Analisis Produk Wisata Heritage Trail untuk Meningkatkan Citra Destinasi (Studi pada Surabaya Heritage Track, Surabaya)

Rozaan, Alvin (2017) Analisis Produk Wisata Heritage Trail untuk Meningkatkan Citra Destinasi (Studi pada Surabaya Heritage Track, Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis strategi yang diterapkan oleh pengelola House of Sapoerna pada Surabaya Heritage Track dalam mengembangkan wisata heritage trail, serta (2) mengetahui peran Surabaya Heritage Track dalam meningkatkan citra destinasi Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan campuran (mixed methods). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, penyebaran kuisioner, dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini merupakan wisatawan yang sudah mengikuti program Surabaya Heritage Track sebanyak 30 orang. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis Miles and Huberman dan analisis statistik deskriptif dengan triangulasi sumber sebagai uji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan strategi yang dilakukan pengelola sudah sesuai dengan prinsip dasar pengembangan wisata heritage dimana pengelola dapat memanfaatkan bangunan-bangunan bersejarah dengan tetap mempertahankan dan melindungi bangunan tersebut. (2) program Surabaya Heritage Track dapat mendorong persepsi wisatawan dengan memberikan pengalaman secara langsung dan menunjukkan aspek tangible dari wisata heritage itu sendiri, sehingga wisatawan dapat mengevaluasi ulang persepsi yang mereka bentuk sebelum melakukan kunjungan ke Kota Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya dapat membantu dalam mempromosikan wisata sejarah kepada wisatawan dan pengelolaan objek-objek bersejarah tersebut agar dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata yang berbeda. Kepada pengelola program Surabaya Heritage Track, diharapkan dapat lebih meningkatkan promosi atau pemasaran dari program Surabaya Heritage Track agar lebih mudah diketahui wisatawan dan juga menambah jangka waktu kunjungan di tiap jadwal tur yang dimiliki

English Abstract

The aim of this study is to find out and analyze (1) the strategy that used by House of Sampoerna Management at Surabaya Heritage Track to developing heritage trail tourism, (2) and to find out Surabaya Heritage Track role for developing Surabaya destination image. The type of research used in this study is descriptive with mixed methods. data collecting technique of this research are observation, interview, questionnaire, and documentation. The samples are the visitors of Surabaya Heritage Track which is 30 respondents. The data will be analyzed by Miles and Huberman technique analysis and statistic descriptive analysis with the triangulation sources as the validity test. The results of this research are (1) the implementation of strategy that used by management already fit with the base principle of heritage tourism development by using old buildings for tourism but still preserving and protecting that buildings. (2) Surabaya Heritage Track program can drive tourist perception by giving them direct experience and showing them the tangible aspect from that heritage tour, so tourist can re-evaluate their perception from pre-visit. Based on the result, it is recommended that the government; especially tourism and culture department of Surabaya can help by promoting heritage tour to tourist and help managing other old or heritage building so it can be used for tourist attraction, and for Surabaya Heritage Track management can increase their promotion or marketing plan to make tourist find this program easier and they can add more visitation time to their trip

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/807/051809575
Uncontrolled Keywords: Heritage Trail, Citra Destinasi, Surabaya Heritage Track-Heritage Trail, Destination image, Surabaya Heritage Track
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Mar 2019 02:31
Last Modified: 23 Oct 2021 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162137
[thumbnail of Alvin Rozaan.pdf]
Preview
Text
Alvin Rozaan.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item