Evaluasi User Experience dengan Mengadaptasi meCUE Questionnaire pada Aplikasi KAI Access danan Aplikasi Tiket.com

Larasati, Dea Annisa (2018) Evaluasi User Experience dengan Mengadaptasi meCUE Questionnaire pada Aplikasi KAI Access danan Aplikasi Tiket.com. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kereta Api sebagai salah satu trasnportasi umum Indonesia yang menjadi pilihan banyak masyarakat sekarang ini semakin mudah dijangkau pembelian tiketnya. Melalui banyak media kita dapat melakukan transaksi untuk membeli tiket kereta api secara mudah. Salah satunya adalah melalui aplikasi mobile. Dua dari sekian banyak aplikasi yang menyediakan layanan pemesanan tiket kereta api adalah aplikasi KAI Access dan aplikasi Tiket.com. Dengan banyaknya masyarakat yang tertarik menggunakan aplikasi mobile sekarang ini, aplikasi dituntut untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada penggunanya dari banyak aspek. Salah satu aspeknya adalah user experience. User experience atau pengalaman pengguna merupakan aspek yang harus diperhatikan oleh pengembang sehingga dapat memberikan pengalaman yang baik kepada penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi aplikasi KAI Access dan aplikasi Tiket.com menggunakan kuesioner meCUE. Sebelum dapat menggunakan kuesioner meCUE, kuesioner yang berasal dari bahasa Jerman tersebut terlebih dahulu di terjemahkan menjadi bahasa Indonesia. Sebelumnya, kuesioner ini telah di kembangkan dan di validasi ke dalam bahasa Inggris oleh Michael Minge, Manfred Thüring, Ingmar Wagner. Untuk mendapatkan kuesioner meCUE bahasa Indonesia yang valid, kuesioner ini di uji validasi dan reliabilitasnya melalui pendapat ahli, penilaian ahli dan perhitungan uji validitas dan reliabilitas. Acuan yang digunakan adalah nilai r tabel yang akan dibandingkan dengan nilai r hitung untuk menentukan validitas dari tiap pernyataan. Untuk uji reliabilitas, nilai 0,7 menjadi acuan dalam penelitian ini. Karena riteria uji apabila nilai alpha cronbach >0,70 maka pengukuran tersebut reliabel, tetapi apabila alpha cronbach <0,70 maka pernyataan pada angket tersebut dinyatakan tidak reliabel. Setelah didapatkan kuesioner yang telah valid dan reliable, kuesioner disebarkan ke 45 responden yang sesuai kriteria, yaitu yang pernah menggunakan aplikasi KAI Access dan Tiket.com, atau yang sering menggunakan dua aplikasi tersebut. Penelitian ini menghasilkan nilai rata-rata yang didapatkan melalui perhitungan kuesioner meCUE dan dianalisa berdasarkan hasil tersebut.

English Abstract

Nowadays, it is becoming easier to get train tickets with just one click. There are so many choices on how we get train tickets. One of them is through mobile application. Two of many applications that provide train ticket booking services are the KAI Access application and the Ticket.com application. With so many people interested in using mobile applications nowadays, application needs to provide the best service to its users from any aspects. One of the aspects is user experience. User experience or user experience is an aspect that developers should be aware of so as to provide a good user experience. This research aims to evaluate the application of Access KAI and Ticket.com application, but on this research only the train ticket booking service that is being evaluated on Ticket.com application, using the meCUE questionnaire. Before being able to use the meCUE questionnaire, the questionnaire derived from the German language was first translated into Indonesian. Previously, this questionnaire has been developed and validated into English by Michael Minge, Manfred Thüring, Ingmar Wagner. To obtain a valid Indonesian meCUE questionnaire, this questionnaire was tested for validation and reliability through expert opinions, expert judgment and validity and reliability test calculations. The reference used is the r value of the table to be compared with the calculated r value to determine the validity of each statement. For reliability test, the value of 0.7 becomes the reference in this study. Because the test riteria if the value of alpha cronbach> 0.70 then the measurement is reliable, but if alpha cronbach <0.70 then the statement in the questionnaire is declared unreliable. After obtaining questionnaires that have been valid and reliable, the questionnaires distributed to 45 respondents who match the criteria, ie who ever use the application KAI Access and Tiket.com, or who often use the two applications. This study yields the average values obtained through the calculation of the meCUE questionnaire and analyzed based on these results.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/561/051808405
Uncontrolled Keywords: user experience, aplikasi KAI Access, aplikasi Tiket.com, kuesioner meCUE, uji validitas dan reliabilitas. user experience, KAI Access, Tiket.com application, meCUE questionnaire, validity and reliability testing
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.4 Systems programming and programs > 005.43 Systems programs > 005.437 User interfaces
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Mar 2019 07:46
Last Modified: 21 Oct 2021 03:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161947
[thumbnail of Dea Annisa Larasati.pdf]
Preview
Text
Dea Annisa Larasati.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item