Perencanaan Strategis Industri Kreatif Sektor Desain Grafis Kota Malang Aktor Pemerintah Dinas Perindustrian,

Rendra, Dimas Tri (2017) Perencanaan Strategis Industri Kreatif Sektor Desain Grafis Kota Malang Aktor Pemerintah Dinas Perindustrian,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Malang adalah Kota Kreatif di Indonesia. Kota Malang memiliki industri kreatif Desain grafis sebagai salah satu sektor unggulan. Desain grafis kota malang memiliki potensi, antara lain sebagai simpul utama pendidikan Desain Komunikasi Visual. Namun Industri kreatif desain grafis kota malang juga memiliki permasalahan yang menghambat perkembangannya. Berdasarkan hasil survei ditemukan permasalahan seperti pembajakan desain, daya beli lokal yang rendah, dan hasil produk yang diremehkan. Permasalahan tersebut menyebabkan industri kreatif desain grafis yang kurang berkembang. Penelitian ini meneliti penyebab Desain Grafis di kota Malang tidak berkembang, dan bagaimana cara mengembangkan desain grafis di kota Malang. Metode mengembangkan desain grafis di Kota Malang dibatasi dengan menggunakan metode perencanaan strategis. Metode perencanaan strategis dipilih karena memiliki keunggulan untuk misi yang hendak dicapai, meningkatkan kemampuan membuat keputusan, dan meningkatkan efisiensi. Aktor Perencanaan strategis yang dipilih adalah aktor pemerintahan yakni Dinas Perindustrian. Hasil dari perencanaan strategis menunjukkan bahwa terdapat 3 pergeseran paradigma utama, yang menyangkut perubahan produk Desain menjadi non cetak, perubahan gaya penyampaian pesan, dan perubahan persepsi masyarakat mengenai desain. Value proposition terpilih berdasarkan pergeseran paradigma tersebut adalah value proposition Costumer Intimacy. Visi yang harus diterapkan adalah “Mewujudkan Industri Kreatif Desain Grafis yang berorientasi pada pelayanan konsumen dengan produk desain grafis non cetak yang personalized”. Misi yang ditentukan adalah meningkatkan kegiatan pemasaran dan promosi, Meningkatkan kemampuan Industri Desain grafis dalam memberikan produk desain non cetak personalized, Mengembangkan sarana prasarana Desain Grafis serta mewujudkan iklim usaha desain yang kondusif. Berdasarkan hasil perencanaan terdapat 16 rencana aksi yang perlu dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian. Rencana Aksi tersebut terdiri dari kegiatan yang menyangkut peningkatan pemasaran dan promosi, kegiatan edukasi konsumen, kegiatan peningkatan kemampuan industri kreatif desain grafis, penyediaan sarana desain grafis, dan peningkatan kapasitas dinas perindustrian.

English Abstract

Malang is one of Indonesia Creative City. Malang have creative industry such as design graphic as one of it’s creative industries prime sector. Design Graphic in Malang indeed has some potentials like Malang being a center of Design Graphic Education system. However, Design Graphic Industries development has been struggle. Survey found, Design Graphic obstruction such as design copyright violation, poor local buyer, and people perception of design. This study aim to determine the reason design graphic is undeveloped, and determine how to develop design graphic. Method of development used on this study is strategic plan method. Strategic plan method used because strategic plan have an advantages to create specific mission, raise ability to create decision and raise efficiency. Subject planner on this study is Goverment Actor, Industrial Departement. This research find 3 major value shift; shift of design become digital product, shift of message delivery style, and shift of people perception. Value proposition suitable use based on value shit is Costumer Intimacy. The result of strategic planning show vision that needed to take is “Creating Design Graphic Creative Industry orientated to costumer services with unprinted personalized design”. Mission used for design graphic industry is raise promotion and marketing, increase design graphic capability, develop design infrastructure, and create sustainable design bussiness climate. There is 16 action plan needed to be done by departement of industry. Action plan consist of activity such as increase marketing and promotion, consumen education, increase design graphic bussiness actor capability, develop design infrastructure and increase departement of industry capacity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/603/051707196
Uncontrolled Keywords: Design Graphic Creative Industries,Strategic Plan, Costumer Intimacy, Action Plan
Subjects: 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.4 Local community planning (city planning)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 24 Aug 2017 04:39
Last Modified: 10 Dec 2020 09:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1621
[thumbnail of Rendra, Dimas Tri.pdf]
Preview
Text
Rendra, Dimas Tri.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item