Pengaruh Jumlah Unit Usaha, Jumlah Penduduk, Inflasi, dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Terhadap Penerimaan Pajak Reklame (Studi Pada Kabupaten Tulungagung).

Agustina, Sella Rindha (2018) Pengaruh Jumlah Unit Usaha, Jumlah Penduduk, Inflasi, dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Terhadap Penerimaan Pajak Reklame (Studi Pada Kabupaten Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu sumber pajak daerah yang berkontribusi terhadap PAD di wilayah Kabupaten Tulungagung adalah Pajak Reklame. Pajak reklame merupakan pajak yang cukup potensial dimana memiliki beberapa keunggulan, antara lain lokasi objek pajak jelas dan mudah diidentifikasi, relatif mudah untuk diimplementasikan dan pertumbuhannya yang stabil. Namun, penerimaan Pajak Reklame di Kabupaten Tulungagung belum bisa dikatakan optimal dikarenakan sering terjadi penurunan dan tidak mencapai target. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jumlah unit usaha, jumlah penduduk, inflasi, dan PDRB terhadap penerimaan pajak reklame di Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif yang menitikberatkan pada pengujian hipotesis. Objek penelitian yang digunakan adalah Badan Pendapatan Kabupaten Tulungagung berupa realisasi penerimaan pajak reklame Kabupaten Tulungagung dari tahun 2008-2016, dan Badan Pusat Statistik berupa jumlah penduduk, inflasi dan PDRB dari tahun 2008-2016. Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder dengan menggunakan metode dokumentasi dan studi kepustakaan. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa variabel jumlah unit usaha berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penerimaan pajak reklame. Sedangkan jumlah penduduk, inflasi dan produk domestik regional bruto berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penerimaan pajak reklame di Kabupaten Tulungagung. Rekomendasi yang dapat peneliti berikan adalah Badan Pendapatan Daerah lebih mensosialisasikan lagi tentang penyelenggaraan reklame dengan tarif sebesar 25% sehingga diharapkan pemasangan reklame ilegal atau reklame liar dapat di minimalisir. Peneliti selanjutnya dapat memperluas lingkup penelitan, menambah jumlah sampel atau memakai teknik analisis yang berbeda, menambahkan variabel bebas lainnya sehingga diharapkan dapat memberikan hasil penelitian yang lebih baik, lengkap,spesifik dan bermanfaat.

English Abstract

One of the sources that contribute to the local tax revenue in the district of Tulungagung is advertisement tax. Advertisement tax is a tax that is a potential which has several advantages, including the location of the tax object is clear and easily identifiable, relatively easy to implement and stable growth. However, the advertisement tax revenue in Tulungagung is not optimal because there is often a decline and does not reach the target. The purpose of this study was to analysis the influence of total business, population, inflation, and gross regional domestic product on advertisement tax revenue in the Tulungagung. This type of research used in the study is a quantitative approach that focuses on hypothesis testing. The object of the research is the Department of Revenue and Financial Management of Tulungagung in the form of advertisement tax revenues Tulungagung from 2008-2016 year, and the Central Bureau of Statistics such as total business unit, population, inflation, and the GDRP of the year 2008-2016. Data collection techniques using secondary data by using the method of documentation and library research. Methods of data analysis using multiple linear regression analysis. Based on the results of data analysis and hypothesis testing, it can be concluded that the variable total business unit have a negative and significant effect on advertisement tax revenue. While the population, inflation and gross domestic regional product have a positive and significant effect on advertisement tax acceptance in Tulungagung. Recomendation that researchers can give is that Department of Revenue and Financial Management should be more socialized about administration of the advertisement at a rate of 25 % and so hopefully installation of illegal advertisement can be minimized. The next researchers can expanding the scope of the research, adding the number of samples or use different analytical techniques, adding more independent variable so hoppefully can give a better research, more comprehensive, more spesific and useful.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/975/051811293
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Pajak di Kabupaten
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.201 Taxes by governmental level
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Mar 2019 02:26
Last Modified: 23 Oct 2021 07:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161977
[thumbnail of Sella Rindha Agustina.pdf]
Preview
Text
Sella Rindha Agustina.pdf

Download (28MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item