Evaluasi Usability Dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Pengguna Situs Web PT. Lintas Jejak Nusaraya Menggunakan Pendekatan Human Center Design

Ardhianto, Nurrachmat (2018) Evaluasi Usability Dan Perbaikan Rancangan Antarmuka Pengguna Situs Web PT. Lintas Jejak Nusaraya Menggunakan Pendekatan Human Center Design. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Lintas Jejak Nusaraya merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa tracking GPS pada kendaraan, yang memanfaatkan website untuk memberikan layanan kepada pengguna mulai dari informasi mengenai lokasi kendaraan saat ini hingga record perjalanan dari kendaraan. PT. Lintas Jejak Nusaraya memiliki beberapa permasalahan pada website diantaranya banyak pengguna kesusahan dalam memasukkan data dan pengguna membutuhkan waktu yang lama dalam mencari konten yang diinginkan. Selain itu banyak dari pengguna website PT. Lintas Jejak Nusaraya yang kurang familiar dalam menggunakan website. Dari permasalahan yang diketahui, bisa dikatakan website PT. Lintas Jejak Nusaraya belum menjadi website yang mudah digunakan oleh user, karena website yang mudah digunakan memiliki format situs yang memenuhi harapan pengguna, terutama yang berkaitan dengan navigasi, konten, dan organisasi. Dari hal-hal yang telah dijelaskan di atas peneliti ingin melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap website PT. Lintas Jejak Nusaraya, untuk memenuhi ekspetasi Lead Engineer bahwa website PT. Lintas Jejak Nusaraya memerlukan tingkat usability yang baik untuk digunakan oleh semua pengguna. Perbaikan antarmuka pengguna dilakukan dengan menggunakan pendekatan Human Centered Design. Aspek usability yang digunakan dalam pengujian antara lain; Efficiency untuk mengukur kecepatan akses, Effectiveness untuk mengukur tingkat keberhasilan, dan untuk mengukur Satisfaction digunakanlah kuesioner System Usabiliy Scale. Evaluasi awal dilakukan pada antarmuka lama untuk menggali permasalahan memunculkan 9 masalah yang digunakan sebagai saran perbaikan pada prototype usulan perbaikan dan evaluasi akhir dilakukan pada prototype untuk mendapatkan feedback pengguna dari usulan perbaikan yang telah dibuat. Dari hasil evaluasi didapatkan peningkatan tingkat kepuasan yang meningkat dari rata-rata SUS Score 43,5 pada evaluasi awal menjadi SUS Score 71 pada evaluain akhir, meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk mengakses mengakses website PT. Lintas Jejak Nusaraya dari rata-rata 447 detik menjadi 399 detik, dan tingkat keberhasilah penyelesaian tugas dari 82,8% pada evaluasi awal menjadi 97% pada evaluasi akhir.

English Abstract

PT. Lintas Jejak Nusaraya is a company engaged in the field of GPS tracking services on vehicles, which utilize the website to provide services to users ranging from information about the current location of the vehicle to record the trip from the vehicle. PT. Lintas Jejak Nusaraya has several problems on the website among many users of trouble in entering data and users need a long time in searching for the desired content. In addition, many of the website users of PT. Lintas Jejak Nusaraya is less familiar in using the website. From the known problems, can be said website PT. Lintas Jejak Nusaraya is not yet a user-friendly website, because the easy-to-use website has a site format that meets the expectations of users, especially with regard to navigation, content, and organization. From the things that have been described above researchers want to evaluate and improve the website of PT. Lintas Jejak Nusaraya, to meet the expectations of Lead Engineer that the website of PT. Lintas Jejak Nusaraya requires a good level of usability to be used by all users. Improved user interface is done using Human Centered Design approach. Aspects of usability used in testing, among others; Efficiency to measure access speed, Effectiveness to measure success rate, and to measure Satisfaction used questionnaire System Usabiliy Scale. A preliminary evaluation is performed on the old interface to explore the problem of the 9 issues used as suggestions for improvements to the proposed prototype and final evaluation done on the prototype to get user feedback from proposed improvements that have been made. From the evaluation result, there is an increasing of satisfaction level which increase from SUS Score average of 43,5 in initial evaluation to SUS Score 71 on final evaluain, increasing the time needed to access PT. Lintas Jejak Nusaraya from an average of 447 seconds to 399 seconds, and the completion rate of 82.8% in the initial evaluation to 97% in the final evaluation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/484/051808326
Uncontrolled Keywords: Human Centered Design, Usability Testing, Human Health Services, System Usability Scale, Prototype
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Feb 2019 02:41
Last Modified: 21 Oct 2021 02:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161763
[thumbnail of Nurrachmat Ardhianto.pdf]
Preview
Text
Nurrachmat Ardhianto.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item