Pengaruh Pesan dalam Media Sosial Terhadap Sikap Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan (Studi Pada Followers Akun Instagram @Ditjenpajakri)

Ariesandrio, Reza Aditya (2018) Pengaruh Pesan dalam Media Sosial Terhadap Sikap Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan (Studi Pada Followers Akun Instagram @Ditjenpajakri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Target penerimaan pajak yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia dalam kurun empat tahun terakhir tidak pernah tercapai. Hal tersebut didukung oleh tingkat kepatuhan pajak wajib pajak di Indonesia yang masih kurang baik. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepatuhan pajak, salah satunya adalah sikap wajib pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. Sikap yang dimiliki oleh wajib pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakan dapat diubah apabila terdapat proses persuasif berupa penyebaran pesan melalui media massa seperti media sosial. Menurut teori Elaboration Likelihood Model seseorang akan memproses sebuah pesan melalui dua rute yaitu rute pusat (central route) dan rute tepi (peripheral route) yang akan memungkinkan terjadinya perubahan sikap. Rute pusat akan memproses kualitas argumen pesan yang disampaikan, sementara rute tepi akan memproses hal lain yang tidak berkaitan dengan argumen pesan seperti gambar pesan dan kredibilitas sumber pesan. Direktorat Jenderal Pajak memanfaatkan media sosial instagram untuk mempersuasi wajib pajak agar memiliki sikap yang baik dalam memenuhi kewajiban perpajakannya melalui penyampaian pesan informasi seputar perpajakan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pesan instagram yang dikirimkan oleh akun ditjenpajakri yang terdiri dari variabel kualitas argumen, gambar, dan kredibilitas sumber terhadap sikap wajib pajak yang mengikuti akun instagram ditjenpajakri dalam memenuhi kewajiban perpajakan, baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian merupakan wajib pajak yang telah mengikuti akun instagram ditjenpajakri sebanyak 113 responden yang didapat menggunakan metode penentuan sampel purposive sampling. Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik, baik statistik deskriptif maupun statistik inferensial dengan Uji Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil uji secara simultan kualitas argumen, gambar, dan kredibilitas sumber berpengaruh signifikan terhadap sikap wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukan bahwa kualitas argumen berpengaruh signifikan terhadap sikap wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan, gambar berpengaruh tidak signifikan terhadap sikap wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan, dan kredibilitas sumber berpengaruh tidak signifikan terhadap sikap wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan.

English Abstract

The tax revenue target set by the government of Indonesia in the last four years has never been achieved. This is supported by taxpayer’s poor compliance level in Indonesia. There are several factors that influence tax compliance, one of them is taxpayer’s attitude in fulfiling taxation obligations. Attitudes possessed by the taxpayer to fulfil tax obligations can be changed if there is a persuasive process in form of message dissemination through mass media such as social media. According to the theory of Elaboation Likelihood Model, a person will process a message through two routes, central route and peripheral route. The central route will process the quality of the delivered argument, while the peripheral route will process anything else unrelated to the message’s argument such as the image of the message and the source credibility of the message. Directorate General of Taxation utilizes social media instagram as a platform to persuade taxpayers to have good attitude in fulfiling tax obligations through providing information message about taxation in Indonesia. This study aims to determine the effect of instagram message sent by account ditjenpajakri that consist of variables argument quality, picture, and source credibility toward taxpayer’s attitude in fulfiling taxation obligation who follow instagram account ditjenpajakri, either simultaneously or partially. The type of this research is explanatory research with quantitative approach. The sample of this research is taxpayer who follow instagram account ditjenpajakri. A total of 113 respondents are obtained by using purposive sampling method. Technical data analysis in this study is using statistics, both descriptive statistics and inferential statistics with multiple linear regression test. Based on the simultaneous test results argument quality, picture, and source credibility have a significant influence toward taxpayer’s attitude in fulfiling taxation obligations. The result of the research shows that argument quality has a significant influence toward taxpayer’s attitude in fulfiling taxation obligations, picture has no influence toward taxpayer’s attitude in fulfiling taxation obligations, and source credibility has no influence toward taxpayer’s attitude in fulfiling taxation obligations.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/772/051809342
Uncontrolled Keywords: ELM, Media Sosial, Sikap Wajib Pajak-ELM, Social Media, Taxpayer’s Attitude
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 26 Mar 2019 07:22
Last Modified: 25 Oct 2021 08:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162168
[thumbnail of Reza Aditya Ariesandrio.pdf]
Preview
Text
Reza Aditya Ariesandrio.pdf

Download (47MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item