Evaluasi Dan Rekomendasi Tampilan Website E-Complaint Universitas Brawijaya Pada Perangkat Bergerak Menggunakan Metode Heuristic Evaluation

Wibowo, Wahvu Satriyo (2018) Evaluasi Dan Rekomendasi Tampilan Website E-Complaint Universitas Brawijaya Pada Perangkat Bergerak Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adanya permasalahan usability pada website E-Complaint UB khususnya yang dialami pengguna perangkat mobile dikarenakan desain tampilan tidak responsive menjadi perhatian penting karena mempengaruhi persepsi pengguna terhadap website. Maka dilakukan evaluasi usability untuk memperbaiki kendala yang rasakan oleh pengguna website E-Complaint UB dengan metode heuristic evaluation oleh 4 expert. Expert berpegang pada 13 heuristic mobile checklist yang telah disediakan. Dari sisi pengguna juga dilakukan penilaian usability menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS) disertai dengan wawancara oleh 8 responden yang dibagi 2 kelompok yaitu civitas UB dan masyarakat umum. Hasil heuristic evaluation ditemukan total 66 permasalahan yang kemudian dirangkum menjadi 27 permasalahan termasuk permasalahan yang didapat ketika melakukan wawancara kepada responden yang dijadikan bahan perbaikan. Permasalahan usability paling banyak yang ditemukan expert yaitu prinsip heuristik MA04 dengan total 32 permasalahan ditemukan tentang "Consistency and standard" pada tampilan mobile. Perbaikan tampilan terhadap website E-Complaint UB berpegang pada guidelines, solusi dari expert dan saran dari pengguna. Hasilnya adalah menurunnya temuan permasalahan oleh expert dari 66 menjadi 29 permasalahan dengan rata-rata severity rating 1,80 yang sebelumnya 2,84 dan naiknya tingkat kepuasan pengguna dari skor awal SUS 44,38 menjadi 72,5 yang didukung dengan respon positif pengguna dari hasil wawancara. Skor SUS juga menyatakan membaiknya adjective ratings dari "Ok" menjadi "Good", grade scale dari "F" menjadi "C" dan acceptability dari "not acceptable" menjadi "acceptable".

English Abstract

Usability issues of Brawijaya University's E-Complaint website, particularly any of those issues faced by mobile device users due to less responsive display, receive considerable attention because they affect user's perspective on the website. Thus, a usability evaluation was done by applying heuristic evaluation method to fix the issue faced by the users. These experts relied on provided 13 heuristic mobile checklists to conduct the evaluation. Usability assessment was also conducted on the user's side by utilizing System Usability Scale (SUS) and it was complemented with interview with 8 respondents who were categorized into 2 groups: Brawijaya's scholars and general public. The heuristic evaluation highlighted 66 issues in total which were then summarized into 27 issues including issues found during interview with the respondents. Those results were then used for revision. UB's E-Complaint website display improvement was based on the collected guidelines, expert solutions, and user feedback. This improvement lowered the number of issues found by the experts, from 66 into 29 issues with average severity rating of 1,80 (it was previously 2,84). User satisfaction was also improved from SUS score of 44.38 into 72.5 and was supported by positive responses received from the interviews. SUS score indicated that there were some improvements in adjective rating from "OK" to "Good", in grade scale from "F" to "C", and in acceptability from "not acceptable" into "acceptable".

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/683/051808596
Uncontrolled Keywords: Usability, Heuristic Evaluation, Heuristic Mobile Checklist, E-Complaint, System Usability Scale, SUS Score, Interview
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Feb 2019 03:23
Last Modified: 04 Feb 2019 03:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161754
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item