Yusadi, Rofifah (2018) Rencana Aksi Pengembangan Industri Kreatif Kuliner Berbasis Media Online di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ekonomi kreatif merupakan sektor baru dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2009 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif, pemerintah telah mendukung kebijakan ekonomi kreatif melalui industri kreatif. Salah satu subsektor industri kreatif yang sedang berkembang di Kota Malang adalah kuliner online yang didukung dengan data pengguna internet sebanyak 160.000 pada tahun 2013. Namun, keberadaan kuliner online belum terdata oleh pemerintah dan belum ada kajian pengembangan produk daerah dalam RPJMD. Oleh karena itu diperlukan penelitian terkait dengan identifikasi karakteristik kuliner online dan penyusunan rencana aksi pengembangannya menggunakan metode perencanaan strategis karena metode tersebut dapat menentukan fokus salah satu poin penting dalam pengembangannya dan dapat menghasilkan visi dan misi. Berdasar hasil analisis aktor, Dinas Perindustrian Kota Malang menjadi pelaku perencanaan strategis. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 96 pelaku kuliner online, terdapat 3 faktor pergeseran paradigma yaitu perubahan sistem produksi, distribusi, dan pemasaran produk yang digunakan sebagai dasar penyusunan rencana aksi berdasarkan value proposition yaitu operational excellence. Penelitian ini menghasilkan 1 visi yang dijabarkan melalui 3 misi dengan 1o strategi pengembangan yang dirincikan menjadi 22 rencana aksi pengembangan industri kreatif kuliner online di Kota Malang
English Abstract
Creative economy is a new sector in the Indonesian economy. Based on Presidential Instruction (Inpres) Number 6 Year 2009 on Creative Economy Development, the government has supported creative economy policy through creative industry. One of the creative industries sub-sector in Malang is culinary culinary and it’s supported by internet user data that reach 160.000 users in 2013. However, the existence of online culinary has not been recorded by the government and there has been no study of local product development in RPJMD. Therefore research is needed related to the identification of online culinary characteristics and the preparation of action plans of its development using strategic planning methods because the method can determine the focus of one of the important points in its development and can produce vision and mission. Based on stakeholders analsis, Industrial and Trading Department become the executant of strategic planning. Based on the results of research on 96 units of online culinary, there are 3 factors of value shift which is changes in production, distribution, and marketing processes that can be used as the basis for action plans based on value proposition that is operational excellence. This research comes out into 1 vision, 3 missions with 10 different strategies and 22 action plans for the development of online culinary creative industry in Malang City.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2018/668/051807243 |
Uncontrolled Keywords: | Industri Kreatif, Kuliner Online, Perencanaan Strategis, Operational Excellence Creative Industry, Online Culinary, Strategic Palnning, Operational Excellence |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 07:31 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 06:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162343 |
Preview |
Text
Rofifah Yusadi.pdf Download (9MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |