Evaluasi Usability Dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Situs Web VEDC/P4TK BOE Malang Menggunakan Questionnaire For User Interface Satisfaction (QUIS) Dan Pendekatan Human-Centered Design

Satriajaya, Mochamad Arief (2018) Evaluasi Usability Dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Situs Web VEDC/P4TK BOE Malang Menggunakan Questionnaire For User Interface Satisfaction (QUIS) Dan Pendekatan Human-Centered Design. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

VEDC/P4TK BOE Malang merupakan sebuah lembaga yang sejak 1986 pelatihan dilakukan di bidang pengembangan dan peningkatan kompetensi profesional. P4TK BOE Malang, merupakan bagian terpadu dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai unit pelaksana teknis Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. Permasalahan teknis yang sering dikomplain dari pengguna mendorong instansi VEDC untuk dilakukan adanya evaluasi mendetail pada situs web. Perbaikan antarmuka pengguna dilakukan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang sering disampaikan oleh pengguna. Perbaikan antarmuka pengguna dilakukan dengan menggunakan pendekatan Human-Centered Design. Aspek usability yang digunakan dalam pengujian antara lain; Efficiency untuk tingkat efisien dalam mengakses situs web, Effectiveness untuk mengukur tingkat keberhasilan, dan kuesioner Questionnaire for User Interaction Satisfaction (QUIS) untuk mengukur Satisfaction. Evaluasi awal dilakukan dengan melakukan uji usability yang menghasilkan 8 permasalahan dengan diterangkan hasil wawancara kuesioner QUIS. Evaluasi kedua dilakukan dengan metode yang sama kepada prototype desain solusi yang dirancang dengan pandangan menyelesaikan masalah desain awal. Penelitian sudah memberikan hasil peningkatan yaitu pada evaluasi kedua, waktu pengerjaan dari 328 detik menjadi 214 detik, tingkat keberhasilan dari 68,3% menjadi 100%, error rate dari 29,1% menjadi 0% , dan tingkat kepuasan dari skor 147 menjadi 232 dengan nilai maksimal 270 yang berarti memuaskan.

English Abstract

VEDC / P4TK BOE Malang is an institution that since 1986 training conducted in the field of development and improvement of competence. P4TK BOE Malang, is an integrated part of the Ministry of Education and Culture as a technical implementation unit of the Directorate General Teachers and Education Personnel. The frequent problems of users encourage VEDC agencies to make detailed implementation on the website. User improvements are made to resolve issues that are often conveyed by the user. User improvements are made using Human-Centered Design. Usability aspects that are in testing, among others; Efficiency for an efficient level of website access, Effectiveness for measuring success rate, and Questionnaire Questionnaire for User Interaction Satisfaction (QUIS) for Measuring Satisfaction. The preliminary evaluation was carried out by conducting a usability test which resulted in 8 sections with the result of QUIS questionnaire interview. Evaluation is done by the same method to design prototype designed by overcoming the initial design problem. Research already show greatly in change counted in gives back-up on time from 328 seconds to 214 seconds, success rate from 68.3% to 100%, error rate from 29.1% to 0%, and quality level from score 147 to 232 with max value of 270 with the value of “memuaskan.”

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/571/051808365
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Feb 2019 02:43
Last Modified: 21 Oct 2021 02:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161976
[thumbnail of 051808365-Mochamad Arief Satriajaya] Other
051808365-Mochamad Arief Satriajaya

Download (0B)

Actions (login required)

View Item View Item