Analisis Supplier Relationships Management (Srm) Dan Upaya Peningkatan Kontinuitas Bahan Baku Benih Padi Pada Perusahaan Swasta Di Kabupaten Pasuruan

Sinaga, Erikson Bob Philips (2018) Analisis Supplier Relationships Management (Srm) Dan Upaya Peningkatan Kontinuitas Bahan Baku Benih Padi Pada Perusahaan Swasta Di Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Supply Chain Management (SCM) saat ini telah menjadi isu penting di kalangan pelaku industri, dimana SCM telah menjadi salah satu faktor kunci yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Berfokus pada SCM, ada dua komponen utama yang berkontribusi terhadap daya saing SCM yakni komponen eksternal dan komponen internal (Tengku, 2013). Didalam komponen eksternal tersebut terdapat konsep Supplier Relationship Management (SRM) yang mengambarkan bagaimana perusahaan melakukan kerjasama dengan supplier (pemasok). Konsep SRM ini tentu penting dilakukan untuk menjaga hubungan antara perusahaan dengan supplier sehingga menjamin ketersediaan bahan baku guna mempertahankan keberlanjutan proses produksi perusahaan. Selain itu, SRM juga mampu mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi dalam fungsi supply chain (Wangeci, 2013). Kabupaten Pasuruan adalah salah satu kawasan sentra Padi di Jawa Timur dengan jumlah produksi sebesar 721.144 ton pada tahun 2016. Angka tersebut telah melampaui dari target yang ditetapkan di dalam (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pasuruan tahun 2013-2018 sebesar 564.384 ton atau 27,78% (pasuruankab.go.id). Sebagai salah satu sentra padi di Jawa Timur, Kabupaten Pasuruan memiliki 29 produsen benih padi terdiri dari 28 produsen swasta dan 1 produsen BUMN yakni PT. SHS (BPSB, 2015). Namun dari hasil survei pendahuluan, diperoleh bahwa dari 29 produsen benih tersebut hanya 12 produsen yang masih aktif memproduksi benih padi. Informasi dari HPPB Pasuruan juga menyatakan bahwa produsen swasta di Kabupaten Pasuruan turut berpartisipasi dalam memenuhi 40 % kebutuhan benih padi di tingkat Kabupaten Pasuruan. Untuk memenuhi target produksinya, produsen swasta benih padi di Kabupaten Pasuruan melakukan kerjasama dengan petani supplier. Pada saat ini, penelitian-penelitian terdahulu telah banyak membahas mengenai Supplier Relationship Management (SRM). Namun belum banyak yang menggali informasi mengenai penelitian SRM pada perusahaan berbasis agribisnis. Penelitian mengenai SRM kebanyakan dilakukan di perusahaan manufaktur (Hsiao, 2002, Amran, T. 2012, Rakhmawati, et.al. 2009, Goko. 2012). Pasutham (2012) dalam penelitiannya mengenai Supply Chain Macro Process pada tiga perusahaan industri di Thailand melakukan pengukuran kinerja supplier relationship management dengan menggunakan tiga konsep yakni seleksi supplier berkualitas, integrasi supplier dan efektivitas pembelian dengan metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Tentu akan ada perbedaan ketika menerapkan strategi Supplier Relationship Management (SRM) pada objek perusahan yang bukan bergerakdalam bidang manufaktur. Oleh karena itu, penelitian ini akan melakukan analisis mengenai Supplier Relationship Management (SRM) dengan mengambil objek perusahaan berbasis pertanian. Adapun konsep dan variabel yang akan digunakan dalam penelitian ini mengacu pada penelitian yang dilakukan oleh Pasutham (2012). Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Lokasi penelitian terletak di wilayah Kecamatan Wonorejo dan Kecamatan Pandaan. Penentuan responden dilaksanakan secara bertahap (multistage). Tahap pertama adalah penentuan responden produsen benih padi, yang ditetapkan secara sengaja sebanyak 4 produsen atas dasar adanya ikatan kerjasama antara produsen dengan petani. Tahap kedua adalah penentuan responden petani mitra tingkat I, yang ditetapkan berdasarkan metode snowball sampling. Tahap ketiga adalah penentuan responden petani mitra tingkat II, menggunakan metode random sampling dan metode sensus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan pengumpulan data sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk mengidentifikasi penerapan indikator SRM dan analisis korelasi rank Spearman untuk menganalisis keeratan hubungan kerjasama antara perusahaan, petani mitra tingkat I dan petani mitra tingkat II. Penelitian ini menggunakan 3 konsep Supplier Relationship Management (SRM) yakni seleksi supplier, integrasi supplier dan efektivitas proses pembelian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pola kerjasama yang terjadi dalam aktivitas rantai pasok benih padi dilihat dari konsep SRM yakni pola kerjasama antara perusahaan dengan petani mitra tingkat I dan petani mitra tingkat I dengan petani mitra tingkat II. Perbedaan antara petani mitra tingkat I dengan petani mitra tingkat II adalah petani mitra tingkat I secara langsung bekerjasama dengan perusahaan sedangkan petani mitra tingkat II tidak secara langsung melainkan melalui perantara petani mitra tingkat I. Bentuk kerjasama yang dilakukan perusahaan adalah dengan memberikan pinjaman benih kepada petani mitra yang nantinya hasil panen akan dijual kepada perusahaan. Kerjasama yang dilakukan antara perusahaan dan petani mitra tidak memiliki kontrak tertulis namun hanya mengandalkan kesepakatan dan sikap saling percaya. Pada pola hubungan antara perusahaan-petani mitra tingkat I dan petani mitra tingkat I-petani mitra tingkat II, memiliki persepsi masing-masing terhadap setiap variabel dari masing-masing indikator. Indikator kinerja supplier terdiri dari variabel kualitas produk, kinerja pengiriman dan kualitas penyimpanan. Hasil pengukuran dari pola relasi menyatakan bahwa indikator kinerja supplier sangat penting untuk dipertimbangkan. Indikator proses seleksi supplier terdiri dari tahapan seleksi supplier, keefektifan negosiasi dan ada tidaknya kontrak tertulis. Hasil dari pengukuran pada pola relasi menyatakan bahwa indikator tersebut tidak penting untuk ada tidaknya kontrak tertulis dan cukup penting untuk tahapan seleksi supplier dan keefektifan negosiasi. Indikator koordinasi supplier terdiri dari kerjasama peningkatan produksi, keterlibatan terhadap keputusan tak terduga daninformasi rencana tak terduga. Hasil pengukuran pada pola relasi, menyatakan bahwa indikator koordinasi supplier sangat tidak penting untuk keterlibatan terhadap keputusan tak terduga dan sangat penting untuk kerjasama peningkatan produksi. Indikator integrasi informasi terdiri dari jenis media komunikasi, berbagi informasi, peramalan usaha dan keefektifan komunikasi. Hasil pengukuran dari pola relasi menyatakan bahwa indikator tersebut sangat penting untuk dipertimbangkan. Indikator hubungan organisasional terdiri dari kesamaan tujuan bisnis, cara menjaga komunikasi, berbagi resiko dan kepercayaan. Hasil pengukuran dari pola relasi menyatakan bahwa indikator tersebut cukup penting dan sangat penting untuk dipertimbangkan. Indikator penggunaan teknologi dan informasi, hasil pengukuran pada pola relasi menyatakan bahwa indikator tersebut sangat penting untuk dipertimbangkan. Indikator efektivitas komunikasi mengenai produksi terdiri dari daftar spesifikasi produk dan kesesuaian spesifikasi produk. Hasil pengukuran menyatakan bahwa indikator tersebut sangat penting dipertimbangkan. Indikator efektivitas administrasi kontrak terdiri dari evaluasi dan verifikasi produk serta kesepakatan prosedur pembayaran. Hasil pengukuran dari pola relasi menyatakan bahwa indikator tersebut sangat penting untuk dipertimbangkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa perusahaan swasta benih padi di Kabupaten Pasuruan dalam memenuhi kebutuhan bahan baku produksi melakukan kerjasama dengan petani mitra. Bentuk kerjasama yang dilakukan perusahaan kepada petani mitra berupa pinjaman benih yang akan ditanam petani mitra, disesuaikan dengan permintaan perusahaan. Kerjasama antara perusahaan kepada petani mitra tingkat I dan petani mitra tingkat I kepada petani mitra tingkat II memiliki keeratan hubungan yang sangat kuat dan signifikan. Hal ini terjadi karena sistem kerjasama lebih mengedepankan kepercayaan dan rasa kekeluargaan diantara perusahaan dan petani mitra. Meskipun tidak ada keterikatan kontrak namun dengan komunikasi dan koordinasi serta kesepakatan harga, kerjasama dapat berjalan dengan lancar. Apabila dibandingkan dengan perusahaan berskala besar seperti pada penelitian Pasutham (2012), maka terdapat beberapa indikator yang sesuai dan tidak sesuai untuk diterapkan. Indikator yang tidak sesuai seperti green supplier yang tidak diterapkan dalam pola kerjasama antara perusahaan dan petani mitra di Kabupaten Pasuruan. Kemudian kerjasama yang tidak memiliki kontrak tertulis dan tidak adanya prosedur seleksi petani mitra serta penggunaan inovasi teknologi terkini dalam prosedur pembayaran yang belum dilakukan. Saran yang dapat diberikan yakni relasi yang terjalin antara pola hubungan perusahaan-petani mitra tingkat I dan petani mitra tingkat I-petani mitra tingkat II memiliki tingkat keeratan yang sangat kuat dan signifikan. Sehingga bentuk kerjasama yang selama ini dilakukan harus tetap dipertahankan.

English Abstract

Supply Chain Management (SCM) has become an important issue among industry players, that contribute to economic growth. Focus on SCM, there are two major components that contribute to SCM's competitiveness, namely external components and internal components (Tengku, 2013). Inside the external component there is the concept of Supplier Relationship Management (SRM) which describes how the company cooperates with suppliers. SRM is certainly important to maintain the relationship between the company with suppliers so as to ensure the availability of raw materials in order to maintain the sustainability of the company's production process. In addition, SRM is also able to reduce costs and improve efficiency in supply chain functions (Wangeci, 2013). Pasuruan regency is one of the centers of paddy seed’s in East Java with a production capacity of 721,144 tons in 2016. This figure has exceeded the target set in the Regional Development Plan (RPJMD) of Pasuruan Regency in 2013-2018 of 564,384 tons or 27.78% (pasuruankab.go.id). As one of the paddy centers in East Java, Pasuruan Regency has 29 paddy seed producers consisting of 28 private producers and one state-owned producer, PT SHS (BPSB, 2015). According to preliminary survey results, it was found that from 29 paddy seed producers, only 12 producers are still actively producing paddy seeds. The information from HPPB Pasuruan also stated that private producers in Pasuruan participated about 40% of paddy seed requirement at Pasuruan regency level. Private paddy seed in Pasuruan in order to reach production target also cooperate with supplier farmers. At this time, previous studies has study about Supplier Relationship Management (SRM). However no much information about SRM research on agribusiness based companies. Research on SRM is mostly done in manufacturing companies (Hsiao, 2002, Amran, T. 2012, Rakhmawati, et.al. 2009, Goko. 2012). Pasutham (2012) in his research on Supply Chain Macro Process of three industrial companies in Thailand to measure supplier relationship management performance by using three concepts, namely supplier qualified selection, supplier integration and purchasing effectiveness with AHP (Analytical Hierarchy Process) method. There will be differences when applying the strategy of SRM on the other companies. Therefore, this research will conduct an analysis of SRM by taking the object of agricultural based company. The concepts and variables that will be used in this study refers to research conducted by Pasutham (2012). This research was conducted in Pasuruan East Java. The research location in Wonorejo Subdistrict and Pandaan Subdistrict. Determination of the respondents carried out in multistage. The first stage is the determination of paddy seed producerrespondents, who deliberately set as many as 4 producers on the basis of cooperation between producers and farmers. The second stage is the determination of respondents of partners farmer level I, determined based on snowball sampling method. The third stage is the determination of partner farmer level II using random sampling method and census method. Methods of data collection using interviews and secondary data collection. Methods of data analysis using descriptive statistical analysis to identify the application of SRM indicators and Spearman rank correlation analysis to analyze the closeness of cooperative relationships between companies, partner farmer level I and partner farmer level II. This study uses 3 concepts of supplier relationship management (SRM) namely supplier selection, supplier integration and purchasing process effectiveness. The result of the research shows that the cooperation pattern that occurs in paddy seed supply chain activity is the cooperation pattern between the company with the farmer partner level I and the partner farmer level I with the partner farmer level II. The difference between the partner farmer level I and partner farmer level II is the partner farmer level I directly in cooperation with the company while the partner farmer level II are not directly but through the intermediaries of the partner farmer level II. The form of cooperation done by the company is by providing seed loans to partner farmers which will be sold to the company. Cooperation between partner companies and farmers does not have a written contract just rely on mutual trust and agreement. In the pattern of relationship between companies and partner farmer level I and partner farmer level I with partner farmer level II, they have their respective perceptions of each variable of indicator. Supplier performance indicators consist of product quality variables, delivery performance and storage quality. The result of measurement from relation pattern stated that supplier performance indicator is very important to be considered. Supplier selection process indicators consist of supplier selection stages, negotiation effectiveness and presence of written contracts. The result of the measurement on the relation pattern states that the indicator is not important for the presence of a written contract and is important enough for the supplier selection stage and the effectiveness of the negotiation. Supplier coordination indicators consist of increased production cooperation, involvement of unexpected decisions and unexpected plan information. The result of measurement on the relation pattern, states that supplier coordination indicator is very unimportant for the involvement of unexpected decision and very important for cooperation increase production. Indicators of information integration consist of communication media type, information sharing, business forecasting and communication effectiveness. The measurement results of the relation pattern state that the indicator is very important to consider. Indicators of organizational relationships consist of common business goals, how to maintain communication, share risk and trust. The result of measurement from the relation pattern states that the indicator is quite importantand very important to consider. Indicators of the use of technology and information, the results of measurements on the pattern of relationships state that these indicators are very important to consider. The communication effectiveness indicators of production consist of a list of product specifications and the conformity of product specifications. The measurement results state that the indicator is very important to consider. The effectiveness indicators of contract administration consist of product evaluation and verification as well as agreements on payment procedures. The measurement results of the relation pattern state that the indicator is very important to consider. The conclusion of this research is that private company of paddy seed in Pasuruan Regency to fulfill requirement of production raw material do cooperation with farmer partner. The form of cooperation made by the company to partner farmers in the form of seed loans to be planted by partner farmers, adjusted to the company's request. Cooperation between companies to partner farmer level I and partner farmer level I to partner farmer level II has a very strong and significant relationship. This happens because the cooperation system prioritizes trust and sense of kinship between partner companies and farmers. Although there is no contractual engagement but with communication and coordination and price agreements, cooperation can work well. When compared to large scale companies such as Pasutham (2012) research, there are several indicators that are appropriate and not suitable to be applied. Unsuitable indicators such as green suppliers are not applied in the pattern of cooperation between companies and partner farmers in Pasuruan District. Then the cooperation does not have a written contract and the lack of procedure for selection of partner farmers and the use of the latest technological innovations in payment procedures that have not been done. Suggestions that can give is the relationships that exist between the relationship patterns of companies to partner farmer level I and partner farmer level I to partner farmer level II has a very strong and significant level of closeness. So the form of cooperation that has been done must be maintained. In addition, there should had been a written contracts in cooperation to ensure the fulfillment of rights and obligations between the company and partner farmers. The company also needs to establish Standard Operating Procedures (SOPs) so that the cooperation can work according to existing procedures to ensure the fulfillment of the quality of the desired seed. Further research is required to determine the application of SRM in companies with large scale and different areas, because it will have their own characteristics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/313/051804913
Uncontrolled Keywords: Bahan Baku Benih Padi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 633 Field and plantation crops > 633.1 Cereals > 633.18 Rice
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Mar 2019 07:28
Last Modified: 19 Oct 2021 13:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161825
[thumbnail of ERIKSON BOB PHILIPS SINAGA.pdf]
Preview
Text
ERIKSON BOB PHILIPS SINAGA.pdf

Download (23MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item