Pengaruh Plunge Depth dan Heating Time terhadap Kekuatan Geser Struktur Hibrid AL-PVC dengan Metode Friction Stir Spot Welding Menggunakan Clamping Frame ASTM A36

Habibulfalah, Endi (2018) Pengaruh Plunge Depth dan Heating Time terhadap Kekuatan Geser Struktur Hibrid AL-PVC dengan Metode Friction Stir Spot Welding Menggunakan Clamping Frame ASTM A36. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dengan meningkatnya kebutuhan akan material lightweight, peningkatan fungsi dari struktur hybrid menghasilkan demand yang tinggi pada beberapa sektor produksi diantaranya automotif, aerospace, dan biomedic. Diantara kendala utama yang biasanya terdapat di struktur hybrid melibatkan penyambungan dari dua material yang berbeda jauh dari segi mekanikal, physical, dan thermal properties. Pada struktur ini material yang mulai banyak digunakan adalah material dari joining antara metal dan polimer. Pada proses joining biasa yaitu adhesive bonding dan mechanical joining terdapat beberapa kendala. Dimana mechanical joining biasanya melibatkan struktur yang akan dibor lalu dipasang mur dan baut sehingga meningkatkan berat struktur dan biaya joining. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu metode yang cocok adalah dengan metode friction stir spot welding. Metode yang dilakukan adalah metode eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui kekuatan geser pada sambungan, dimana spesimen yang digunakan adalah Alumunium 1100 dan PVC yang dilakukan joining dengan friction stir spot welding dengan posisi overlap, spesimen dijepit dengan menggunakan clamping frame baja karbon ASTM A36 dan Kayu Meranti, yang divariasikan dengan heating time 10s,20s,30s, dan 60s, dengan plunge depth 1,5 mm dan 2 mm. Kekuatan geser tertinggi didapat oleh spesimen dengan menggunakan clamping frame ASTM A36 dengan variasi heating time 20s dan plunge depth 2 mm, hal ini dikarenakan dengan waktu pemanasan 20 detik, temperatur yang terkonduksikan ke PVC belum sampai menyebabkan degradasi termal yang parah sehingga belum terjadi pelemahan kekuatan geser pada sambungan, begitupula dengan plunge depth 2 mm yang memberikan gesekan yang sesuai sehingga menghasilkan panas yang bisa melunakan PVC namun tidak sampai pada tingkat degradasi termal yang parah.

English Abstract

With the growing needs for lightweight materials, the improvement of the function of the hybrid structure produces a high demand on some production sectors including automotive, aerospace, and biomedic. Among the main constraints that normally occur in the hybrid structure involves the joining of two different materials is much in terms of mechanical, physical, and thermal properties. On the structure of this material is widely used starting material from joining between metal and polymer. In the process of joining usually use the adhesive bonding and the mechanical joining and there are some constraints. Where mechanical joining usually involves the structure that will be drilled and then installed nuts and bolts thereby increasing the weight of the structure and the cost of joining. To address those problems one of the matching method is by the method of friction stir spot welding.The method that used in this research is an experimental method that aimed at knowing the shear strength on the joint, where the specimen used is Aluminium 1100 and PVC that conducted to be joint by the Friction Stir Spot Welding with overlap position, the specimen is clipped using the ASTM A36 carbon steel and Meranti Wood clamping frame, which varied with the heating time 10s, 20s, 30s, 60s, and with the 1.5 mm and 2 mm plunge depth.The highest shear strength obtained by a specimen using ASTM A36 clamping frame with a variation of the heating time 20s and plunge depth 2 mm, this is due to 20 seconds of heating time, the temperature that conducted to the PVC is not yet make the PVC degraded in an extreme way so the shear strength on the joint will not be weaken, neither with the 2 mm plunge depth which gives the suitable friction so the PVC can be perfectly soften without making the PVC degraded severly

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/837/051808706
Uncontrolled Keywords: Friction Stir Spot Welding, Shear Strength
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 671 Metalworking Processes and primary metal products > 671.5 Joining and cutting of metals > 671.52 Welding
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Apr 2019 03:26
Last Modified: 09 Mar 2022 01:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162284
[thumbnail of Endi Habibulfalah.pdf]
Preview
Text
Endi Habibulfalah.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item