Rekomendasi Perbaikan Proses Bisnis dengan Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI). (Studi kasus: Badan Penjaminan Mutu Universitas Widyagama Malang)

Agnes, Dinda (2018) Rekomendasi Perbaikan Proses Bisnis dengan Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI). (Studi kasus: Badan Penjaminan Mutu Universitas Widyagama Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Badan Penjaminan Mutu merupakan salah satu badan yang ada di Universitas Widyagama Malang. Badan ini berperan penting dalam menjamin mutu dari segala aspek yang berjalan di Universitas Widyagama Malang. Dalam proses bisnis pada fungsi bisnis pengendalian, monitoring, evaluasi mutu dan kinerja ketenagaan terdapat beberapa potensi permasalahan yang dapat mengganggu visi dan misi Badan Penjaminan Mutu. Pelaksanaan proses bisnis yang masih manual, sistem yang belum dimaksimalkan dan tidak terintegrasi, aktivitas yang berbelit serta pengarsipan dan penyimpanan yang kurang baik merupakan permasalahan yang ditemukan pada proses bisnis yang sedang berjalan. Oleh sebab itu, diperlukan analisis dan evaluasi untuk mengatasi permasalahan tersebut, dan dilakukan perbaikan proses bisnis untuk memaksimalkan proses bisnis yang ada. Penelitian ini menggunakan Business Process Modelling and Notation (BPMN) untuk membuat diagram proses bisnis, kemudian metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk evaluasi dan analisis penyebab potensi permasalahan pada proses bisnis dan juga metode Business Process Improvement (BPI) untuk melakukan perbaikan. Dari hasil simulasi yang telah dilakukan pada proses bisnis saat ini (as is) dan rekomendasi (to be) pada semua proses bisnis yang telah dimodelkan, ditemukan bahwa terjadi peningkatan pada time analysis yang dapat mencapai 61,13%. Selain itu, jika proses bisnis rekomendasi diterapkan oleh Badan Penjaminan Mutu, diharapkan dapat meminimalisasi permasalahan yang terjadi sesuai dengan hasil analisis dan evaluasi yang telah dilakukan. Sehingga dapat disimpulkan, proses bisnis rekomendasi (to be) dapat meningkatkan kualitas mutu dosen dalam pembelajaran sehingga semakin efisien dan efektif, maka dari itu rekomendasi proses bisnis ini penting untuk diterapkan pada Badan Penjaminan Mutu, Universitas Widyagama Malang.

English Abstract

Badan Penjaminan Mutu is the division in Widyagama University in Malang. This division plays an important role to ensure the quality of all aspects in the university. In the process to business function of control, monitoring, and quality evaluation, and performance of personnel, there are some potential problems to hamper the achivement of vision and mission of Badan Penjaminan Mutu. The problems are the manual business process, inefficient and not integrated system, complex and long-time required activities and inefficient storage archiving. Therefore analysis and evaluation are needed to solve these problem and business process improvement to maximize the current business process. This research uses Business Process Modelling and Notation (BPMN) to create business process diagrams, the Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) method to evaluate and analyse the potential causes for problems in business process, and Business Process Improvement (BPI) method to make improvements. From the simulation results on current business process (as is) and the recommendation (to be), there is an increase in time analysis by 61.13%. Furthermore, if the business process recommendations are applied, potential problem according to analysis and evaluation can be minimized. So it can be concluded, that business process recommendations (to be) can improve the quality of lecturers in learning so can be more efficient and effective, hence the recommendation of this business process is important to be applied by Badan Penjaminan Mutu, University of Widyagama Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/467/051808072
Uncontrolled Keywords: Proses Bisnis, Business Process Modelling and Notation (BPMN), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Business Process Improvement (BPI), Simulasi Proses Bisnis Business Process, Business Process Modelling and Notation (BPMN), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Business Process Improvement (BPI), Business Process Simulation
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.05 Computer applications
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Mar 2019 03:27
Last Modified: 21 Oct 2021 01:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162058
[thumbnail of Dinda Agnes.pdf]
Preview
Text
Dinda Agnes.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item