Hafidz, Mochammad Ali (2018) Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Mobil Unit Donor Darah (Studi Kasus: Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. Salah satu tugas pokok PMI adalah memberikan pelayanan transfusi darah kepada masyarakat. Permintaan darah yang meningkat dan masa darah yang hanya dapat bertahan hingga satu minggu membuat PMI harus memiliki stok kantong darah yang cukup agar selalu dapat memenuhi kebutuhan darah yang diperlukan. Salah satu cara PMI untuk mendapatkan darah dalah melalui mobil unit donor darah. Mobil unit donor darah merupakan sebuah program kerja dari PMI yang bekerja sama dengan instansi atau organisasi untuk melakukan donor darah dengan tujuan mendapatkan jumlah pendonor yang besar. Permasalahan yang muncul pada mobil unit donor darah ini adalah proses pendaftaran kegiatan mobil unit donor darah hanya dapat dilakukan dengan cara datang pada kantor PMI Kota Malang. Dikarenakan terbatasnya informasi tentang mobil unit donor darah mengakibatkan calon penyelenggara kegiatan harus beberapa kali datang ke PMI untuk melakukan pendaftaran dan proses pendaftaran hingga sepakat tanggal membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 3 sampai 5 hari. Serta proses pelaporan kegiatan mobil unit masih dilakukan secara manual yaitu dengan melakukan pengisian terhadap formulir pelaporan setelah mengadakan kegiatan mobil unit. Berdasarkan masalah tersebut, dikembangkanlah Sistem Informasi Manajemen Mobil Unit yang bertujuan untuk mempercepat proses pendaftaran kegiatan serta mempermudah proses pelaporan kegiatan sehingga dapat meningkatkan pelayanan dari PMI Kota Malang. Hasil dari penerapan sistem informasi manajemen mobil unit adalah didapatkan hasil pengujian validasi sebesar 100% valid. Pengujian perbandingan waktu antara proses pendaftaran sebelum adanya sistem dengan adanya sistem didapatkan penurunan waktu sebesar 98.5% dari pendaftaran kegiatan sebelumnya yang artinya dengan adanya sistem informasi dapat mempercepat proses pendaftaran kegiatan mobil unit. Pada hasil pengujian user acceptance yang digunakan untuk mengetahui penerimaan sistem oleh pengguna. Kepala UTD menghasilkan nilai penerimaan sebesar 80%, divisi pengelolaan donor menghasilkan nilai penerimaan sebesar 80%, petugas mobil unit menghasilkan nilai penerimaan 80%, dan penyelenggara menghasilkan nilai penerimaan sebesar 90% yang artinya pengguna sangat menerima sistem informasi yang dibuat.
English Abstract
The Indonesian Red Cross (PMI) of Malang is a national association organization in Indonesia engaged in social humanity. One of PMI's main tasks is to provide blood transfusion service to the community. Increased blood demand and blood vessels that can last up to a week make the PMI should have enough blood bag stock to always meet the needs of the blood needed. One way PMI to get blood dalah through car blood donation unit. Car blood donation unit is a work program of PMI that works with agencies or organizations to do blood donation in order to get a large number of donors. Problems that appear on the car blood donation unit is the process of registration of car activity blood donation unit can only be done by coming to the office of PMI Malang. Due to the limited information about the blood donation unit car, the candidate of the event organizer must come to PMI several times to register and the registration process until it is agreed that the date takes a long time which is 3 to 5 days. And the process of reporting the activity of unit cars is still done manually that is by charging the reporting form after conducting the unit car activity. Based on the problem, it developed a Management Information System Unit that aims to speed up the registration process of activities and facilitate the process of reporting activities so as to improve services from PMI Malang. The result of the implementation of the unit car information management system is obtained validation test results of 100% valid. Testing time comparison between the registration process before the existence of the system with the system obtained a decrease of 98.5% of the registration of previous activities which means that the existence of information systems can accelerate the registration process of unit car activities. On the results of user acceptance testing is used to determine the acceptance of the system by the user. The head of the UTD generates an acceptance value of 80%, the donor management division earns 80% of the revenue, the unit car officer earns 80% revenue, and the organizer generates a revenue value of 90% which means the user is very receptive to the information system created.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/678/051808591 |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, Pendaftaran Kegiatan Mobil Unit, Pelaporan, PMI, Waterfall Model, Website. Information System, Registration of unit car, Reporting, PMI, Waterfall Model, Website. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.403 Decision making and information management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 01:37 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161757 |
Preview |
Text
Mochammad Ali Hafidz.pdf Download (8MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |