Evaluasi Dan Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Management Notation Dan Quality Evaluation Framework (Qef) Pada Perusahaan Gumcode Indonesia

Putra, Zulfiar Ryanda (2018) Evaluasi Dan Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Management Notation Dan Quality Evaluation Framework (Qef) Pada Perusahaan Gumcode Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gumcode Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang Jasa Layanan IT Development & Outsourcing Service dengan beberapa kerjasama dengan partner, instansi serta perusahaan Badan usaha milik negara (BUMN). Gumcode mempunyai beberapa layanan jasa yakni Website dan Mobile Apps Android dan iOS yang dapat dikembangkan. Selain itu, Gumcode Indonesia juga memberikan pelayanan servis dan jasa outsourcing developer untuk perusahaan. Proses bisnis pada Gumcode tersebut tentunya belum berjalan secara baik dan benar. Masih ada beberapa permasalahan yang berpotensi untuk mengganggu berjalannya proses bisnis. Seperti yang telah dikatakan oleh narasumber pada Gumcode pada bulan Februari 2018, salah satu permasalahan yang ada pada proses bisnis Gumcode adalah waktu berjalannya proses yang terlalu lama. Dibutuhkan analisa dan pemodelan proses bisnis agar dapat dilakukan evaluasi terhadap proses bisnis yang ada pada CV. Gumcode Indonesia. Penelitian ini menggunakan Analisis Value Shop untuk mengetahui aktivitas utama dan aktivitas pendukung pada proses bisnis development pada perusahaan, Quality Evaluation Framework (QEF) untuk melakukan evaluasi terhadap proses bisnis development yang sudah dianalisa dan dimodelkan, setelah itu Root Cause Analysis berperan untuk mengidentifikasi akar permasalahan dengan menggunakan teknik 5 Why Method Analysis. Hasil dari penelitian ini adalah berupa penyebab dan akar permasalahan yang terjadi pada aktivitas atau proses yang telah di evaluasi. Terjadi ketidaksesuaian pada quality factor dengan kode Q3 yaitu Kesesuaian offering yang ditawarkan kepada klien (Failure Frequency). Berdasarkan hasil wawancara target keberhasilan offering pada klien rata-rata terdapat 10 offering per minggu. Dan dalam per minggu rata-rata hanya 3 offering yang berhasil masuk pada perusahaan. Berdasarkan perhitungan Quality Factor didapatkan hasil 30% dari 10 offering. Maka hasil Quality Factor tersebut sesuai dengan target perusahaan.

English Abstract

Gumcode Indonesia is a company engaged in the field of it development & outsourcing service with some cooperation with partners, agencies and stateowned enterprises (BUMN). Gumcode has several services in example website and both android and ios mobile apps that can be developed. In addition, Gumcode Indonesia also provides developer outsourcing service for the company. The business processes on Gumcode is certainly not running properly and correctly. There are still some problems that have potential to disrupt the business processes. As has been said by the speakers on Gumcode in February 2018, one of the problems that exist in the gumcode business process is the process runs too long. It require analysis and modeling of business processes in order to evaluate the existing business processes on CV. Gumcode Indonesia. This research uses value shop analysis to find out the main activity and supporting activity in business development process at the company, Quality Evaluation Framework (QEF) to evaluate business development process which have been analyzed and modeled. After that, root cause analysis acts to identify the root of problem using 5 Whys method analysis. The result of this research is in the form of cause and root of problem that happened at activity or process which have been evaluated. There is a discrepancy in the quality factor with the Q3 code that is the suitability of the offer to the client (Failure Frequency). Based on the results of interviews, the target of offering success on the average client is 10 offerings per week. And in per week on average only 3 offerings that made it into the company. Based on the calculation of Quality Factor obtained 30% results from 10 offers. Then the result of Quality Factor is in accordance with the target company.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/643/051808556
Uncontrolled Keywords: Quality Evaluation Framework (QEF), Root Cause Analysis, 5 Why Method Analysis Business Process Modelling Notation (BPMN), Proses Bisnis Quality Evaluation Framework (QEF), Root Cause Analysis, 5 Why Method Analysis Business Process Modelling Notation (BPMN), Business Process
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 650.285 Computer application
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 May 2019 02:54
Last Modified: 21 Oct 2021 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162056
[thumbnail of Zulfiar Ryanda Putra.pdf]
Preview
Text
Zulfiar Ryanda Putra.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item