Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Dengan Business Process Improvement (Bpi), Root Cause Analysis (Rca) Dan Quality Evaluation Factor (Qef) Pada Layanan Jasa Untuk Pelanggan (Studi Kasus: Kantor Jasa Penilai Publik (Kjpp) Aditya Iskandar Dan Rekan)

Salma, Istania (2018) Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Dengan Business Process Improvement (Bpi), Root Cause Analysis (Rca) Dan Quality Evaluation Factor (Qef) Pada Layanan Jasa Untuk Pelanggan (Studi Kasus: Kantor Jasa Penilai Publik (Kjpp) Aditya Iskandar Dan Rekan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

KJPP Aditya Iskandar dan Rekan merupakan sebuah badan usaha yang bergerak pada bidang Jasa Penilai. KJPP Aditya Iskandar dan Rekan menyediakan beberapa layanan jasa penilaian dan konsultasi yang prosesnya dimulai dari penerimaan pesanan dari klien, perincian kebutuhan penilaian objek pesanan klien sampai dengan pengiriman laporan ke klien. Dalam menjalankan proses bisnis yang ada, terdapat beberapa aktivitas yang tidak sesuai target sehingga menghambat aktivitas perusahaan. Oleh karena itu perlu adanya evaluasi dan perbaikan proses bisnis. Langkah yang dilakukan untuk mengevaluasi dan memperbaiki proses bisnis yang berjalan saat ini yaitu dengan mengidentidikasi proses bisnis utama dan pendukung menggunakan Value Shop Anaysis, lalu melakukan pemodelan menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN), kemudian memetakan quality factor dan menentukan target serta kalkuasi sesuai dengan rumus yang ada pada metode QEF (Quality Evaluation Framework). Setelah quality factor dan target perusahaan didapatkan dengan metode QEF, maka akan dicari akar permasalahannya menggunakan metode Root Cause Analysis dengan teknik Fishbone Analysis. Selanjutnya digunakan metode BPI (Business Process Improvement) untuk mendapatkan rekomendasi proses bisnis perbaikan yang harapannya dapat digunakan perusahaan memperbaiki proses bisnis yang telah ada sebelumnya. Berdasarkan hasil simulasi yang dilakukan pada proses bisnis Penerimaan Pesanan dari Klien, jika rekomendasi dijalankan akan meningkatkan kinerja perusahaan hingga 92,68 %.

English Abstract

KJPP Aditya Iskandar and Rekan is a business entity engaged in the field of Appraisal Services. KJPP Aditya Iskandar and Partners provide several valuation and consultancy services whose process begins with the acceptance of orders from clients, needs of client order object valuation up to delivery of reports to clients. In running the existing business process, there are some activities that do not fit the target so that hamper the company's activities. Therefore the need for evaluation and improvement of business processes. Steps taken to evaluate and improve current business processes are to identify the main business processes and supporters using Value Shop Anaysis, then modeling using Business Process Model and Notation (BPMN), then mapping the quality factor and determining the targets and calculations according to the formula that exists on the QEF (Quality Evaluation Framework) method. After the quality factor and company target is obtained by QEF method, it will search the root of the problem using Root Cause Analysis method with Fishbone Analysis technique. Furthermore, BPI (Business Process Improvement) method is used to get business process improvement recommendation which hope can be used by company to improve existing business process before. Based on the results of simulations conducted improvements to the business process Implementation of Assessment Objects to the Field has increased by 92,68 so that if the process is improved will greatly affect the company activit

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/452/051808057
Uncontrolled Keywords: quality evaluation framework (qef), quality factor, business prosess model and notation (bpmn), fishbone analysis, business process improvement (bpi), streamlining, business process simulation.
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 May 2019 02:20
Last Modified: 18 Oct 2021 07:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162021
[thumbnail of Istania Salma.pdf]
Preview
Text
Istania Salma.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item