Pengembangan Aplikasi Geotagging Pemetaan Sungai Dengan Pendekatan Gamification

Baskara, Abu Hasan (2018) Pengembangan Aplikasi Geotagging Pemetaan Sungai Dengan Pendekatan Gamification. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sungai merupakan salah satu sumber daya yang harus dijaga karena penting bagi kehidupan. Sungai yang berada di Indonesia memiliki kualitas air yang buruk karena adanya pencemaran, penataan yang buruk dan sedikitnya habitat hewan di sekitar sungai. Hal tersebut juga memiliki kesamaan pada salah satu sungai yang berada di Jepang bernama Iwamoto. Akan tetapi kini masalah tersebut telah terselesaikan karena adanya peran teknologi yang bernama aplikasi “Clear Water Project”. Aplikasi tersebut digunakan untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang kondisi sungai yang didapatkan dari proses geotagging dan membantu menumbuhkan kesadaran tentang kondisi sungai yang buruk. Sehingga pengguna kemudian melakukan pelestarian lingkungan pada sungai tersebut. Karena di Indonesia memiliki permasalahan yang sama maka dapat menggunakan solusi yang sama untuk memecahkan masalah tersebut dengan mengembangkan aplikasi “Geotagging Pemetaan Sungai”. Pengembangan aplikasi disesuaikan dengan kondisi yang ada di Indonesia. Kemudian untuk membuat informasi tentang kondisi sungai supaya akurat maka digunakan sensor Global Positioning System dan Kamera. Setelah itu untuk membuat pengguna ingin terus menggunakan aplikasi maka perlu adanya pendekatan gamification. Gamification dapat membuat pengguna seolah-olah bermain sebuah permainan yang membuat mereka bersemangat dalam menggunakan aplikasi. Berdasarkan pengujian validasi pada “Geotagging Pemetaan Sungai” didapatkan hasil bahwa telah memenuhi kebutuhan fungsional. Kemudian pada pengujian kompatibilitas didapatkan hasil bahwa aplikasi dapat berjalan tanpa ada masalah pada 3 perangkat keras yang berbeda. Setelah itu pada pengujian usability berdasarkan usefulness, ease of use, ease of learning dan satisfaction mencapai 85,906%, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi “Geotagging Pemetaan Sungai” relatif mudah digunakan oleh pengguna untuk memberikan informasi tentang kondisi sungai menggunakan pendekatan gamification.

English Abstract

The River is one of the natural resources which has to be protected because important for life. River in Indonesia has bad quality of water because of contamination, bad placement and there is a little habitat of the animal near it. Then those problems are the same with one of the rivers in Japan called Iwamoto. However those problems already solved because of the role of technology called “Clear Water Project” Application. The application can be used to give information to user about the river’s condition from the geotagging process and help to grow awareness about the bad condition of the river. So that the user will do the preservation of the river. Because in Indonesia has the same problem so then can use the same solution to solve the problem by developing application called “Geotagging Pemetaan Sungai”. The development of application will be customized with the condition in Indonesia. Then for making information about the river’s condition to be accurate, it will use Global Positioning System and Camera sensor. After that to make user always want to use the application, it needs to approach using the gamification concept. Gamification can make the user feels like playing the game and make them feel motivated when using the application. The result of validation testing for “Geotagging Pemetaan Sungai” is the application is passed the test of the functional requirement. Then the result of compatibility testing is the application is passed the test by running without problem within 3 different devices. Moreover the result of usability testing is the application is passed the test of usability within the aspect of usefulness, ease of use, ease of learning and satisfaction that reach 85,906%, so can be concluded that the application called “Geotagging Pemetaan Sungai” is relatively easier to use by the user for giving information about the river’s condition by using gamification’s approach.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/848/051811372
Uncontrolled Keywords: kondisi sungai, geotagging, GPS, kamera, gamification river’s condition, geotagging, GPS, camera, gamification
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology > 551.4 Geomorphology and hydrosphere > 551.48 Hydrology > 551.483 Rivers and streams > 551.483 028 5 Computer application
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Apr 2019 03:48
Last Modified: 25 Oct 2021 02:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161773
[thumbnail of Abu Hasan Baskara.pdf]
Preview
Text
Abu Hasan Baskara.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item