Analisis Model Bisnis dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi pada usaha kecil menengah UD. Duta Merpati).

Sholihah, Nur Amala (2018) Analisis Model Bisnis dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi pada usaha kecil menengah UD. Duta Merpati). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui gambaran model bisnis oleh UKM Duta Merpati dengan pendekatan Business Model Canvas yang terdiri dari 9 blok Canvas. Dalam penelitian ini uji keabsahan data dilakukan dengan metode triagulasi yang dilakukan dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Business Model Canvas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Customer Segments saat ini adalah Segment Market, Value Proporsition yang diberikan lebih unggul yaitu keleluasaan sistim pembayaran, channels dilakukan secara direct (channels sendiri), Customer Relationship yang dikembangkan adalah menjaga hubungan baik dengan konsumen. Revenue Stream didapat dari transaksi perahu kayu tradisional, penjualan kayu, dan peminjaman mesin pengggergajian kayu. Key Resource yang dimiliki oleh UKM Duta Merpati yaitu physical (pick up, gergaji mesin), intelektual (siup), human (karyawan) financial (modal awal dari biaya pribadi), Key Activity saat ini yaitu mencari informasi pembelian bahan baku, penggergajian kayu dan pembuatan perahu. Key Partnership saat ini yang dimiliki yaitu petani kayu, perhutani dan toko peralatan nelayan. Cost Structure saat ini adalah biaya tenaga kerja lebih besar dikeluarkan dari pada biaya operasional per satu bulan,

English Abstract

The purpose of this research is to know the description of business model by UKM Duta Merpati, by using a Business Model Canvas approach consisting of 9 blocks Canvas. Validity of data in this research using by triagulation method which is checking the data to the same source. In this research is using Business Model Canvas theory. The method used in this research is descriptive by using qualitative analysis. The result of the research shows that the Customer Segments are Segment Market, Value Proporsition which is given a superiority of the payment system, the channels are done by direct (own channels), Customer Relationship developed is maintaining good relationship with the consumer. Revenue Stream comes from traditional wooden boat transactions, selling woods, and loan sawmill machine. Key Resource which are owned by UKM Duta Merpati are physical (pick up, chainsaw), intellectual (SIUP), human (employees) financial (initial capital of personal expenses), Key Activity is currently looking for information purchasing raw materials, sawmill and boatbuilding. Key Partnership currently owned is wood farmers, PERHUTANI and fishing equipment stores. The current Cost Structure is the larger labor cost incurred out of the operational cost per month

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/808/051809564
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan, Bisnis Model Kanvas-Entrepreneurship, Business Model Canvas
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.02 Management of enterprises of specific sizes and scope / Corporate governance > 658.022 Small enterprises
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 May 2019 03:45
Last Modified: 23 Oct 2021 06:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162135
[thumbnail of Nur Amala Sholihah.pdf]
Preview
Text
Nur Amala Sholihah.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item