, and easiness of access. Meanwhile, the inhibiting factors are the lack of understanding of taxpayers about the system itself and the facilities and infrastructure of taxpayers that do not support. The recommendation that given from this research is give an assistance for vendor installation in the business place of taxpayer and make an expansion by cooperating with other bank in order to help taxpayer who are not the customer of Bank Rakyat Indonesia to pay their tax liability by autodebet, make an operation procedure standard, also do an intensive socialization about online tax system to the wider community and taxpayer itself, especially taxpayer from four sectors that became the object of this policy.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/734/051809009 |
Uncontrolled Keywords: | Pajak Online, E-tax, Peraturan Walikota Malang No. 32 Tahun 2013, Implementasi Kebijakan-Online Tax, E-Tax, The Regulation of Malang Mayor Number 32 Year 2013, Policy Implementation |
Subjects: | 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 07:32 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 07:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162356 |
Preview |
Text
Jeni Via Restu.pdf Download (61MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |