Luthfiana, Ghina (2018) Analisis Strategic Entrepreneurship Dalam Peningkatkan Volume Penjualan Ekspor Kendang “Djembe” (Studi pada UD. Budi Luhur, Kota Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Strategic Entrepreneurship atau strategi kewirausahaan merupakan langkahlangkah bagi para pelaku UKM untuk dapat dengan mudah memasuki pasar internasional. Dengan masuknya produk UKM ke pasar internasional, perusahaan perlu mengatur strategi kewirausahaan dalam pemasaran, agar produk yang ditawarkan perusahaan dapat meningkat volume penjualannya dan perusahaan memperoleh keuntungan. Djembe adalah ikon Kota Blitar, hal ini dikarenakan pusat industri kerajinan djembe terbesar ada di Kota Blitar. UD. Budi Luhur di Kota Blitar, Jawa Timur merupakan salah satu UKM di industri kerajinan kayu. UD. Budi Luhur merupakan UKM yang bergerak memasarkan produk djembe nya dengan mengekspor ke negaranegara luar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana strategi kewirausahaan dari UD. Budi Luhur dalam memasuki dan memasarkan produknya pada pasar internasional. Penelitian ini juga menjelaskan penerapan strategi kewirausahaan pada UD. Budi Luhur dalam meningkatkan volume penjualan eskpor kerajinan kendang djembe, serta alternatif mempertahankan strategi kewirausahaan yang telah diterapkan oleh UD. Budi Luhur dalam menghadapi pasar internasional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dengan melakukan wawancara bersama pemilik UD. Budi Luhur dan Dinas Koperasi dan UKM Daerah, Kota Blitar serta focus group discussion (FGD) bersama Paguyuban Bubut Kayu Kelurahan Tanggung yang merupakan mitra kerja dari UD. Budi Luhur dan data sekunder berupa dokumen-dokumen yang terkait dengan tema penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspor dipilih oleh UD. Budi Luhur untuk memasuki pasar internasional. UD. Budi Luhur menerapkan strategi growth, innovation, network, harvest/exit dengan cara membaca peluang untuk mengembangkan pasar, berinovasi pada produk, menciptakan good relationship dengan buyers dan mampu membentuk jaringan yang menguntungkan serta bekerja sama dengan perusahaan sejenis untuk memenuhi permintaan pasar sehingga dapat memaksimalkan penjualan dan meningkatkan volume penjualan ekspor.
English Abstract
Strategic Entrepreneurship is a set of steps for Small and Medium Scale Enterprises (UKM) people to easily enter international market. With the entrance of UKM products into international market, the company needs to plot an entrepreneurship strategy in marketing, so that the product offered by the company can increase in sales volume and the company gets profits. Djembe is Blitar City’s icon. It is because of the center of Djembe craft industry is in Blitar city. UD. Budi Luhur in Blitar City of East Java is one of the UKM in woodcraft industry. UD. Budi Luhur is UKM that market their Djembe products by exporting them to foreign countries. The aim of this research is to describe how the entrepreneurship strategy from UD. Budi Luhur in entering and marketing their products in the international market. This research also explains the implementation of the entrepreneurship strategy in UD. Budi Luhur in increasing the export sales volume of Kendang Djembe, as well as the alternative way to maintain the entrepreneurship strategy implemented by UD. Budi Luhur in dealing with international market. The research method used in this research is descriptive with the qualitative approach. The data sources in this research are primary data collected by interviewing the owner of UD. Budi Luhur and Cooperative and Small & Medium Enterprises Office of Blitar City as well as focus group discussion (FGD) with Bubut Kayu gemeinschaft of Tanggung Sub-district which is the work partners of UD. Budi Luhur, and secondary data in form of documents related to the research objectives. The research result suggests that export is chosen by UD. Budi Luhur to enter the international market. UD. Budi Luhur implements the growth, innovation, network, harvest/exit strategy by means of reading the opportunity to develop the market, innovate the products, creating good relationship with the buyers and they are able to create a profitable network as well as cooperate with the similar companies to meet the market’s demands so that they can maximize the sales and increase the export sales volume.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/836/051809901 |
Uncontrolled Keywords: | Entrepreneurship Dalam Peningkatkan Volume |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.04 Entrepreneurship |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 27 Mar 2019 07:33 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 07:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162247 |
Preview |
Text
Ghina Luthfiana.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |