Evaluasi Perbandingan Scoring Proposed Value dan Perceived Value berdasarkan Model UX Honeycomb (Studi Kasus: Traveloka, Tiket.com, dan Pegi-pegi)

Musfikasari, Dina Ayu (2018) Evaluasi Perbandingan Scoring Proposed Value dan Perceived Value berdasarkan Model UX Honeycomb (Studi Kasus: Traveloka, Tiket.com, dan Pegi-pegi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam bidang transportasi mulai banyak bermunculan aplikasi tiket online yang menerapkan layanan berbasis aplikasi. Kondisi tersebut dimanfaatkan dalam pengembangan sebuah aplikasi online berbasis mobile maupun web untuk memesan tiket online. Aplikasi tersebut seperti traveloka, tiket.com, dan pegi-pegi. Pada sebuah produk yang ditawarkan biasanya memiliki value proposition yang dirasakan oleh pengguna saat mengakses atau menggunakan produk. Value proposition design ditujukan untuk memenuhi kebutuhan, pengalaman, serta keinginan pengguna dalam menggunakan produk tersebut. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode UX Honeycomb untuk membandingkan value yang sistem berikan dengan value yang dirasakan pengguna berdasarkan aspek UX honeycomb. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hasil analisis proposed value dan perceived value dan untuk mengetahui perbandingan antara proposed value dan perceived value pada aplikasi traveloka, tiket.com, dan pegi-pegi. Metodologi penelitian ini dimulai dari studi pustaka, analisis value, penilaian value, pengambilan dan pengolahan data, perbandingan value, dan penarikan kesimpulan. Studi pustaka pada penelitian ini membahas mengenai 1) konsep user experience; 2) penjelasan mengenai metode UX model Honeycomb. Analisis value dilakukan menggunakan beberapa teknik yaitu wawancara, observasi, dan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dilakukan analisis untuk mendapatkan nilai pada proposed value dan perceived value berdasarkan aspek UX Honeycomb meliputi useful, usable, desirable, findable, accessible, credible, dan valuable. Langkah selanjutnya adalah melakukan perbandingan terhadap proposed value dan perceived value pada aplikasi traveloka, tiket.com, dan pegi-pegi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang dilakukan setiap aplikasi yang diteliti mencakup keseluruhan aspek pada UX Honeycomb. Pada aplikasi traveloka aspek yang perlu ditingkatkan yaitu aspek useful. Pada tiket.com aspek yang perlu ditingkatkan adalah usable dan credible. Sedangkan pada aplikasi pegi-pegi aspek pada honeycomb yang perlu ditingkatkan adalah aspek usable dan desirable

English Abstract

In the transportation sector, it begins much online application tickets that apply services in basic of application. In that condition, it can be used in the development of online application based on Android platform and web-based to order ticket. Some of them, for example, Traveloka, Tiket.com, and Pegi-pegi. In the products which are offered usually have to value proposition that users feel while access or use it. Value proposition design is aimed to fill demand, experience, and desire of users in using it. In this research, the writer use UX Honeycomb method to compare the value that system gives with user feel based on UX honeycomb aspect. The goals of this research to know the result of the proposed value analyze and perceived value analyze, and to know the comparison of proposed value and perceived value in traveloka, tiket.com, and pegi-pegi. The Methodology of this research is started from the reference's study, value analysis, value scoring, taking and processing data, value comparison, and making conclusions. Reference's study of this research explain about 1) user experience concept; 2) explaining of UX Honeycomb method. Value analyze is showed using several techniques, such as interview, observation, and questionnaire. Data which have gained, afterward analyze to get the value of the proposed value and perceived value based on UX Honeycomb aspect such as useful, usable, desirable, findable, accessible, credible, and valuable. The next step is to compare the proposed value and perceived value of Traveloka, Tiket.com, and Pegi-pegi. Based on the result of analysis and discussion of each application that has done include all of UX Honeycomb aspect, in Traveloka application, the aspect which needs to be improved is useful. Then in Tiket.com, aspects which need to be improved are usable and credible. Whereas in Pegi-pegi application, aspects which need to be improved are usable and desirable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/653/051808566
Uncontrolled Keywords: aspek UX Honeycomb, proposed value, dan perceived value, Traveloka, Tiket.com, Pegi-pegi. UX Honeycomb aspect, proposed value and perceived value, traveloka, tiket.com, pegi-pegi.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs > 005.302 87 Testing and measurement
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Apr 2019 03:11
Last Modified: 21 Oct 2021 07:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161711
[thumbnail of Dina Ayu Musfikasari.pdf] Text
Dina Ayu Musfikasari.pdf

Download (45MB)

Actions (login required)

View Item View Item