Penerapan Metode User Centered Design Pada Aplikasi E-Learning Berbasis Android (Studi Kasus: Sman 3 Sidoarjo)

Krisnoanto, Arie (2018) Penerapan Metode User Centered Design Pada Aplikasi E-Learning Berbasis Android (Studi Kasus: Sman 3 Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan dan teknologi merupakan dua hal yang saling ketergantungan untuk kehidupan manusia dimasa depan. SMAN 3 Sidoarjo merupakan salah satu sekolah yang memiliki fasilitas edukasi untuk siswa dan pengajar yaitu e-learning, fasilitas yang sudah berjalan beberapa tahun di situs resmi sekolah ini masih dalam tahap pengembangan dan masih belum digunakan sepenuhnya dengan baik oleh pihak sekolah karena kurangnya minat penggunaan e-learning dari pihak siswa dan pengajar. Data dari statista.com terdapat 88,37% pengguna smartphone dengan sistem operasi Android hingga akhir tahun 2017. Dengan melihat dan memanfaatkan kondisi di lapangan, siswa dan pengajar telah menggunakan smartphone dalam kegiatan sehari-hari serta memaksimalkan penggunaan e-learning sekolah, aplikasi penunjang kegiatan pembelajaran atau e-learning sekolah diimplemetasikan pada smartphone Android dengan menggunakan metode User-Centered Design yang mengacu pada experience pengguna sehingga dapat membuat aplikasi e-learning ini memiliki nilai usability yang cukup baik untuk digunakan oleh siswa dan pengajar. Disamping itu metode UCD bersifat iteratif yang artinya dapat menggali kebutuhan pengguna end-user yang dapat berubah-ubah secara langsung. Data uji yang dihasilkan saat menggunakan metode kuesioner USE terdapat hasil rata-rata kelayakan pada kriteria usefulness sebesar 91,71%, kriteria ease of use sebesar 83,37%, kriteria ease of learning sebesar 94,5%, dan kriteria satisfaction sebesar 82,16%. Untuk rata-rata hasil nilai uji usability menggunakan task scenario didapati 96,7% keberhasilan pada pengguna siswa dan 94,6% keberhasilan pada pengguna pengajar.

English Abstract

Education and technology are two interdependence thing for human life in the future. Senior high school 3 Sidoarjo is one of school that have e-learning as educational facilities for students and teachers. Facilities that have been running for several years on the official site of this school is still in the development stage and still not used completely well by the school due to lack of interest for using elearning from students and teachers. Data from statista.com there are 88.37% smartphone Android users until the end of 2017. By viewing and utilizing the current conditions, students and teachers have been using smartphones in their daily activities as well as maximizing the use of school facilities, e-learning implemented on Android smartphones using User-Centered Design method that refers to the user experience to make e-learning application has a good usability value to be used by students and teachers. In addition, UCD method is iterative which means it can explore any needs of end-user that can change directly. The result of data test from USE questionnaire method are usefulness criteria 91.71%, ease of use criteria 83.37%, ease of learning criteria 94.5%, and satisfaction criteria 82,16%. The average score of usability testing using task scenarios had 96.7% success in student user and 94,6% success on teacher user.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/510/051808319
Uncontrolled Keywords: e-learning, ucd, usability, android, notification
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs > 005.36 Programs for personal computers > 005.368 Programs for spesific operating systems and for specific user interfaces > 005.368 2 Programs for specific operating systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 May 2019 00:50
Last Modified: 21 Oct 2021 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161936
[thumbnail of Arie Krisnoanto.pdf]
Preview
Text
Arie Krisnoanto.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item