Inovasi Pelayanan Publik Bagi Penyandang Disabilitas Melalui Layanan Pojok Braille (Studi pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang).

Pamula, Elok Rizki (2018) Inovasi Pelayanan Publik Bagi Penyandang Disabilitas Melalui Layanan Pojok Braille (Studi pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik seharusnya dapat diakses oleh semua pihak tanpa terkecuali termasuk bagi penyandang disabilitas. Inovasi-inovasi dilakukan oleh pemerintah untuk dapat mewujudkan pelayanan publik yang dapat dinikmati semua pihak. Salah satu inovasi pelayanan publik yaitu inovasi pelayanan perpustakaan umum bagi penyandang disabilitas oleh Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang berupa Inovasi Layanan Pojok Braille. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai inovasi Layanan Pojok Braille, kualitas inovasi pelayanan, serta faktor-faktor kritis yang mempengaruhi inovasi Layanan Pojok Braille pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun analisis data melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini maka inovasi Layanan Pojok Braille apabila dilihat dari tipologi inovasinya termasuk ke dalam inovasi produk layanan, inovasi kebijakan, dan inovasi proses. Kemudian kualitas inovasi pelayanan dilihat secara (a) Tangibles, belum terpenuhi secara maksimal apabila pemustaka yang berkunjung banyak ; (b) Reliability, sudah memenuhi dalam hal ketepatan sasaran inovasi dan ketepatan pemberian pelayanan ; (c) Responsiveness, respon petugas dalam memperikan pelayanan sudah cepat; (d) Assurance, pemustaka belum merasa terjamin karena aksesibilitas ruangan dan kemampuan petugas yang belum memadai ; dan (e) Empathy, petugas mampu berkomunikasi dengan baik namun terkadang masih belum bisa berempati dengan kebutuhan pemustaka. Faktorfaktor yang mempengaruhi inovasi Layanan Pojok Braille meliputi kepemimpinan organisasi yang mendukung, adanya budaya inovasi pada instansi, kualitas pegawai yang telah didukung dengan pelatihan-pelatihan namun kualitas dalam hal pengembangan masih kurang, adanya tim kerja dan kemitraan dengan berbagai pihak, kinerja inovasi yang selalu dievaluasi baik oleh pemustaka maupun dari pihak internal namun belum ada indikator kinerja yang pasti, dan penyebaran jaringan inovasi yang ditunjukkan dengan adanya replikasi inovasi oleh kabupaten/kota lain. Saran yang dapat diberikan terkait dengan penelitian ini adalah perlu adanya peningkatan fasilitas yang mendukung pemustaka disabilitas netra untuk lebih mandiri ketika mengakses Layanan Pojok Braille serta peningkatan kualitas pegawai yang dapat ditempuh dengan pelatihan-pelatihan agar mampu mendampingi dan memberikan pelayanan yang maksimal terhadap pemustaka disabilitas netra.

English Abstract

Public service should be accessible for everyone without an exception including for people with disabilities. The government made innovations so that public services is accessible for everyone. Braille Corner Service Innovation by Public Library and Local Archive Office of Malang City is an innovation on the public library for people with disabilities. The purpose of this research is to know and describe the innovation of Braille Corner Service, the quality of the innovation, and the factors that affect the innovation of Braille Corner Service in the Public Library and Local Archive of Malang City. The type of this research is a descriptive research with qualitative approach. Data condensation, data display and conclusion drawing were used to analyse the data of this research. Based on the result of this research, Braille Corner Service Innovation is a product innovation, policy innovation and process innovation according to its typology. Then the quality of this innovation indicates that from the dimension of (a) Tangibles, the service can not be fully met when the braille corner has many visitors; (b) Reliability, has been fully met from its innovation objective and the reliability to deliver the service; (c) Responsiveness, the civil servant on duty gave a fast respond; (d) Assurance, the visitors has not feel assured because the lack of accessibility and the skill of the civil servant on duty; and (e) Empathy, the civil servant on duty communicates well but sometimes lack of empathy about the need of the visitors with disabilities. The factors that affects Braille Corner Service Innovation including supportive organization leadership, an innovation culture in the organization, the quality of the civil servant that was supported by trainings but still lacks on the quality to develop the innovation, there is a team work and partnership to develop the innovation, innovation performance evaluated by visitors and internal organization but there is no fixed performance indicators, and the last is innovation network that can be seen from the number of Braille Corner Service innovation replicated by other regency/city. Recommendations that can be given according to this research are there is a need to improve the facility to support people with disabilities to be more independent when accessing the Braille Corner Service and the need to improve the quality of the civil servants through trainings so that they can assist and deliver the service to the visitors with disabilities well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/634/051808311
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pelayanan Publik, Disabilitas, Layanan Pojok Braille.- Public Service Innovation, Disability, Braille Corner Service.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 027 General libraries, archives, information centers > 027.6 Libraries for special groups and organizations > 027.66 Welfare institution libraries > 027.663 Libraries for people with disabilities
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 Jan 2019 02:23
Last Modified: 25 Oct 2021 08:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162095
[thumbnail of Elok Rizki Pamula.pdf]
Preview
Text
Elok Rizki Pamula.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item