Salsabiila, Adhinta (2018) Analisis Strategi Pengembangan Pasar UMKM Ke Kawasan Asia Tenggara Dalam Menghadapi Kebijakan MEA (Studi Pada Kawasan Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Sanan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Masyarakat Ekonomi ASEAN merupakan sebuah kebijakan yang dibentuk oleh negara – negara di ASEAN dalam rangka membantu perekonomian negara – negara ASEAN. Dalam kebijakan MEA tersebut juga dicantukan tujuan untuk mengembangkan UMKM di kawasan ASEAN. Salah satu UMKM yang berada di Kota Malang ialah di Kawasan Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Kota Malang. Kawasan Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Kota Malang merupakan kawasan yang memproduksi berbagai macam olahan tempe. Kawasan ini berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur. Di kawasan industri tersebut mempunyai paguyuban yang diberinama Paguyuban Sentra Industri Keripik dan Tempe SANAN. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dampak kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) terhadap perkembangan pasar UMKM Kawasan Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Sanan Kota Malang di Asia Tenggara, (2) Untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh UMKM Kawasan Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Sanan Kota Malang dalam mengembangkan pasar mereka ke kawasan Asia Tenggara. Hasil dari penelitian ini ialah pelaku UMKM yang telah menjual produk keripik tempe mereka ke luar negeri merasakan adanya dampak dari terealisasinya kebijakan MEA walaupun dampak tersebut masih sangat sedikit serta berinovasi dalam membuat produk keripik tempe baru yang dapat diterima oleh konsumen luar negeri. Dengan adanya kebijakan MEA pelaku UMKM juga menerapkan beberapa strategi agar dapat mengembangkan pasar mereka ke luar negeri terutama Asia Tenggara seperti meningkatkan daya saing, dan strategi agar dapat bersaing di dalam pasar bebas.
English Abstract
ASEAN Economic Community is a policy established by countries in ASEAN region in order to help the economy of ASEAN countries. In the AEC policy also includes the purpose to develop small medium enterprises in ASEAN region. One of the small medium enterprises that is located in Malang City is at Kawasan Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Sanan. Kawasan Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Sanan is an area that produces various kinds of processed tempe. This area is located in Malang City, East Java. In this industrial area has a community named Paguyuban Sentra Industri Keripik dan Tempe Sanan. The purpose of this study is (1) to know the impact of AEC policy on the market development of small medium enterprises at Kawasan Sentra Industri Tempe dan Keripik Tempe Sanan to South East Asia, (2) to know the strategies used by the small medium enterprises in developing their market to South East Asia region. The result of this study are there is an impact from the AEC policy eventho it is a small impact. They also innovate in making new keripik tempe products that can be accepted by overseas consumers. With AEC policy that happens, sellers were applying some strategies in order to develop their markets abroad, especially South East Asia, such as increasinf competitiveness and strategies to cempete in the world wide market.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/730/051808991 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pengembangan Pasar, UMKM, MEA- Strategy, Market Development, SME, AEC |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.64 Size of enterprises > 338.642 Small business |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 26 Mar 2019 07:53 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 07:56 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162233 |
Preview |
Text
Adhinta Salsabiila.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |