Pengelolaan Pasar Tradisional Baturetno I Pasca Revitalisasi dalam Perspektif Capacity Building

Darwati, Ayu Rahma (2018) Pengelolaan Pasar Tradisional Baturetno I Pasca Revitalisasi dalam Perspektif Capacity Building. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program revitalisasi yang dilakukan pemerintah baik pusat atau pun daerah sejauh ini hanya sebatas fisik bangunan pasar, revitalisasi terhadap pengelolaan pasar belum banyak dilakukan. Ketidakjelasan pengelolaan pasar akan menciptakan kesemerawutan kondisi pasar. Sehingga akan sulit menghilangkan citra negatif yang telah melekat pada pasar tradisional. Oleh karena itu, dalam rangka untuk mendorong profesionalisasi pengelolaan aset pasar, maka perlu dilakukan reformasi pengelolaan pasar pasca revitalisasi secara profesional dan modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan merekomendasikan pengelolaan Pasar Tradisional Baturetno I pasca revitalisasi dalam perspektif capacity building. Sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui pengelolaan pasar yang telah dilakukan baik pra revitalisasi mau pun pasca revitalisasi, menganalisis kritik dan saran yang muncul sebagai acuan dalam merekomendasikan pengelolaan di Pasar Tradisional Baturetno I. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti interview guide, dan alat bantu lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan Pasar Tradisional Baturetno I pra revitalisasi masih menggunakan sistem tradisional dan belum berdasarkan prinsip pemerintahan yang baik (good governance) dilihat dari: a) sistem penarikan retribusi b) sistem keamanan dan ketertiban, c) sistem kebersihan dan penanganan sampah , d) sistem perparkiran, dan e) sistem pemeliharaan sarana dan prasarana. Selain itu, peneliti melakukan kajian untuk mengetahui pengelolaan pasar yang telah dilakukan pasca revitalisasi, hasilnya menunjukkan bahwa tidak terdapat perubahan dalam pengelolaan pasar pasca revitalisasi, hal ini dapat diketahui melalui kritik dan saran dari para stakeholders pasar. Sehingga, memunculkan alternatif pengelolaan pasar baru yang dapat penulis rekomendasikan berdasarkan perspektif capacity building, antara lain: 1) Strategi jangka pendek yang terdiri dari; a) Pengelolaan manajemen pasar; (1) pembentukkan tim khusus pemeliharaan sarana dan prasarana, (2) penerapan sistem e-retribusi, (3) penerapan sistem parkir portal elektronik berbasis komputer, (4) pemberian papan nama yang menunjukkan keterangan lokasi zonasi, (5) melakukan pengelolaan sampah dengan konsep 3R (reduce reuse, recycle), dan (6) peningkatan pelayanan keamananviii pencegahan dan pemadam kebakaran , b) Menetukan kelembagaan pengelolaan pasar, c) Memaksimalkan pendapatan pasar, d) Mengadakan pertemuan secara rutin terkait peningkatan pengelolaan Pasar Tradisional Baturetno I, e) Peningkatan pengetahuan dasar bagi para pedagang, f) Reformasi peraturan, g) Pengadaan fasilitas umum; CCTV, ruang bersama, sarana tekelomunikasi, koperasi pasar. 2) Strategi jangka panjang; Pengelolaan pasar oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

English Abstract

The government's revitalization program whether in the central or regional, has so far been limited to physical market building, revitalization of market management has not been done. Obscurity of market management will create a chaotic market condition. It will be difficult to eliminate the negative image that has been attached to the traditional market. Therefore, in order to encourage professionalization of market asset management, it is necessary to reform the market management post revitalization in a professional and modern way. This research aims to know, to analyze and to recommend traditional market management of Baturetno I post revitalization based on capacity building perspective. Therefore the researcher interested to know the market management that has been done, analyze the criticisms and suggestions that emerged as a reference in recommending the management for Baturetno I traditional market. This research uses descriptive research type with qualitative approach. Primary data sources were obtained from interviews from related informants, while secondary data were obtained from documents relating to the research topic. Techniques of collecting data are through interviews, observation and documentation. While the research instrument is the researcher himself, and some supporting tools such as interview guide, and other aids. The result of research indicates that the pre-revitalized traditional market management of Baturetno I is still using traditional system and not yet based on good governance principles as seen from: a) retribution system b) security and order system, c) sanitation and waste management system, d) parking system, and e) facilities and infrastructure maintenance system. In addition, the researcher conducts a study to find out the market management that has been done after the revitalization, the result shows that there is no change in market management post revitalization, this can be known through criticisms and suggestions from the market stakeholders. Thus, it raises new market management alternatives that researcher can recommend based on capacity building’s perspective, i.e: 1) Short-term strategies consisting of; a) Management of market management; (2) application of e-retribution system, (3) implementation of computer-based electronic portal parking system, (4) naming of zoning location, (5) performing waste management with the concept of 3R (reduce reuse, recycle), and (6) preventive and firefighting security services improvement, b) Determine the market management institutional, c) Maximize market revenues, d) Conduct regular meetings related to improving the traditional market management of Baturetno I, e) Increasing basic knowledge forx marketeers, f) Regulatory reform, g) Public facilities procurement; CCTV, shared space, tools of communication, market cooperatives. 2) Long-term strategy; Market management by Regional Owned Enterprises (BUMD).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/616/051808440
Uncontrolled Keywords: Pasar Tradisional, Pengelolaan, Revitalisasi, Capacity Building
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 Jan 2019 06:36
Last Modified: 25 Oct 2021 06:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162316
[thumbnail of Ayu Rahma Darwati.pdf]
Preview
Text
Ayu Rahma Darwati.pdf

Download (47MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item