Perancangan Produk Souvenir Boneka pada Wisata Edukasi Susu Batu dengan Menggunakan Metode Axiomatic House of Quality

Umam, Ahmad Afkar (2018) Perancangan Produk Souvenir Boneka pada Wisata Edukasi Susu Batu dengan Menggunakan Metode Axiomatic House of Quality. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peluang industri dalam bidang pariwisata di wilayah Malang Raya cukup besar. Kota Batu merupakan salah satu kota yang memiliki jumlah pengunjung objek wisata yang terus meningkat. Melihat potensi tersebut, PT. WESB bekerjasama dengan KUD Batu untuk membuka ekowisata yang berbasis industri susu dengan menonjolkan peternakan sapi sebagai daya tarik utamanya. Bagi suatu tempat wisata, souvenir merupakan produk yang wajib ada pada tempat wisata. Namun souvenir yang dijual mengalami penurunan penjualan dari bulan Desember 2017 hingga Maret 2018. Selain itu, berdasarkan kuesioner yang telah disebarkan kepada 30 pengunjung Wisata Edukasi Susu Batu sebesar 57% responden Wisata Edukasi Susu Batu menyatakan bahwa souvenir yang ada disana kurang menarik, 37% mengatakan menarik dan 6% mengatakan biasa saja serta bentuk souvenir yang diinginkan adalah boneka. Berdasarkan masalah tersebut, maka diperlukan adanya perancangan produk souvenir boneka untuk dapat memenuhi kepuasan pelanggan dengan menggunakan metode Axiomatic House Of Quality (AHOQ). Metode axiomatic house of quality merupakan usulan metode dengan memodifikasi House Of Quality (HOQ) dengan tujuan mempersingkat waktu pengembangan dan mengurangi kesalahan hasil spesifikasi produk yang disebabkan sulitnya menerjemahkan pernyataan pelanggan menjadi sebuah kebutuhan produk. Pada garis besarnya Axiomatic Design (AD) dapat membantu agar proses pengembangan produk menjadi lebih terstruktur dengan fokus pada design yang sesuai dengan fungsi produk. Langkah pertama dalam penelitian ini adalah mengumpulkan pernyataan pelanggan. Pernyataan tersebut didapatkan dari observasi langsung dan wawancara dengan pengunjung dan pihak Wisata Edukasi Susu Batu serta penyebaran kuesioner terbuka kepada pengunjung Wisata Edukasi Susu Batu. Langkah selanjutnya, mengubah pernyataan pelanggan menjadi Customer Attribute (CA). Kemudian menentukan Functional Requirements (FR), Constraints dan Design Parameter (DP). Setelah itu menyusun model axiomatic house of quality. Langkah selanjutnya adalah mengembangkan konsep dengan membuat alternatif konsep berdasarkan morphology chart. Kemudian memilih satu konsep terpilih menggunakan matriks penyaringan konsep dan matriks penilaian konsep. Berikutnya menguji konsep terpilih dengan mengumpulkan tanggapan langsung dari pihak terkait. Langkah terakhir menentukan spesifikasi dan desain akhir produk souvenir boneka. Hasil dari penelitian ini berupa desain souvenir boneka yang memiliki tempat untuk meletakkan tablet serta dapat berubah bentuk menjadi bantal leher. Diameter souvenir boneka yaitu 37,82 cm dengan tinggi 7,43 cm. Sedangkan dimensi bantal leher yaitu 19,56 x 37,82 x 7,43 cm dimana dimensi tersebut didapatkan berdasarkan dimensi antropometri. Material yang digunakan pada souvenir boneka adalah kain yelvo dengan isian butiran styrofoam. Berdasarkan survei pengujian konsep, didapatkan bahwa 30 pengunjung menyatakan tertarik terhadap konsep souvenir boneka. Terdapat 10 pengunjung Wisata Edukasi Susu Batu yang pasti akan membeli souvenir boneka dan 20 pengunjung mungkin akan membeli.

English Abstract

Industrial Opportunities in the field of tourism in Malang area is quite large. Batu city is the one of city that has continues to increase number of attraction visitors. According to this potential, PT. WESB cooperates with KUD Batu to open ecotourism with milk industry as main based by highlighting cattle ranching as its main attraction. For an ecotourism, a souvenir is a must-have product on a tourist spot. However, the souvenirs are not the product of Wisata Edukasi Susu Batu, but from the other people with declining sales results from December 2017 to March 2018. In addition, based on questionnaires that have been distributed to 30 visitors of the Wisata Edukasi Susu Batu, 57 % of respondents Wisata Edukasi Susu Batu states if the souvenirs are less interesting, 37% say interesting and 6% say normal and the desired form of souvenirs are dolls. Based on these problems, it is necessary to design a doll souvenir to be able to meet customer satisfaction by using Axiomatic House Of Quality (AHOQ) method. Axiomatic House of Quality method is a proposed method by modifying House Of Quality (HOQ) with the objective of shorten the time and reduce development errors result product specification caused difficult translate statements into a customers needs. On the outline of the Axiomatic Design (AD) can help product development process became more structured with a focus on design to suit the function of the product. The first step in the research was collecting customer statement. The statement obtained by observation and interviews with personnel of Wisata Edukasi Susu Batu and customers and the dissemination of the questionnaire. Next, modify the statement customers became customer attribute (CA). Then specify the functional requirements (FR), constraints and design parameter (DP). After that, drew to models of axiomatic house of quality. The next step is develop the concept by creating an alternative concept based on morphology chart. Then choose one concept selected using the matrix and matrix concept screening assessment concepts. The next test of the selected concept with the collect feedback directly from the related parties. The last step is determining the final design specs and product doll souvenir. The results of this research is the form of doll souvenir design that has a place to put the tablet and can change into a neck pillow. Diameter of doll souvenir is 37,82 cm with height 7,43 cm. While the dimensions of the neck pillow is 19.56 x 37.82 x 7.43 cm where the dimensions are obtained based on the size of anthropometry. The material used in doll souvenir is yelvo fabric with styrofoam granules. Based on the concept test survey, it was found that 30 visitors expressed interest in the concept of doll souvenir. There are 10 visitors of Wisata Edukasi Susu Batu who will definitely buy the doll souvenir and 20 visitors will probably buy it.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/1018/051811283
Uncontrolled Keywords: axiomatic house of quality, constraints, customer attribute, design parameter, functional requirement, souvenir boneka
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 May 2019 02:03
Last Modified: 08 Mar 2022 08:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162252
[thumbnail of Ahmad Afkar Umam.pdf]
Preview
Text
Ahmad Afkar Umam.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item